Cara Pasang Iklan TikTok Ads dan Jenis Iklan (digital38.com)

Pasang iklan di TikTok ternyata mudah. Ini sama seperti Anda beriklan di Instagram. Proses beriklan dibuat mudah agar banyak advertiser memasang iklan di TikTok.

Bentuk iklan TikTok seperti apa? Untuk jenis iklannya sendiri kebanyakan berupa video. Ini wajar karena TikTok sendiri merupakan media sosial berbasis video.

Namun ada juga iklan yang berupa tagar atau hashtag dan filter efek. TikTok memang pintar dalam menarik minat pengiklan. Iklan yang diselipkan di aplikasi TikTok seolah diusahakan tidak mengganggu pengguna.

Jadi pengguna bisa tetap nyaman tiktokan sambil menyaksikan iklan berupa video hingga filter efek.

Jenis Iklan TikTok Ads (twitter.com)
Jenis Iklan TikTok Ads (twitter.com)


Jenis Iklan di TikTok


  1. Pre-roll Ads: iklan TikTok yang muncul setelah pengguna membuka aplikasi.
  2. In-feed Ads: iklan TikTok akan muncul ketika pengguna melakukan scroll pada feed.
  3. Promoted hashtag challenges: pengguna diminta untuk menggunakan hashtag khusus yang berisi iklan.
  4. Branded effects: filter efek iklan di TikTok yang mengandung brand khusus.

Cara Pasang Iklan di TikTok


1. Buat Akun Iklan TikTok


  1. Daftar akun TikTok Ads.
  2. Buka situs getstarted.tiktok.com.
  3. Pilih sebagai akun bisnis atau individu.
  4. Mengisi informasi yang dibutuhkan, seperti nama, perusahaan, email, telepon, website, dan lain-lain.

2. Buat Tiktok Ads Campaign


  1. Pilih Campaign > Advertising Objective.
  2. Pilih tujuan beriklan, traffic, app install, atau conversions.

3. Anggaran Dana Beriklan di TikTok


Perlu Anda ketahui, di TikTok Ads ada anggaran dana harian dan total pasang iklan minimal $ 500 atau sekitar Rp 7 jutaan. Jadi sebaiknya Anda sudah menyiapkan modal iklan yang besar sebelum memasang iklan di TikTok.

4. Iklan Untuk Beberapa Platform


Enaknya beriklan di TikTok, Anda juga bisa memasang iklan di platform lain yang kerja sama dengan TikTok. Contohnya platform Vigo Video, Buzz Video, News Republic, dan lain-lain.

5. Penempatan Iklan Otomatis atau Manual


Anda bisa menempatkan iklan secara otomatis atau manual. Jika Anda tidak mau ribet silakan pasrahkan semuanya pada TikTok.

Iklan Anda akan disesuaikan minat pengguna sehingga hasilnya bisa maksimal. Namun, bila Anda ingin menempatkan iklan sendiri, hal tersebut juga bisa tapi hasilnya tergantung dari target yang Anda pilih.

6. Budget Iklan


Minimal anggaran iklan sebesar $ 500. Anda dapat membaginya dalam beberapa bagian. Namun kelihatannya batas budget iklan harian minimal $ 50 per hari di sebagian negara. Ada pula negara yang diberi budget iklan minimal $ 20 per hari.

7. Video Creation Kid


Di platform iklan TikTok disediakan tools Video Creation Kid. Ini untuk memudahkan Anda membuat video iklan di TikTok. Jadi Anda tinggal menyiapkan video atau gambar iklan kemudian diedit di Video Creation Kid.

Nantinya video dapat dibuat vertikal, horizontal, atau persegi. Namun, karena TikTok dikenal dengan video vertikalnya, akan lebih baik jika Anda membuat video iklan vertikal.


Baca juga:

12 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dan Tips Sukses
Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark dan Tanpa Aplikasi 
Cara Hitung Penghasilan TikTok dengan Calculator 

Kesimpulan


Kurang lebih begitu cara pasang iklan di TikTok Ads. Anda bisa memilih jenis iklan yang tersedia di TikTok. Sesuaikan dengan kebutuhan brand Anda dan konten yang disukai pengguna.
Pastikan iklan Anda bisa menarik perhatian pengguna TikTok. Lakukan eksperimen sampai ketemu jenis dan target iklan TikTok yang sesuai. Hal ini untuk menanggulangi pengeluaran biaya iklan yang terbuang sia-sia.

Post a Comment