Tips Membeli Smartphone Baru (cnbc.com)

Smartphone apa yang harus dibeli? Hampir semua orang mungkin pernah bertanya-tanya demikian. Mereka bingung mencari smartphone yang bagus, tapi terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan. Smartphone hanya digunakan untuk satu fitur atau dua fitur tertentu, kemudian fitur yang lain tidak pernah digunakan sama sekali. 

Kasus seperti ini banyak sekali dan mungkin mereka tidak mengetahui tips membeli smartphone baru sesuai kebutuhan agar lebih hemat. Terlebih model dan merek smartphone sangat banyak, harganya juga bervariasi. Kalau sudah demikian, siapa yang tidak bingung.

Sebisa mungkin Anda harus menyesuaikan kebutuhan dan keinginan. Jangan asal membeli smartphone baru karena terpikat dengan iklan atau smartphone milik teman. Apa yang Anda butuhkan dan orang lain butuhkan tentu tidak sama. 

Misal, teman Anda suka fotografi, sedangkan Anda lebih suka mendengarkan musik. Berarti teman Anda harus membeli smartphone dengan kamera yang bagus. Sementara Anda harus membeli smartphone dengan kualitas suara MP3 yang mumpuni atau paling tidak kapasitas baterainya besar agar Anda puas mendengarkan musik berjam-jam.

Tips Membeli Smartphone Baru


1. Menetapkan Anggaran Dana


Sebelum membeli ponsel, cek dulu berapa anggaran yang tersedia atau dipersiapkan. Kalau bisa jangan sampai melebihi anggaran atau budget yang telah ditetapkan. Semisal, Anda sudah menyiapkan uang Rp 2 juta, tapi Anda terpikat smartphone seharga Rp 3 juta.

Sebaiknya Anda harus tetap fokus untuk membeli smartphone yang mendekati angka Rp 2 juta. Kuatkan iman Anda untuk membeli smartphone sesuai dengan kemampuan. Walau sekarang bisa kredit smartphone dan sebagainya, tapi keinginan tersebut harus dipendam dulu.

2. Pilih Fitur Smartphone yang Dibutuhkan


Kami sudah menyinggung sedikit tentang fitur smartphone yang dibutuhkan pembeli. Artinya, fitur smartphone yang akan Anda beli harus benar-benar dibutuhkan semuanya. Kalau ada yang murah dengan fitur lengkap, mengapa harus membeli smartphone mahal.

Kami tahu smartphone mahal pastinya memiliki fitur yang lengkap dan canggih. Meski begitu, akan sangat disayangkan bila fitur-fitur canggih terbaru tidak terpakai karena Anda cuma menggunakan fitur standar seperti chatting, selfie, dan memutar lagu MP3.

Jika Anda gemar bertransaksi, maka pilih smartphone dengan koneksi internet super cepat dan konektivitas NFC agar mudah dalam proses transaksi.

3. Urutkan Daftar Fitur dari Penting sampai Tidak Penting


Setiap smartphone memiliki banyak fitur yang berbeda-beda. Jadi buat daftar fitur smartphone yang Anda inginkan dan dianggap penting sampai tidak penting. Setelah itu, ambil 5 poin fitur smartphone yang paling dibutuhkan dan digunakan sehari-hari. Selanjutnya, cari smartphone baru dengan fitur-fitur yang telah ditetapkan.

4. Bandingkan Spesifikasi Smartphone


Kalau mau membeli smartphone baru, sebaiknya sering-sering membuka YouTube tentang review smartphone incaran Anda atau buka situs-situs teknologi tentang spesifikasi smartphone. Kemudian bandingkan spesifikasi smartphone satu dengan yang lain. 

Buka juga situs jual beli online seperti Tokopedia, Shopee, Priceprice.com, Lazada, Blibli, dan lain-lain. Hal ini untuk membandingkan harga smartphone. Biasanya walau modelnya sama, tapi setiap penjual menawarkan harga smartphone yang berbeda. Sehingga, Anda bisa mendapatkan smartphone dengan harga termurah.

