Android 11 hadir dengan fitur baru (pocket-lint.com)

Biasanya sebelum dikenalkan di ajang I/O, Google akan menguji coba sistem operasi Android terbaru. Nah, kali ini Android 11 terbaru bisa diuji coba oleh pengguna smartphone Google Pixel.

Ini bukan Android 11 versi akhir, tapi pengguna dipersilakan mencoba Android 11 yang versi pengembang. Dari situ, dapat diketahui bahwa pengguna bisa saja menemui adanya bug atau kesalahan-kesalahan lainnya.

Bagi yang penasaran dengan Android 11, Anda bisa mencobanya menggunakan beberapa daftar smartphone berikut:


  • Pixel 2
  • Pixel 2 XL
  • Pixel 3
  • Pixel 3 XL
  • Pixel 3a
  • Pixel 3a XL
  • Pixel 4
  • Pixel 4 XL


Fitur baru Android 11 versi pengembang (cnbcindonesia.com)
Fitur baru Android 11 versi pengembang (cnbcindonesia.com)


Fitur Terbaru di Android 11


Apa saja fitur baru di OS Android 11? Fitur tersebut mungkin sudah pernah Anda temui di perangkat lain atau di sistem operasi lain. Sehingga beberapa dari Anda sepertinya tidak akan terkejut. Meski begitu, pastinya fitur-fitur ini sangat bermanfaat untuk pengguna.

1. Screen Recording


Anda pasti sudah pernah melihat fitur perekam layar di Android versi sebelumnya. Pasalnya, fitur ini sudah duluan keluar di Android 10 beta tapi kemudian dihilangkan. Sekarang fitur merekam layar atau screen recording kembali di Android 11 dengan penampilan yang lebih menarik.

Tidak hanya itu, pengguna juga diberi beberapa pembaruan kecil, seperti mode gelap yang bisa aktif secara otomatis dan motion sense untuk putar musik di Google Pixel 4.

Ada juga pengaturan sensitivitas layar sentuh khusus untuk Google Pixel 4. Sistem operasi Android 11 terbaru sendiri tidak akan mematikan koneksi bluetooth pada perangkat audio, walau mode airplane sedang diaktifkan.

2. App Permission


Fitur ini sudah pasti menawarkan opsi untuk memberikan izin sementara pada aplikasi yang mengakses fitur tertentu di smartphone. 

Biasanya aplikasi yang mengakses kamera, mikrofon, galeri, lokasi, dan lain-lain akan meminta izin dulu pada pengguna. Sehingga fitur App Permission di Android 11 dianggap akan membuat pengguna lebih aman.

3. Conversations


Fitur Conversations ini akan menampilkan percapakan di lokasi notifikasi. Tampilan pesan masuk di notifikasi akan menyesuaikan dengan aplikasinya, di antaranya Instagram, email, dan pembaruan aplikasi. Tentu fitur ini dihadirkan agar lebih bermanfaat untuk pengguna dan memudahkan pengguna membalas notifikasi yang masuk.

4. Bubbles


Sudah cukup lama fitur bubbles dihadirkan di Android 10 dan chat heads Facebook. Fitur ini untuk membantu pengguna menampilkan antarmuka UI aplikasi chatting. Sehingga pengguna bisa membuka beberapa percakapan sekaligus dengan sangat mudah.

Fitur bubbles ini bisa dinikmati untuk aplikasi pesan bawaan Android. Namun, ada kemungkinan bubbles juga dihadikan pada aplikasi chatting seperti Facebook Messenger, WhatsApp, Signal, dan lain-lain.

Baca juga: 10 Fakta Android Q yang Selalu Bikin Penasaran

Kesimpulan


Demikian beberapa fitur Android 11 terbaru yang sangat bermanfaat. Sebenarnya, fitur-fitur ini tidak benar-benar baru karena memang sebagian sudah pernah ada di sistem operasi lain dan perangkat lain. 

Walau begitu, kita harus tetap menghargai hasil pekerjaan tim pengembang Android. Mungkin mereka sudah melakukan serangkaian penelitian dan memutuskan yang paling bermanfaat adalah beberapa fitur tersebut.

Post a Comment