Cara dapat token listrik gratis nonsubsidi pelanggan mampu (marketing.co.id)

Semua warga Indonesia membutuhkan listrik untuk hidup. Namun, PLN hanya memberikan token listrik gratis kepada pelanggan bersubsidi. Anda mungkin bingung bagaimana cara membedakan pelanggan PLN listrik bersubsidi dan nonsubsidi. Untuk membedakannya, bisa dilihat di struk pembayaran listrik. 

Pelanggan PLN daya 900 VA subsidi terdapat kode R1/900 VA di kolom tarif/daya. Sementara pelanggan PLN daya 900 VA nonsubsidi di kolom tarif/daya tertulis R1M/900 VA. Arti huruf M tersebut adalah Mampu.

Program Light Up Indonesia Beri Token Listrik Gratis


Sekarang bagaimana cara mendapatkan token listrik gratis nonsubsidi atau pelanggan mampu? Mudah saja, Anda bisa mendapatkannya di situs lightup.id. Itu adalah Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) yang kerja sama dengan PLN melalui program Light Up Indonesia.

Mereka menggalang dana bagi keluarga prasejahtera supaya bisa meringankan beban pembayaran tarif listrik di rumah. Nantinya, warga yang dirasa 'pantas' akan diberikan tunjangan token listrik gratis sebesar Rp 100.000.

Baca juga:
Sensus Penduduk Online Diperpanjang 29 Mei 2020
Cara Aman Mengunci Smartphone dengan Menempelkan e-KTP 
Cara Cek IMEI Ponsel di Telkomsel, XL, dan Situs Kemenperin 
Ini Nomor WhatsApp Resmi Pusat Informasi COVID-19 Kemkominfo RI 

“Kami mengumpulkan dari berbagai organisasi dan institusi untuk dapat bergerak bersama melalui donasi keringanan tagihan listrik. Dengan adanya bantuan ini, pemasukan yang mereka dapatkan saat ini bisa dialokasikan untuk membeli sembako dan kebutuhan lainnya untuk pencegahan Covid-19," kata Veronica Colondam, Founder & CEO YCAB, seperti yang disadur Kompas.com (1/5/2020).

Tanggapan pihak PLN ternyata juga mengapresiasi gerakan Light Up Indonesia. PLN akan terlibat dalam membantu penyaluran bantuan listrik kepada pelanggan penerima donasi.

“PLN sangat mengapresiasi gerakan Light Up Indonesia. Pada situasi seperti ini, semua bantuan yang dihadirkan bagi masyarakat memberikan tambahan semangat untuk dapat melalui masa-masa sulit. PLN terlibat langsung membantu dalam penyaluran bantuan ini kepada pelanggan yang menjadi target penerima donasi," kata Yuddy Setyo Wicaksono, Senior Executive Vice President Bisnis dan Pelayanan Pelanggan PLN.

Siapa yang Bisa Dapat Token Listrik Gratis


Program Light Up Indonesia memberikan token listrik gratis pada 100.000 keluarga prasejahtera. Pembagian donasi dibagi menjadi dua, yakni komunitas yang ditargetkan secara khusus dan masyarakat umum yang membutuhkan.

Komunitas khusus yang dimaksud adalah 40.000 Ibu Pelaku Usaha Ultramikro binaan YCAB Ventures di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Lampung. Sementara, masyarakat umum untuk tahap selanjutnya diberikan kuota 20.000 warga. Jika nantinya kuota pendaftaran sudah terpenuhi, maka pendaftaran di situs lightup.id akan ditutup.

Syarat Dapat Token Listrik Gratis


Masyarakat bisa daftar dulu di situs lightup.id setiap tanggal 1-7 pada bulan berjalan. Untuk bulan Mei 2020, pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 1-7 Mei 2020.

Screenshot situs lightup.id (lightup.id)
Screenshot situs lightup.id (lightup.id)


Cara Daftar Penerima Donasi Token Listrik Gratis di Lightup.id



  1. Buka situs lightup.id.
  2. Pilih menu Pendaftaran Penerima Donasi.
  3. Daftar dengan mengisi email, nama lengkap, dan password.
  4. Setelah mempunyai akun lightup, silakan mengisi informasi biodata yang dibutuhkan.


Pendaftar harus mengisi biodata dan lampiran persyaratan sebagai berikut:


  1. Foto KTP
  2. Foto Kartu Keluarga (KK)
  3. Foto tagihan PLN bulan terakhir atau tiga bulan terakhir untuk pelanggan pascabayar dan prabayar.
  4. Foto rumah.
  5. Nomor HP
  6. Untuk pelanggan listrik pascabayar, download aplikasi OVO dan cantumkan nomor HP yang sudah didaftarkan di OVO.
  7. Slip gaji (opsional)


Seleksi Siapa Saja yang Pantas Dapat Token Listrik Gratis


Setelah mendaftar, pihak Light Up Indonesia akan menyeleksi siapa saja pendaftar yang berhak mendapatkan bantuan listrik gratis. Kemungkinan pelanggan yang pantas mendapat bantuan adalah sebagai berikut:


  1. Pendaftar sudah mengisi informasi secara lengkap di lightup.id.
  2. Prioritas untuk pelanggan dengan daya listrik 900 VA nonsubsidi, 900 VA subsidi, dan 1.300 VA. Selain itu, menyesuaikan ketersediaan donasi yang masuk.
  3. Berdasarkan area yang membutuhkan atau terkena dampak virus Corona.
  4. Berdasarkan pendapatan bulanan para pendaftar.
  5. Calon penerima donasi yang daftar dulu akan diproses lebih dulu.


Pemberian Token Listrik Gratis Melalui PLN


Pelanggan Prabayar

Setelah Anda dinyatakan sebagai penerima donasi, PLN akan memberikan token listrik dengan jumlah Rp 100.000. Token listrik ini dapat diklaim melalui situs www.pln.co.id atau kirim WhatsApp (WA) ke nomor resmi PLN 08122-123-123.

Token listrik ini tidak ada tanggal kedaluwarsa, sehingga dapat digunakan kapan saja. Anda bisa mengklaim token ini setelah tanggal 15 setiap bulannya.

Pelanggan Pascabayar

Seperti yang sudah dijelaskan, untuk pelanggan pascabayar, token listrik akan diberikan melalui aplikasi OVO. Besar donasi token listrik Rp 100.000. Jika tagihan listrik lebih dari Rp 100.000, maka Anda harus top-up kekurangan saldo di aplikasi OVO, termasuk biaya denda apabila Anda terlambat bayar listrik.

Jika Anda mendapatkan bantuan donasi token listrik, maka aplikasi OVO akan memberikan notifikasi setelah tanggal 15 setiap bulannya.

Kesimpulan


Demikian cara dapat token listrik gratis nonsubsidi atau untuk pelanggan mampu. Token listrik yang digratiskan sebesar Rp 100.000. Nanti, jika tagihan listrik Anda lebih dari itu, maka Anda tetap harus membayar kekurangannya.

Meski begitu, uang Rp 100.000 untuk listrik gratis sangat membantu karena bisa dibelikan sembako atau kebutuhan hidup yang lain. Jadi, tetap berusaha dan jangan pernah menyerah melawan pandemi virus Corona.

Post a Comment