Cara Cek Stabilitas WiFi Internet di Windows

WiFi di rumah sering lemot dan terputus, berarti Anda harus mengetahui cara cek stabilitas WiFi Internet di Windows. Caranya sangat simpel dan keren.

Cara Cek Stabilitas WiFi Internet di Windows


Teknolagi.net - Banyak orang bingung cara cek stabilitas WiFi internet. Mereka tidak tahu apakah koneksi internet bermasalah atau perangkatnya yang gangguan.


Sering kali, masyarakat menyalahkan provider internet bila sedang gangguan atau lemot. Masyarakat sendiri tidak mau mencari tahu stabilitas internet WiFi di perangkatnya.


Untungnya, Windows menyediakan jalan bagi Anda yang ingin mencari tahu apakah koneksi internet yang Anda miliki sedang tersambung atau terputus. 


Tool yang dibutuhkan pun sederhana, yaitu Command Prompt di Windows.


Baca juga: 5 WiFi Terbaik untuk di Rumah


Cara Cek Stabilitas WiFi Internet di laptop atau PC Windows


1. Buka Command Prompt


Ketik perintah berikut: ping -t 8.8.8.8


Tekan enter untuk menjalankan perintah tersebut. 


Perintah itu berguna untuk menghubungi (ping) server DNS Google. Kalau Anda ingin mencoba server lain, coba ganti angka “8.8.8.8” di command tadi dengan alamat server yang Anda tuju.


2. Respons Koneksi Internet


Setelah Anda mengklik enter, sistem akan mulai mem-ping server dalam interval yang teratur selama beberapa saat. Anda pun bisa mengetahui seberapa cepat respons tersebut hingga per detiknya.


Nah, dalam proses ini, Anda bakal menemui beberapa “kode”. Kalau ada koneksi, akan muncul balasan berupa “Reply from [alamat server] dengan time dan TTL (time-to-live). 


Namun, bisa saja Anda mendapati pesan “General failure” yang artinya koneksi internet Anda mati atau “Request timed out” jika server yang Anda tuju tidak terjangkau.


3. Rangkuman Ping


Kalau Anda merasa proses ping sudah cukup, tekan Ctrl+C untuk menghentikan ping ke server. 


Nantinya, Anda bakal mendapati rangkuman laporan proses pinging tadi. 


Cek selisih round trip maksimal dan minimal serta packet loss. Idealnya, selisih waktu tadi tak terpaut jauh dan packet loss-nya nihil.


Kesimpulan


Begitulah tips cara cek stabilitas WiFi internet di Windows. Anda cuma butuh mengakses command Prompt.


Lalu memasukkan kode ping -t 8.8.8.8. Selanjutnya akan terlihat apakah koneksi internet Anda stabil, naik turun, dan terputus.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.


Referensi: Technologue.id - Begini Cara Pantau Stabilitas Koneksi Internet di Windows

Posting Komentar