Fakta Android Q (youtube.com)

Banyak yang penasaran dengan kehadiran Android Q di smartphone. Sebenarnya apa yang menarik dari sistem operasi Android Q? Ada lagi yang bikin semua orang penasaran, yaitu singkatan Android Q. Biasanya nama-nama Android selalu berasal dari makanan. Apakah Android Q juga termasuk nama makanan?

Untuk mengetahuinya, kami akan membahas tentang fakta Android Q. Fakta ini kemungkinan sudah diketahui, tapi pasti banyak yang mengetahuinya. Ini karena Android Q belum resmi diluncurkan ke publik. Meski begitu, pengguna sudah bisa mencicipi Android Q versi beta, seperti yang disadur dari AndroidCentral.com (10/7/2019).

Baca juga: 10 Smartphone Android dengan Performa Terbaik Versi Antutu

Seperti yang Anda tahu, Android Pie baru saja dirilis beberapa minggu yang lalu. Namun, kabar tentang Android Q sudah bermunculan ke internet, baik berupa bocoran maupun fitur resmi.

1. Android Q Beta


Bagi yang tak sabar menikmati Android Q di perangkatnya, Anda dapat mencoba Android Q Beta. Saat ini sudah tersedia Android Q Beta 1-5. Android merilis versi beta sejak tanggal 13 Maret untuk versi Beta 1, tanggal 3 April untuk Beta 2, kemudian Beta 3 di tanggal 7 Mei, tanggal 5 Juni untuk Beta 4, dan baru-baru ini Beta 5 pada tanggal 10 Juli. Pengguna smartphone yang bisa mencobanya di awal-awal adalah OnePlus 6T, Sony Xperia Z3, dan LG G8.

2. Tombol Kembali akan Hilang


Secara resmi, tombol kembali atau back di Android Q akan menghilang. Android Q mengusung navigasi berbasis gesture sepenuhnya. Sehingga tombol back akan dihilangkan. Sebenarnya di versi Android sebelumnya sudah ada, tapi fitur gesture-nya harus diaktifkan secara manual.

3. Tema Gelap pada Sistem


Setelah menunggu lama, akhirnya tema gelap pada sistem akan menyambangi Android Q. Kapan saja Anda dapat mengaktifkan tema gelap tersebut dari toggle quick setting.

4. Warna Aksen UI


Sejak Android Beta 1 muncul, fitur baru perubahan warna aksen UI sudah bikin penasaran. Setelah Android Beta 5 dirilis, fitur tersebut masih ada dan tersedia pilihan sebanyak 8 warna aksen. Untuk warna default adalah biru, selebihnya warna hitam, hijau, ungu, cinnamon, ocean, space, dan orchid.

5. Live Caption


Fitur ini sangat membantu penderita tunarungu atau orang yang mempunyai keterbatasan dalam mendengar. Pasalnya, fitur Live Caption ini dapat memunculkan kata atau teks secara live hampir di semua smartphone.

Jadi, siapa saja yang berbicara di layar smartphone, teks live atau Live Caption akan muncul. Seperti halnya, saat Anda menonton video, mendengar podcast, main game atau media lainnya, Live Caption bisa membantu memunculkan teks di layar.

Menariknya lagi, fitur ini dapat diaktifkan secara manual dari pengaturan aksesibilitas Android Q dan dapat digunakan tanpa koneksi internet sekalipun.

6. Aplikasi Minta Izin


Aplikasi yang menanyakan lokasi Anda sekarang akan memunculkan pop-up baru berupa pertanyaan apakah Anda ingin memberikan askses lokasi sepanjang waktu, hanya ketika aplikasi digunakan, atau tidak sama sekali.

Artinya, Android Q memberikan akses lebih besar pada pengguna untuk mengendalikan akses yang harus diberikan kepada aplikasi. Begitu juga ketika ada aplikasi yang meminta izin untuk mengakses foto dan video di galeri.

7. Fitur Berbagi Lebih Cepat dan Instan


Kali ini Android Q akan memperkenalkan fitur baru yang disebut SharingShortcuts. Fitur ini memungkinkan pengembang membuat opsi baru di menu bagikan pada file, foto, dan lain-lain. Selain itu, aplikasi ini digadang-gadang menjadi lebih cepat dari aplikasi sebelumnya.

8. Screen Continuity


Google sudah memikirkan masa depan smartphone dengan layar lipat. Oleh karena itu, pada Android Q nanti, pengguna dapat dengan leluasa bermain game di layar yang dapat dilipat berkat teknolo. Sehingga layar tetap berjalan normal pada layar keadaan terlipat maupun terbuka.

9. Nama Android Q


Sudah muncul beberapa kandidat nama makanan untuk mewakili huruf Q pada Android, di antaranya Queen of Puddings, Quiche, Quesito, Quindim, dan Queijada.      

10. Kapan Android Q dirilis secara Resmi


Belum diketahui tanggal rilisnya Android Q secara resmi. Namun, ada kemungkinan Android Q akan diluncurkan pada akhir Quartal ke-3 tahun 2019. Sekarang tinggal menunggu Android Q Beta 6 yang diluncurkan dalam waktu dekat.

Demikian sedikit info dan fakta menarik tentang Android Q. Semoga dalam waktu dekat, Android Q segera diluncurkan secara resmi. Semua pengguna smartphone Android pastinya sudah tak sabar menunggu kedatangan Android Q di smartphone.

Post a Comment