5. Lihat Pengalaman Pengguna


Tentunya sudah ada beberapa pengguna yang memakai smartphone impian Anda, tanyakan bagaimana kinerja dan performa smartphone tersebut. Dalam penggunaan sehari-hari seperti apa kemampuan smartphone tersebut, kalau penggunaan berat seperti apa.

Kalau Anda kesulitan mendapatkan pengguna smartphone yang bersangkutan, Anda bisa melihat review smartphone tadi di YouTube atau Blog. Biasanya mereka menjelaskan secara detail spesifikasi ponsel pintar yang Anda cari. Anda juga bisa mengintip ke forum, komunitas, atau grup pengguna smartphone tersebut di Facebook, Kaskus, dan lain-lain.

6. Mengecek Langsung ke Toko Resmi


Kalau sudah memiliki gambaran smartphone yang dipilih, segera pergi ke toko resminya. Pegang langsung smartphone yang diletakkan di display. Rasakan apakah sesuai dengan genggaman Anda, kira-kira kebesaran atau kekecilan saat digenggam atau dioperasikan.

Perhatikan pula, material ponsel yang digunakan, apakah memakai kaca, logam, atau plastik. Kemudian, letak tombol-tombol atau colokan seperti apa. Sudah sesuai dengan kebiasaan Anda atau belum. Jangan lupa tes juga kamera smartphone, audio, performa saat multitasking, atau main game.

Tidak masalah mencoba beberapa smartphone di sana, walau mungkin nanti pegawainya akan bermuka suram. Hal ini penting karena Anda akan membeli smartphone baru, dan mengeluarkan uang yang cukup besar. 

Setelah selesai, jangan langsung membeli dari toko tersebut, tapi bandingkan dengan toko yang lain. Cari harga smartphone termurah atau cari toko yang memiliki diskon. Jika tak ada diskon, cari toko yang memberikan bonus, entah itu pulsa, aksesoris, atau perangkat gadget lainnya.

7. Beli Smartphone dengan Cara Pre-order


Apabila Anda sudah yakin dengan smartphone yang bakal diluncurkan dalam waktu dekat, maka segera ikut pembelian dalam sistem pre-order. Biasanya kalau pesan smartphone sebelum dirilis akan mendapatkan banyak bonus, seperti kartu microSD, headphone, headset virtual reality, casing, power bank, smartwatch, dan lain-lain.

8. Jangan Fokus pada Smartphone Baru


Ingat smartphone yang baru dirilis terkadang cuma mendapat sedikit peningkatan fitur saja. Anda jangan terfokus membeli smartphone seperti itu. Sebab, biasanya harganya lebih mahal dengan peningkatan spesifikasi yang minim. Lebih baik beli smartphone dengan keluaran yang agak lama sedikit, misal sudah berusia 1-2 tahun, tapi harganya akan jauh lebih murah.

Yang terpenting Anda tetap membeli smartphone dalam kondisi baru agar kualitasnya bagus. Kalau membeli smartphone bekas, lebih baik pikir dua kali. Kami akan membahas pembelian smartphone bekas dalam artikel yang lain.

Baca juga: 




Demikian beberapa tips hemat membeli smartphone baru sesuai kebutuhan. Jadi, jangan memburu smartphone yang baru diluncurkan saja. Pasalnya, smartphone seperti ini sebagian hanya menambahkan sedikit fitur dari model sebelumnya. Misal, smartphone tersebut cuma ditambah kapasitas baterainya, ditingkatkan resolusi kameranya, tambahan memori internal, dan lain-lain.

Sangat disayangkan, kalau Anda sudah keluar uang lebih, tapi yang didapat cuma seperti itu. Oh iya, jangan terburu-buru dalam membeli smartphone karena setiap beberapa bulan muncul smartphone baru. Anda jangan sampai menyesal karena smartphone yang Anda beli ternyata kalah bagus dengan ponsel terbaru atau mungkin harganya cuma selisih sedikit.

Post a Comment