Facebook Akuisisi Giphy Rp 6 Triliun (digitalinformationworld.com)

Beberapa waktu lalu, terdengar kabar bahwa Facebook telah mengakuisisi Giphy. Bagi yang belum tahu, Giphy adalah perusahaan mesin pencari animasi GIF populer di internet. Nantinya, perusahaan ini akan bergabung dengan para pengembang di Instagram.

Beberapa sumber menyebut bahwa nilai transaksi akuisisi Giphy mencapai $ 400 juta atau jika dirupiahkan hampir Rp 6 triliun.

Giphy Diakuisisi Untuk Pengguna Facebook


Facebook rela menggelontorkan banyak dana untuk mengakuisi perusahaan Giphy. Ini dilakukan semata-mata untuk pengguna Instagram.

Ya, nantinya diharapkan pengguna Instagram bisa lebih mudah mengirim GIF di DM Direct Messages atau Stories.

Alasan Facebook Akuisisi Giphy


Mengapa Giphy diakuisisi Facebook? Ternyata alasannya karena Facebook sudah mengklaim bahwa penyumbang trafik terbesar adalah pengguna dari keluarga Facebook.

Persentase trafik ini mencapai 50 persen yang setengahnya berasal dari aplikasi Instagram.

Baca juga:
Terjadi Serangan Keamanan, 30 Juta Akun Facebook Dicuri
20 Media Sosial Terbaik dan Paling Populer 
Status WhatsApp Bisa Dibagikan ke Facebook dan Instagram 

Giphy Masih Untuk Konsumsi Umum


Walau sudah diakuisisi Facebook, Giphy masih bisa digunakan seperti biasa. Pengguna masih bisa membuat GIF sendiri dan mitra API juga masih mempunyai akses ke kreator Giphy.

Namun belum diketahui secara pasti sampai kapan akses Giphy ini diperbolehkan. Bisa jadi, Facebook hanya akan memperbolehkan Giphy dipakai di platform keluarga besarnya saja. Sementara penggunaan Giphy di platform lain kemungkinan suatu saat nanti akan dibatasi.

Saat ini Giphy tidak hanya digunakan di Instagram, Facebook, dan WhatsApp saja. Penyedia animasi GIF ini juga dinikmati oleh pengguna Twitter sampai Reddit.

Post a Comment