Cara Menginstal Android di PC atau Laptop (komando.com)


Android adalah sistem operasi seluler paling populer di dunia, tetapi hanya karena ditujukan untuk seluler, bukan berarti tidak dapat dipasang di desktop. 


Ada banyak cara untuk menjalankan Android di laptop atau PC, termasuk emulator perangkat virtual, versi USB yang dapat di-boot, dan bahkan aplikasi mandiri lengkap seperti BlueStacks. Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung kebutuhan Anda. 


Android Studio dan Perangkat Virtual


Sebagian besar, pengembangan Android membutuhkan alat yang disebut Android Studio. Ini adalah yang digunakan pengembang perangkat lunak untuk memasukkan kode mereka, menguji aplikasi mereka, dan mengelola proyek mereka. Ini juga termasuk "Android virtual device manager" (AVD Manager) yang kuat untuk menyiapkan dan menginstal emulator yang dapat menjalankan Android full-fat dengan sangat baik.


Menggunakan perangkat virtual Android ini memiliki banyak keuntungan. Jika Anda memilih x86_64 sebagai arsitekturnya, ada opsi untuk menjalankan perangkat virtual Android menggunakan Hardware Accelerated Execution Manager (HAXM) Intel untuk mempercepat kinerja. Dalam banyak kasus, ini akan menawarkan pengalaman yang mulus; terutama pada perangkat keras yang lebih kuat.


Keuntungan besar lainnya dari AVD adalah ia hadir dengan versi Android terbaru. Faktanya, ini adalah cara sebagian besar pengembang saat mencoba pembaruan baru untuk Android dan untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap aplikasi mereka. 


Itu berarti Anda bahkan dapat mencoba versi beta Android sebelum dirilis! Cara lain perangkat virtual berevolusi sejak awal adalah dengan memasukkan Google Play Store di beberapa perangkat. Ini berarti Anda dapat mengakses semua aplikasi yang telah Anda beli!


AVD memang membutuhkan sedikit lebih banyak pengaturan daripada beberapa opsi di daftar ini. Anda harus mengunduh Android Studio terlebih dahulu (bersama SDK) dan kemudian Anda harus membuat perangkat virtual baru Anda. 


Proses ini memberi Anda pilihan untuk memilih ukuran tampilan, memori, dan bahkan versi Android. Sayangnya, kombinasi Android Studio, Android SDK (yang menampung Perangkat Virtual Android), dan platform Android semuanya memakan banyak ruang harddisk.


Metode ini akan berfungsi di OS X, Windows dan Linux tanpa masalah. Android Studio, termasuk AVD Manager, dapat ditemukan di situs developer.android.com/studio.


Emulator Android murni dengan Genymotion


Genymotion adalah proyek Android di PC lawas, menawarkan emulasi Android murni dengan ribuan opsi konfigurasi yang tersedia untuk menyesuaikan pengalaman Anda. Perangkat lunak ini menjalankan Perangkat Virtual Android dari dalam VirtualBox, yang juga harus Anda instal. 


Salah satu daya tarik terbesar Genymotion adalah simulasi GPS, kamera, SMS & panggilan, multi-sentuh, dan pada dasarnya semua fitur perangkat keras Android lainnya yang sudah dikenal. Fitur lainnya termasuk akses ADB, dukungan untuk berbagai kerangka pengujian aplikasi, bahkan akses cloud melalui layanan seperti Amazon dan Alibaba.


Ingat juga, Genymotion terutama ditargetkan pada pengembang yang mencari lingkungan untuk menguji aplikasi mereka. Dengan demikian, ini adalah lingkungan profesional dengan pilihan rencana harga yang sesuai. Namun, Anda dapat mengunduh dan menggunakan Edisi Pribadi secara gratis.


Sumber terbuka Android x86.org Android di PC

Berikutnya dalam daftar kami adalah opsi open-source gratis - Android x86.org.


Berdasarkan Proyek Sumber Terbuka Android, Android-x86.org ditetapkan untuk membuat Android tersedia bagi siapa saja yang memiliki PC. Ini menjadikan Android x86 salah satu opsi terbaik jika Anda ingin menginstal versi terbaru Android di PC dan menggunakannya sebagai sistem operasi utama Anda atau menjalankannya di VM. 


Perangkat lunak ini menawarkan stok Android yang hampir lengkap tanpa tambahan apa pun, yang merupakan tas campuran. Kabar baiknya adalah bahwa Layanan Google Play diinstal secara default, tetapi menggunakan sesuatu yang dibuat untuk disentuh di desktop tidak begitu intuitif.


Sayangnya, penginstalan sedikit lebih rumit daripada beberapa aplikasi yang tercantum di bawah. Metode standarnya adalah membakar versi Android-x86 ke CD atau stik USB yang dapat di-boot dan menginstal OS Android langsung ke hard drive Anda. Atau, Anda dapat menginstal Android-x86 ke Mesin Virtual, seperti VirtualBox, memberi Anda akses dari dalam sistem operasi biasa Anda.


Dari dalam Mesin Virtual Anda, Anda dapat menginstal file ISO dan kemudian boot ke sistem operasi. Panduan resmi untuk opsi penginstalan untuk Android-x86 dapat ditemukan di www.android-x86.org/installhowto.html.


BlueStacks


BlueStacks adalah salah satu metode tahan lama untuk menginstal Android di PC, didirikan pada tahun 2011 dan masih kuat. BlueStacks memiliki kinerja yang mengesankan, meskipun ini bukan tambalan di Perangkat Virtual Android. 


Fitur tambahan meliputi: UI yang disederhanakan, pengoptimalan yang didedikasikan untuk game, pemetaan kunci, dan dukungan multi-instance untuk menjalankan banyak aplikasi dan bahkan Akun Google sekaligus. 


Antarmuka pengguna di Windows lebih mirip dengan apa yang akan Anda lihat di browser web dan menawarkan peralihan aplikasi cepat dalam format tab di bagian atas jendela. 


Mereka yang berharap untuk menginstal peluncur mereka sendiri akan kecewa, bagaimanapun, karena pilihan tersebut tidak lagi tersedia sejak BlueStacks 4. Di sisi positifnya, BlueStacks juga terintegrasi dengan Windows untuk mentransfer file seperti APK dan bahkan ada salin dan tempel universal.


BlueStacks tetap menjadi mesin virtual pada intinya. Jadi Anda tidak cukup mendapatkan kinerja sistem asli, tetapi ini membuat aplikasi tetap mudah dipasang dan dijalankan. BlueStacks 4 berjalan pada versi 32-bit Android 7.1.2 Nougat, jadi ini bukan yang paling mutakhir dari semua opsi yang ada. 

Baca juga:

10 Fakta Android Q yang Selalu Bikin Penasaran
4 Fitur Baru Android 11 yang Sangat Bermanfaat
5 Aplikasi Untuk Membersihkan Cache di Android agar Tidak Lemot


Ini juga banyak menghasilkan uang, yang menurut beberapa orang tidak menyenangkan: ia akan berulang kali meminta Anda mengunduh aplikasi dari mitranya, dan Anda harus membayar biaya jika Anda memilih untuk tidak melakukannya.


Meski begitu, BlueStacks tetap menjadi salah satu metode terbaik untuk menjalankan Android di PC di luar sana. Lihat apa yang ditawarkan BlueStacks dengan mengklik tautan www.bluestacks.com/id/index.html. Anda dapat mengunduh platform di bagian bawah halaman.

Post a Comment