Upload Foto dan Video Instagram dari Laptop PC Sudah Bisa, Begini Caranya (memeburn.com)


Teknolagi.net - Selama ini pengguna Instagram hanya bisa upload foto atau video ke feed mereka melalui aplikasi Instagram di smartphone mereka, bukan melalui PC. 

Ini karena Instagram (situs Instagram.com) dan aplikasi Instagram versi desktop tidak memiliki fitur khusus untuk mengunggah foto/video dari PC Anda. 
 
Ketika mereka ingin mengunggah foto atau video ke Instagram melalui PC, pengguna biasanya mengatur "Alat Pengembang" di browser Chrome mereka untuk mengubah tampilan jaringan Instagram agar terlihat seperti versi selulernya. 
  
Pengguna tidak perlu lagi khawatir tentang penguraian. Pasalnya, Instagram memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengunggah foto dan video melalui Instagram versi web atau desktop. 

Baca juga: 
 
Pengamatan Teknolagi.net menunjukkan bahwa beberapa pengguna Instagram Indonesia juga dapat mengakses fitur ini melalui browser. 
 
Bagaimana cara mengupload konten foto atau video ke feed Instagram melalui PC? Lihat langkah-langkah di bawah ini. 
 

Cara upload foto atau video ke Instagram dari PC 

 
  1. Pertama, buka situs Instagram (Instagram.com) melalui browser di perangkat komputer (desktop/laptop). 
  2. Setelah berhasil login, Anda akan dibawa ke halaman profil Instagram Anda. 
  3. Nanti Anda akan menemukan fungsi "Download" berupa ikon + yang muncul di pojok kanan atas. Di sebelahnya ada menu "Pesan Pribadi" dan "Jelajahi". 
  4. Cukup klik ikon + untuk mengunggah foto atau video ke umpan Instagram Anda. 
  5. Kemudian pilih opsi "Pilih dari komputer saya" untuk membuka file simpan di komputer Anda. 
  6. Kemudian pilih foto atau video untuk diunggah ke umpan Instagram Anda. 
  7. Anda juga dapat mengunggah banyak foto atau video sekaligus untuk membuat galeri dengan satu unggahan. 
  8. Jika demikian, atur rasio aspek dan rasio aspek gambar atau video yang Anda inginkan. Anda dapat memilih dari beberapa opsi termasuk 
  9. Original, Square (1:1), Portrait (4:5) dan Landscape (16:9). Setelah mengatur rasio aspek , Anda juga dapat mengedit foto atau video dengan filter yang tersedia atau menyesuaikan kecerahan, kontras, saturasi, dll. 
  10. Tambahkan keterangan sebelum mengunggah, masukkan tag (tag) komentar tempat menonaktifkan. 
  11. Setelah semua langkah selesai, klik tombol Bagikan (kotak biru) di bagian bawah untuk mengunggah foto atau video yang telah Anda edit sebelumnya ke umpan Instagram Anda. Konten secara otomatis muncul di timeline dan halaman feed Instagram Anda.  

Jika Anda ingin mendownload video, Anda dapat melakukan hal yang sama seperti tutorial di atas. Jika Anda belum menemukan opsi untuk mengunggah foto atau video ke Instagram melalui komputer Anda (desktop/laptop), jangan khawatir. Instagram akan meluncurkan fitur ini secara bertahap.

Kesimpulan


Demikian cara upload foto dan video Instagram dari laptop atau PC. Cara ini dulu cukup merepotkan karena pengguna harus membuka coding dulu di browser atau pakai aplikasi pihak ketiga. 

Sekarang Instagram memberikan akses upload gambar dan video lewat website resminya. Anda tidak perlu lagi repot-repot mengedit coding yang mungkin sangat membingungkan.

Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment