Status WhatsApp Dibagikan ke Facebook dan Instagram (Androidpolice.com)

WhatsApp sudah menjadi aplikasi chatting sejuta umat. Tidak hanya di Indonesia, bahkan di negara lain, kebanyakan dari warganya juga menggunakan aplikasi WhatsApp. Baru-baru ini tersiar kabar bahwa status WhatsApp dapat dibagikan ke media sosial lain, termasuk Facebook Story, Instagram, dan aplikasi lainnya.

Status WhatsApp Dianggap Kurang Menarik


Mungkin pembaruan ini dikarenakan status WhatsApp kurang bisa menarik perhatian pengguna. Banyak orang lebih tertarik menggunakan Instagram Story dan Facebook Story. Sehingga WhatsApp Story jarang dipakai. 

Ya, fitur statusnya gagal mendapatkan banyak daya tarik meskipun sudah tersedia selama lebih dari dua tahun. Beberapa teman saya menyukainya dan memposting beberapa pembaruan per hari, tetapi mereka tentu cuma sebagian pengguna dari sekian juta penggunanya. 

Namun, WhatsApp tampaknya berpikir ada potensi tersembunyi dalam status dan telah mengumumkan bahwa iklan akan datang pada 2020. Fitur lain yang sekarang diluncurkan dalam versi beta adalah kemampuan untuk berbagi status ke aplikasi lain, terutama Facebook.

Sebulan yang lalu, WABetaInfo menemukan fitur tersebut, tetapi belum aktif. Sekarang, The Verge mengatakan ini sudah aktif untuk pengguna beta, tetapi sebagian pengguna mungkin tidak dapat melihatnya di beberapa perangkat meskipun menjalankan 2.19.184 terbaru (APK Mirror).

Nantinya saat Anda membuka menu status di WhatsApp, Anda akan melihat opsi untuk membagikan tepat di bawah status Anda. Anda dapat mengirimnya ke Facebook Story, Instagram, Foto Google, Gmail, dan masih banyak lagi aplikasi lainnya, seperti yang disadur dari AndroidPolice.com (27/6/2019).

WhatsApp telah menerapkan layanan berbagi reguler untuk status tersebut, sehingga Anda dapat mengirim gambar atau video ke aplikasi apa pun yang dapat menerimanya.

WhatsApp dan Facebook Tidak Terhubung


Menurut The Verge, yang sudah berbicara dengan WhatsApp tentang hal tersebut, perusahaan tidak menautkan dua akun Anda dengan proses sharing status. 

Ini terjadi secara lokal di antara aplikasi, jadi itu sama seperti jika Anda berbagi foto dari Chrome ke Facebook, keduanya tidak tahu apa-apa tentang satu sama lain. 

Kemungkinan hal ini berkaitan dengan masalah privasi akun di Facebook yang sempat dibagikan ke pihak lain. Sampai Facebook mendapatkan denda $ 122 juta oleh komisi Eropa di tahun 2017. Mungkin dari situ, Facebook lebih berhati-hati agar WhatsApp tidak terkena masalah serupa.

Oleh karena itu, kita tunggu saja semoga Facebook mengonfirmasi bahwa dua postingan akan menjadi contoh terpisah dalam sistemnya dan tidak akan dihubungkan bersama.

Tapi jujur ​​saja, jika Anda membagikan semua yang Anda lakukan melalui status WhatsApp dan Facebook Story, Anda memiliki lebih banyak hal privasi yang perlu dikhawatirkan daripada dua aplikasi yang saling bertautan.

Post a Comment