Cara Mengetahui Aplikasi yang Jarang Digunakan di HP Android


Teknolagi.net - Ada beberapa aplikasi di HP Android mungkin jarang digunakan atau tidak pernah digunakan sama sekali. Hal tersebut tentu menjadi pertanyaan untuk diri kita sendiri, apakah aplikasi tersebut penting atau tidak.


Biasanya aplikasi Android yang tidak digunakan tidak terlalu penting, sehingga perlu dihapus. Daripada memori penuh karena aplikasi tersebut, mending dihapus saja. 


Kebanyakan aplikasi tidak berguna juga bisa membuat smartphone jadi lemot. Kinerja smartphone semakin berat karena terlalu banyak menyimpan aplikasi.


Terlebih bila aplikasi tadi bisa berjalan secara otomatis dan berjalan di latar belakang, tentu bisa membuat HP lemot. Kalau Anda tidak ingin mengalami masalah tersebut, Anda bisa menghapusnya.

Baca juga:


Cara Mengetahui Aplikasi yang Jarang Digunakan


  1. Buka Google Play Store.
  2. Pilih akun profil di pojok kanan atas.
  3. Klik Kelola aplikasi & Perangkat.
  4. Pilih menu Kelola.
  5. Klik ikon garis tiga.
  6. Pilih menu Paling jarang digunakan.
  7. Anda bisa memilih aplikasi yang jarang digunakan dan kurang penting bagi Anda.
  8. Kemudian hapus saja aplikasi tersebut dengan menekan ikon tempat sampah di pojok kanan atas. 
  9. Namun, aplikasi sistem jangan dihapus karena bisa mengganggu kinerja smartphone.
  10. Hapus saja aplikasi yang pernah Anda instal tapi tidak pernah digunakan.


Dengan begitu, memori HP Anda tidak akan penuh, HP tidak lemot, dan baterai tidak cepat habis. Sehingga smartphone Android Anda bisa lancar dalam segala aktivitas.


Kesimpulan


Demikian cara mengetahui aplikasi yang jarang digunakan di HP Android. Aplikasi tersebut bisa dihapus atau dipilah mana yang kurang penting.


Pilih aplikasi Android yang sering dipakai saja dan penting bagi Anda. Kalau aplikasi jarang dipakai kenapa harus disimpan di HP. Bukankah aplikasi tersebut justru akan membuat memori menjadi penuh?


Jadi pikirkan lagi untuk menghapus aplikasi yang jarang digunakan. Mungkin ada juga aplikasi yang jarang digunakan, tapi suatu saat penting karena suatu kondisi. Sehingga pilih dulu aplikasinya sebelum menghapusnya.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment