Dokter Indonesia Buka Konsultasi Gratis Virus Corona di Instagram (instagram.com)

Sebagian besar masyarakat Indonesia selalu khawatir terhadap penyebaran virus Corona. Batuk dan pilek sedikit sudah ketakutan karena dikira sudah terinfeksi COVID-19. Bagi Anda yang memiliki kekhawatiran tertular virus Corona, Anda bisa berkonsultasi ke beberapa dokter Indonesia melalui Instagram.

Ya, diketahui dari Kompas.com (12/4/2020), beberapa dokter di Indonesia ada yang membuka konsultasi gratis terkait virus Corona lewat DM Instagram. Kemudian ada juga dokter yang memberikan edukasi tentang virus Corona melalui postingan feed dan IGTV di Instagram.

Baca juga:
10 Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dibanned, Diblokir, atau Dinonaktifkan
5 Cara Melihat Akun Instagram yang Private Tanpa Ketahuan 
Cara Menggunakan Video Call Grup di Instagram hingga 6 Orang 

Dokter-dokter ini berhati mulia karena mau membantu masyarakat awam lewat postingan-postingan di Instagram. Bahkan, sebagian dokter juga mau membalas DM Instagram terkait konsultasi virus Corona.

Tentu ini tindakan terpuji karena di waktu sibuk mengobati dan merawat pasien, mereka menyempatkan untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya virus Corona. Berikut beberapa daftar dokter Indonesia yang buka konsultasi gratis virus Corona di Instagram.


  1. dr. Alghufron, MMR  (@alghufron) buka layanan konsultasi lewat DM.
  2. dr. Dianca Oetama di akunnya (@dianca.oetama) buka layanan konsultasi lewat DM.
  3. dr. Mesty Ariotedjo (@mestyariotedjo) manfaatkan IGTV untuk mengedukasi masyarakat tentang penerapan jaga jarak fisik untuk menghindari penularan corona.
  4. dr. Putu Ayuwidia Ekaputri (@diadiawidia) berbagi tips jika seseorang dinyatakan positif COVID-19.
  5. dr. Anton Tanjung (@antontanjung) kolaborasi dengan (@drg.mirza) dan (@drg.irene) mempublikasikan informasi seputar rumah sakit, puskesmas, dan lain-lain yang membutuhkan donasi alat pelindung diri serta alat medis.
  6. dr. Reisa Broto Asmoro (@reisabrotoasmoro) mengedukasi masyarakat untuk sering cuci tangan dan tidak memakai sarung tangan medis agar dapat digunakan oleh tenaga medis.
  7. dr. Listya Paramita, Sp.KK (@drmita.spkk) memberikan penjelasan waktu terbaik untuk berjemur di rumah.
  8. Dokter spesialis kandungan Gahrani (@gahranichen) memberikan edukasi ke ibu hamil tentang virus Corona dan membuka sesi tanya jawab di Instagram Stories.


Demikian beberapa dokter yang mau memberikan ilmu dan pengetahuan mereka untuk membantu masyarakat secara gratis. Mungkin saja ada dokter lain yang melakukan kebaikan serupa tapi belum ikut terdaftar. Anda bisa menambahkan beberapa nama dokter dan akun Instagramnya melalui kolom komentar.

Membagikan kebaikan ke orang lain, pahalanya mengalir tanpa henti. Semoga kebaikan dari para dokter tadi menjadi ladang pahala yang tidak akan ada habisnya. 

Mereka menjadi garda terdepan dalam memerangi virus Corona. Kita sebagai masyarakat patut mengapresiasi tindakan mulia para dokter, minimal beri like dan bagikan postingan mereka ke banyak orang.

Post a Comment