Aplikasi Cuaca Untuk Melihat Awan, Hujan, dan Badai Secara Live

Teknolagi.net - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Indonesia akan mengalami kondisi cuaca ekstrem hingga 9 Desember 2021. 


Dampak yang perlu diwaspadai masyarakat adalah  curah hujan lebat dan gelombang besar di beberapa  perairan Indonesia. . 


Menyaksikan fenomena tersebut, BMKG mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi dampak seperti curah hujan di atas normal dan kemungkinan terjadinya angin topan. 


Untuk meningkatkan kesadaran, masyarakat kini dapat dengan mudah melacak cuaca awan hujan atau badai secara langsung melalui aplikasi  radar cuaca. 


Dengan aplikasi  radar cuaca dan dikombinasikan dengan aplikasi prakiraan cuaca, ini dapat membantu orang tetap waspada dan siap menghadapi kondisi cuaca ekstrem. 

Baca juga:


1. RainViewer 

Aplikasi RainViewer
Aplikasi RainViewer


 

RainViewer adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk memantau prakiraan cuaca seperti  hujan, badai petir, atau prakiraan salju pada peta radar langsung. 


Aplikasi ini dapat melacak pergerakan badai selama 90 menit berikutnya. Beberapa kelebihannya adalah dapat memprediksi cuaca selama 24 jam  7 hari, ditampilkan dengan grafik yang bagus. 


Notifikasi hujan tersedia dan pengguna dapat membagikan ramalan cuaca dengan keluarga, teman, dan orang lain melalui  media sosial yang berbeda. 

 

2. Windy 

Aplikasi Windy
Aplikasi Windy



Bagi Anda yang  berencana melakukan perjalanan jarak jauh,  satu hal yang perlu diperhatikan adalah ramalan cuaca hari ini untuk perjalanan yang lebih menguntungkan. Salah satu aplikasi ramalan cuaca terbaik untuk digunakan adalah Windy. 


Aplikasi ramalan cuaca Windy memiliki model ramalan cuaca seakurat model  cuaca terbaik, yaitu  ECMWF dan GFS global, serta NEMS lokal, AROME dan ICON (untuk Eropa) Eropa) dan NAM (untuk Amerika Serikat). 


Ada 40 peta cuaca yang dapat mengindeks angin, hujan, dan ombak besar. Pengguna dapat mengunduhnya secara gratis dari Google PlayStore atau mengaksesnya melalui browser web. 

 

3.  Weather Radar 

Aplikasi Weather Radar
Aplikasi Weather Radar


 

Aplikasi Weather Radar sekaligus prakiraan cuaca yang cukup akurat lainnya adalah aplikasi Weather Radar. 


Melalui aplikasi ini, pengguna bisa mendapatkan ramalan cuaca real-time dengan peta radar dan mengeluarkan peringatan atau pemberitahuan cuaca buruk. 


Pengguna bisa mendapatkan perincian cuaca harian, setiap jam dan secara akurat mendeteksi prakiraan hujan, badai, dan gelombang. Bagi pengguna smartphone, aplikasi Weather Radar  dapat diunduh secara gratis melalui Google PlayStore. 


Publik dapat menggunakan aplikasi ini untuk meningkatkan kesadaran dan memprediksi peristiwa cuaca buruk. 


Kesimpulan 


Demikian beberapa aplikasi cuaca untuk melihat awan, hujan, dan badai secara live. Sehingga Anda bisa mengetahui daerah mana saja yang sedang hujan secara langsung. 


Anda jadi bisa menghindari tempat-tempat yang rawan dan bisa menyelamatkan diri apabila terjadi bencana alam di suatu tempat. Bagikan aplikasi bermanfaat seperti ini agar orang lain juga mengetahuinya.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment