Facebook Bayar Rp 287 Miliar Ganti Nama Jadi Meta (sot.com.al)


Teknolagi.net - Facebook Inc. Perusahaan yang menaungi jejaring sosial Facebook, Instagram dan WhatsApp resmi berganti nama pekan lalu menjadi Meta Platforms Inc. Meta juga menjadi merek dagang baru untuk jejaring sosial ini. 


Namun, nama "Meta" telah digunakan sebagai merek dagang oleh pihak lain untuk komputer, laptop, tablet, perangkat lunak, dan produk terkait teknologi lainnya, yaitu Meta PC LLC. 


Meta PC secara resmi mendaftarkan merek dagang Meta ke US Patent and Trademark Office (USPTO) pada Agustus 2021. Facebook juga mungkin berselisih mengenai kepemilikan merek dagang Meta PC dan Meta. 


Facebook Harus Bayar Rp 287 Miliar


Pendiri Meta PC Zach Shutt dan Joe Darger mengatakan mereka akan bersedia mundur dari pendaftaran merek dagang atas nama Meta jika Facebook membayar $20 juta, atau sekitar Rp 287 miliar. 


Biaya yang diminta tampaknya tinggi. Namun, jika USPTO mengajukan aplikasi merek dagang Meta PC atas nama Meta, biaya yang harus ditanggung Facebook untuk perubahan nama bisa jauh lebih tinggi. 

Baca juga: Cara Membuat Avatar Karakter Wajah di Facebook


Perusahaan Meta Punya 25 Karyawan


Meta PC sendiri didirikan pada November 2020. Perusahaan kecil yang beranggotakan 25 orang itu mengajukan pendaftaran merek dagang untuk melindungi merek dagangnya pada pertengahan tahun 2021. 


Di bawah bayang-bayang raksasa teknologi Facebook dengan nama yang sama, Meta masih bisa menanggapi dengan humor potensi bentrokan. 


Pada akhir Oktober tahun lalu, sebuah video lucu yang memparodikan CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan nama perusahaan baru diunggah di akun Twitter resmi Meta. 


Dalam video, Zach Shutt berkata, "Saya bangga mengumumkan bahwa kami sekarang adalah Facebook untuk merefleksikan siapa kami dan apa yang ingin kami ciptakan." 

Baca juga: Cara Live Streaming di Facebook Paling Mudah


Kesamaan nama Meta Inc (Facebook) dan Meta PC juga membawa berkah peningkatan 5.000% jumlah follower di media sosial Meta PC. 


Seperti yang disadur dari TMZ (6/10/2021), sang maestro teknologi tampaknya tak peduli. Sebuah sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan bahwa mereka yakin Facebook memiliki izin yang diperlukan untuk menggunakan nama meta.


Kesimpulan


Kita tunggu saja nanti bagaimana? Apakah Facebook akan membayar ganti rugi nama Meta langsung ke perusahaan Meta atau lewat USPTO.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment