Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Untuk Pemula


Teknolagi.net - Bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok? Saat ini, TikTok merupakan salah satu jejaring sosial paling populer, khususnya di Indonesia. Begitu banyak pengguna media sosial TikTok melihat popularitas TikTok sebagai peluang. 

 

Fitur Toko di TikTok juga memberi penjual cara baru untuk membuka toko mereka dan mempromosikan produk atau layanan yang mereka jual di TikTok. 


Selain beriklan melalui TikTok atau membuka bisnis di TikTok, ada cara lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan di TikTok seperti apa? Lihat di bawah ini cara menghasilkan uang di TikTok.


Baca juga: 13 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dan Tips Sukses


Bisakah Mendapatkan Uang dari TikTok?


Menurut  majalah Amerika Forbes, menghasilkan uang melalui jejaring sosial TikTok adalah aktivitas yang berkembang di tengah pandemi yang membuat banyak orang kehilangan penghasilan dan hidup dalam kondisi terbatas. 

 

Situasi ini telah mendorong banyak orang dan kelompok untuk membuat konten digital yang dapat dilakukan di rumah. Salah satu platform yang meningkat pesat penggunanya di masa pandemi adalah TikTok. 

 

Menurut Forbes, ada tiga tahap yang harus dilalui sebelum ada orang yang ingin mendapatkan uang di TikTok. Ketiga langkah tersebut adalah sebagai berikut.Dengan membangun brand, pengguna media sosial dengan manfaat mendapatkan uang di TikTok diharapkan dapat membuat  unggahan konten yang konsisten dan memiliki brand sendiri, terlepas dari brand itu unik atau spesial. 

 

Saat mengunggah konten yang disukai banyak  orang, langkah kedua adalah mengetahui pasar pengguna jejaring sosial TikTok lainnya. 


Pastikan pengguna telah membuat konten menarik yang dapat terus diperbarui tanpa perlu melakukan rebranding. Buat pengguna lain merasa nyaman dengan konten yang dibuat oleh pengguna. 

 

Dapatkan pengikut sebanyak mungkin, tahap ketiga adalah tahap paling penting untuk mendapatkan uang di TikTok. Untuk mendapatkan uang di TikTok, pengguna harus memiliki banyak pengikut. Jika Anda ingin memonetisasi akun TikTok Teknolaginet, akun Teknolaginet harus memiliki setidaknya 10.000 pengikut. Kemudian pahami target pasar dan unggah konten  berkualitas sehingga Anda bisa mendapatkan pengikut  organik. 

 

Forbes mencatat bahwa salah satu pengguna TikTok yang sukses adalah Addison Rae Esterling.Sebagai pengguna TikTok, ia memiliki  lebih dari 86 juta pengikut dan menghasilkan $5 juta  pada tahun 2019. 


Baca juga: Berapa Jumlah Follower TikTok Agar Dapat Uang?


10 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok


Secara keseluruhan, memonetisasi akun TikTok  menguntungkan dan mudah  dilakukan. Namun, bagaimana cara menghasilkan uang dari jejaring sosial TikTok dan apa syaratnya? Berikut cara mendapatkan uang dari TikTok.

 

1. Bergabunglah dengan TikTok Creators Fund 

 

Jika pengguna memiliki banyak pengikut di TikTok,  pengguna harus mempertimbangkan untuk mendapatkan uang di TikTok melalui TikTok Creators Fund. 

 

Cara mendapatkan uang di TikTok dengan cara ini sangat bervariasi dari  pengguna ke pengguna dan dihitung berdasarkan beberapa faktor seperti: B. Keterlibatan pengguna, ukuran pemirsa, dan frekuensi mengunggah konten. 

 

Ada juga kriteria yang berbeda untuk bergabung dengan fitur pembuat TikTok, berikut adalah kriterianya. 

 

  • Pengguna berusia minimal 18 tahun 
  • Berada di Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Jerman, Spanyol atau Italia 
  • Memiliki setidaknya 10.000 pengikut  
  • Memiliki pencapaian 10 video dilihat.000 kali dalam 30 hari terakhir 
  • Akun pengguna harus mematuhi Pedoman Komunitas TikTok dan Persyaratan Layanan 


Jika Anda mengikuti TikTok Creator Fund, akun yang terdaftar akan menerima Dana Kreator eksklusif, sayangnya program ini masih terbatas di beberapa negara. 

 

2. Penjualan barang 

 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pengguna Tiktok banyak yang berasal dari Indonesia. Bahkan di masa pandemi, pengguna TikTok  Indonesia terus bertambah.


Jika pengguna pintar melihat peluang, pengguna bisa memanfaatkan peluang itu untuk berjualan dengan mendistribusikan konten jualan pengguna melalui TikTok.   


Pengguna dapat menjual barang dagangan kepada penggemar konten tertentu atau kepada pengikut pengguna. Jika pengguna memiliki jumlah pengikut  yang cukup, pengguna juga dapat memonetisasi akun dengan menjual produk dengan desain yang menarik.   


Secara umum, mendapatkan uang dari penjualan TikTok dilakukan melalui  metode on-demand. Kehadiran barang tersebut juga dapat meningkatkan promosi bagi dua pengguna produk, yang pertama adalah akun pengguna itu sendiri dan yang kedua berupa barang yang dijual  khusus.


Selain menjual barang, pengguna juga dapat menjual barang dan jasa. Kami telah melihat metode ini berkali-kali di TikTok. Banyak pengguna yang memanfaatkan banyaknya pengguna TikTok  Indonesia untuk memikat mereka agar membeli barang atau jasa yang mereka jual.  


Baca juga: Cara Dapat Uang dari Nonton Video TikTok


3. Siaran langsung dan pengumpulan hadiah virtual    

 

Salah satu keunggulan jejaring sosial TikTok adalah kemudahan pengikut untuk  memberikan hadiah atau hadiah kepada pembuat konten secara real time melalui hadiah virtual.   

 

Hadiah virtual  ini nantinya dapat ditukarkan oleh pemegang rekening dengan pembayaran sesuai dengan mata uang yang berlaku.Pembuat konten dapat memperoleh uang melalui TikTok  melalui siaran langsung dan mengumpulkan hadiah virtual dengan mempertimbangkan poin-poin berikut. 


  • Bersenang-senanglah bersama saat sebagian besar pengikut sedang online. 
  • Periksa informasi tentang  audiens potensial melalui opsi analitik. 
  • Mempertahankan pertunjukan tayangan live yang sudah berjalan lama. 
  • Menggunakan tagar atau tagar TikTok. 
  • Memastikan koneksi yang stabil ke Internet.
  • Mencadangkan masalah teknis saat video langsung berjalan dan aman dari  gangguan. 
  • Gunakan filter yang mengganggu, misalnya Filter untuk membisukan pengguna atau memblokir pemirsa yang meninggalkan komentar negatif.


4. Membuat iklan melalui TikTok Ads 


Sama seperti jejaring sosial  berbasis video dan gambar lainnya, TikTok juga memiliki fungsi periklanan yaitu TikTok Ads. Fungsi TikTok Ads  adalah untuk mengembangkan pengguna dalam monetisasi akun. 

 

Pembuat konten yang ingin mendapatkan uang dari TikTok perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu baru dapat menikmati fitur Iklan TikTok  ini,  tetapi fitur Iklan TikTok  ini dapat menjadi langkah efektif jika Anda sudah memiliki  lebih dari sepuluh ribu pengikut. 

 

Dengan membuat iklan di TikTok,  pengguna juga dapat memperluas jangkauannya dan membuat produk dan konten untuk barang atau jasa yang dijual oleh pengguna, sehingga dapat dilihat oleh lebih banyak orang dan menjangkau berbagai kelompok.


5. Fundraising atau Crowdfunding 


Cara lain untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan membuat proyek penggalangan dana atau disebut juga crowdfunding melalui akun TikTok pengguna. 

 

Penggalangan dana melalui media sosial adalah salah satu hal yang umum  digunakan untuk proyek tertentu, misalnya seperti penggalangan dana untuk bantuan bencana atau membangun fasilitas tertentu di suatu lokasi. 

 

Dengan mengumpulkan dana, Anda dapat meningkatkan keterlibatan komunitas pendukung dan meningkatkan kesadaran kolektif di antara pendukung dan pengguna. 

 

Di sisi lain, penggalangan dana juga baik untuk meningkatkan citra diri  pembuat konten agar tetap dihargai oleh para pengikut.Selain itu, penggalangan dana juga dapat mengamankan aliran pendapatan jika crowdfunding dikelola dengan cara tertentu. 


Baca juga: Cara Dapat Uang dari TikTok, Undang 1 Teman Rp 120.000

 

6. Membuat konten bersponsor 


Untuk pembuat konten yang memiliki banyak pengikut, membuat konten bersponsor bisa menjadi pilihan pertama untuk mendapatkan uang dari TikTok. Pengguna dapat mengunggah Konten Bersponsor untuk berbagai tujuan berdasarkan kriteria yang dipilih. 

 

Beberapa influencer media sosial umumnya menerima kolaborasi dengan sponsor berdasarkan persyaratan pendanaan tertentu yang disetujui oleh kedua belah pihak.


Konten Bersponsor juga memungkinkan pengguna untuk berafiliasi dengan  merek atau bahkan entitas layanan publik tertentu yang dianggap mampu menghasilkan atau mengejar tujuan yang konsisten dengan merek Konten Pengguna. 

 

Misalnya, jika pengguna TikTok dicap sebagai  petualang atau traveler, mereka juga dapat menjalin aliansi komersial dengan agen pariwisata di suatu wilayah untuk meningkatkan promosi pariwisata. 

 

Pengguna juga dapat membuat konten bersponsor yang terkait dengan aplikasi atau layanan yang menawarkan tur  suatu area, dll.


7. Menjadi Influencer


TikTok  Cara ketujuh mendapatkan uang dari TikTok adalah menjadi  influencer melalui TikTok. Jika Anda ingin menghasilkan uang dengan cara  ini,  berikut adalah beberapa hal yang harus dicapai pengguna. 

 

  • Menjadi brand ambassador 
  • Mengunggah konten bersponsor 
  • Melakukan pemasaran afiliasi 
  • Melakukan sponsorship dll. 


Contoh influencer di platform TikTok adalah Khaby Lame. Dengan menjadi seorang influencer TikTok, ia berhasil mendapatkan uang dari TikTok hingga mencapai $2,7 juta.


8. Membangun agensi influencer 


Jika pengguna sudah memiliki banyak pengikut dan bahkan telah ditandai sebagai  influencer  TikTok, pengguna dapat menghasilkan uang tambahan dengan  membangun agensi. 

 

Dengan membuat agensi influencer, misi pengguna adalah menghubungkan merek yang ingin mempromosikan produk mereka dengan  influencer TikTok pilihan mereka. 

 

Secara umum, lembaga bertindak sebagai perantara, koordinator, kesepakatan dukungan dan bahkan manajer. Contohnya adalah menemukan influencer yang tepat untuk sebuah merek, mengelola konsep periklanan untuk merek dan influencer, serta mengelola kerjasama.


Cara mendapatkan uang dari TikTok ini cocok untuk pengguna yang memiliki pengalaman sebagai  content marketer dan video marketer. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan peluang dengan menawarkan harga iklan yang terjangkau  dibandingkan dengan penawaran Iklan TikTok. 


Baca juga: Cara Hitung Penghasilan TikTok dengan Calculator

 

9. Dorong pengikut ke platform lain 


Jika pengguna telah mengunggah konten  ke platform lain, ada cara yang cukup mudah untuk mendapatkan uang dari TikTok. Salah satu caranya adalah dengan menautkan ke konten di platform lain seperti Instagram, Facebook, atau YouTube.


Beginilah cara pengguna  mendapatkan banyak keterlibatan organik dari TikTok di platform media sosial lain setelah seorang pengikut melihat video TikTok yang diunggah oleh pengguna. 

 

10. Sponsor musik 


Jika pengguna aktif di bidang musik, misalnya produser, penyanyi dll, atau bahkan jika pengguna memiliki suara nyanyian yang bagus, maka pengguna dapat meningkatkan pendapatannya melalui sponsor musik. 

 

Banyak penyanyi baru bermunculan karena  aktif membuat konten TikTok melalui nyanyian, baik itu cover lagu atau bahkan menyanyikan lagunya sendiri. Jika Anda beruntung, pengguna mungkin akan bertemu dengan  produser musik yang ingin merilis musik pengguna.Atau pengguna juga bisa mendapatkan banyak followers dan menjadi influencer TikTok. 

 

Di sisi lain, jika pengguna telah bergabung dengan  label tertentu, pengguna dapat mempromosikan lagu-lagu pengguna di TikTok. Banyak lagu yang saat ini digunakan sebagai video latar oleh  pengguna TikTok. Hingga lagu tersebut menjadi viral dan menarik perhatian publik.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.


Referensi: Gramedia.com

Post a Comment