Cara Download Video YouTube di Smartphone (digitaltrends.com)

Zaman sekarang semua orang pastinya sudah mengenal YouTube. Platform streaming video dari Google ini sangat disukai seluruh kalangan mulai dari anak kecil sampai kakek nenek. Video di YouTube sangat menarik. Ini membuat pengguna banyak yang download video YouTube.

Mungkin banyak situs yang memberikan cara download video YouTube dengan mengunjungi situs lain atau install aplikasi lain. Hal tersebut mudah, cepat, dan gratis. Namun, kemungkinan hal tersebut ilegal karena sebenarnya YouTube tidak benar-benar memperbolehkan pengguna mengunduh video di sana.

Kalau mau download video YouTube yang legal berarti melalui fitur Download yang disediakan pihak YouTube sendiri. 

Cara Download Video YouTube


  1. Buka aplikasi YouTube.
  2. Tonton salah satu video.
  3. Di bagian bawah video tekan Download.
  4. Anda bisa memilih varian kapasitas kualitas video mulai 144p, 360p, 720p, atau lebih tinggi lagi.
  5. Nah, hasil download video tersimpan di aplikasi YouTube bukan di galeri smartphone.
  6. Buka hasil download video di Library. 
  7. Video ini bisa diputar secara offline atau online.

Namun, tidak semua video bisa diunduh. Ada juga channel YouTube yang membatasi videonya untuk diunduh. Mereka meminta pengguna untuk berlangganan YouTube Premium agar bisa download video tersebut.

Satu lagi, video yang diunduh dari YouTube tadi bisa membuat memori ponsel penuh. Oleh karena itu, pihak YouTube akan menghapus video tadi secara otomatis setiap 29 hari sekali. Agar video tidak terhapus Anda harus membuka aplikasi YouTube. 

Jangan sampai tidak membuat aplikasi YouTube selama 30 hari karena video di kolom Download bisa terhapus. Meski sudah terhapus, Anda bisa mengunduh video itu lagi karena jejaknya masih ada. Begitu Anda membuka aplikasi YouTube, maka aplikasi akan mengunduh video lagi secara otomatis.

Baca juga:

Kesimpulan


Itu tadi cara download video YouTube secara legal di smartphone. Kalau Anda mengunduh video melalui aplikasi pihak ketiga atau melalui situs download YouTube, tentu video akan tersimpan langsung di memori ponsel. 

Hal seperti ini masih diperbolehkan, tapi nantinya tidak diketahui apakah download video seperti ini dianggap legal atau ilegal. Sebab, setelah download video tersebut terkadang video diupload ulang tanpa mencantumkan pemilik video. Sehingga hal tersebut melanggar hak cipta dan sudah pasti ilegal.

Post a Comment