Winamp 2019 (pcforum.hu)

Bagi Anda yang lahir di tahun 90-an atau sebelumnya, pasti sudah tak asing dengan pemutar musik legendaris Winamp. Ya, Winamp yang sempat populer di tahun 2000-an akan kembali ke industri musik dengan format yang baru.

Radionomy, perusahaan yang membeli Winamp di tahun 2014 ini mengungkapkan bakal merilis Winamp dengan format baru pada tahun 2019 mendatang.

Winamp dilahirkan kembali sebagai aplikasi pemutar musik all-in-one di desktop dan smartphone. Bahkan, Winamp akan mendukung fitur streaming musik hingga podcast.

"Akan ada versi yang benar-benar baru di tahun depan. Dengan warisan besar yang dimiliki Winamp tapi disertai pengalaman mendengarkan musik yang lebih lengkap. Anda tidak hanya akan bisa mendengarkan MP3 yang Anda miliki di rumah, tapi juga musik di cloud (streaming), podcast, streaming radio, dan daftar lagu yang telah Anda buat," kata CEO Radionomy, Alexandre Sanoundjian, seperti yang disadur dari Theverge.com (15/10/2018).

Sayangnya, Winamp terbaru nanti masih dirahasiakan fitur-fiturnya. Sanoundjian belum mau menjelaskan secara rinci seperti apa Winamp terbaru di tahun 2019.

Apakah Winamp versi baru akan terintegrasi dengan Apple Music, Spotify, Joox, dan layanan streaming lainnya? Entahlah, semoga saja demikian. Soalnya, zaman sekarang pengguna milenial gemar melakukan streaming musik ketimbang mengunduh lagu MP3 di smartphone.

Sejarah Winamp


Sekadar mengingat masa lalu, Winamp pertama kali diluncurkan pada tahun 1996. Kemudian Winamp populer di tahun 2000-an. Namun, pada tahun 2013, Winamp mengucapkan salam perpisahan pada penggunanya.

Sepertinya, Winamp kalah saing dengan pemutar musik streaming, seperti Spotify, Joox, Apple Music, dan lain-lain. Meski begitu, Winamp sempat diselamatkan di tahun 2014 oleh Radionomy, tapi tak bisa bertahan lama dan perlahan hilang dari peredaran.

Semoga saja, Winamp nantinya mampu kembali merajai layanan pemutar musik di Tanah Air dan dunia. #2019GantiWinamp

Post a Comment