Facebook terkena serangan hacker (pattayaone.news)

Awal tahun ini, Facebook mendapat kecaman karena berbagi banyak data untuk lebih dari 87 juta pengguna dengan Cambridge Analytica. 

Sepertinya perusahaan tersebut belum mendapatkan kembali kepercayaan dari penggunanya, tapi sekarang Facebook malah mengumumkan bahwa sekitar 30 juta orang terkena serangan keamanan dan ditutup pada bulan September. 


Apa yang terjadi? 


Antara Juli 2017 dan September 2018, penyerang mengakses Facebook dan menciptakan kerentanan keamanan yang memungkinkan mereka memiliki akses untuk mengambil alih akun orang.

Facebook mengatakan terdapat "lonjakan aktivitas yang tidak biasa" pada tanggal 14 September, dan pada tanggal 25 September. Mereka kemudian menetapkan bahwa itu artinya kita sedang diserang. 

Dalam dua hari, kami menutup kerentanan, menghentikan serangan, dan mengamankan akun orang dengan memulihkan token akses bagi orang-orang yang berpotensi terpapar. 

Facebook awalnya memperkirakan bahwa 50 juta pengguna terkena serangan, tetapi jumlah itu turun menjadi sekitar 30 juta, seperti yang dikutip dari Androidcentral.com (12/10/2018).

Dari jumlah itu, 15 juta pengguna memiliki nama dan info kontak (nomor telepon atau email) berhasil disusupi, sementara 14 juta lainnya kehilangan semuanya, termasuk jenis kelamin mereka, nama pengguna Facebook, lokasi, bahasa, status hubungan, kampung halaman, agama, area tempat tinggal saat ini, tanggal lahir, perangkat yang digunakan untuk mengakses Facebook, pekerjaan, pendidikan, dan lainnya.

Untuk 1 juta sisanya, Facebook mengatakan bahwa tidak ada informasi yang dikompromikan. Terlebih, serangan ini tidak mempengaruhi Facebook Messenger, Messenger Anak, Instagram, WhatsApp, Oculus, Tempat Kerja, Halaman, pembayaran, semua aplikasi pihak ketiga, atau akun pengembang / iklan.


Apa yang dilakukan Facebook?


Facebook bekerja sama dengan FBI untuk menentukan dengan tepat bagaimana ini terjadi, dan menurut siaran pers resmi, FBI meminta Facebook "untuk tidak membahas siapa yang mungkin berada di balik serangan itu."

30 juta pengguna yang terpengaruh akan melihat pesan di aplikasi Facebook dan situs web untuk memberi tahu mereka, informasi apa saja yang dicuri, dan Pusat Bantuan perusahaan juga telah diperbarui dengan informasi baru tentang serangan itu. 


Pesan dari Facebook untuk mewaspadai serangan (androidcentral.com)
Pesan dari Facebook untuk mewaspadai serangan (androidcentral.com)



Apa yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri? 


Facebook mengatakan akan menjangkau pengguna untuk memberi tahu mereka langkah apa yang harus diambil. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sekarang untuk memastikan Anda mengambil langkah yang tepat. 

Sebagai permulaan, silakan mereset kata sandi atau password Anda ketika sesuatu seperti ini terjadi. Jika Anda sekarang masih belum menggunakan pengelola kata sandi atau otentikasi dua faktor, sekarang adalah saat yang tepat untuk menggunakannya.

Facebook tahun ini sedang mengalami banyak cobaan. Jika Anda masih setia dengan  Facebook dan masih menggunakan media sosial Facebook, sebaiknya segera melakukan peningkatan keamanan seperti yang sudah dijelaskan.

Post a Comment