Cara Membagikan Lokasi di Google Maps untuk Android dan iOS

Google Maps bisa mengirimkan lokasi Anda kepada seseorang untuk mengoordinasikan pertemuan dengan teman atau keluarga.
Cara Membagikan Lokasi di Google Maps di Android dan iOS (softsyard.com)


Google Maps tetap menjadi salah satu aplikasi navigasi terbaik yang dapat Anda peroleh di smartphone. Selain itu, Google Maps juga berguna sebagai media sosial dalam mengirimkan lokasi Anda kepada seseorang untuk mengoordinasikan pertemuan dengan teman atau meyakinkan keluarga bahwa Anda hampir sampai di rumah. 


Proses membagikan lokasi ini sangat mudah dan kontrol privasi untuk membatasi apa yang akan dilihat orang lain lebih aman. Kami akan menunjukkan bagaimana Anda dapat membagikan lokasi Anda di Google Maps untuk perangkat Android dan iOS.


Cara Membagikan Lokasi Anda di Android dan iOS melalui Kontak


Bagi Anda yang ingin membagikan lokasi dengan orang-orang tertentu, Google Maps dirancang membatasi fitur berbagi pada waktu-waktu tertentu. Berikut cara membagikan lokasi Anda melalui kontak di Android dan iOS - petunjuknya serupa untuk keduanya.


  1. Di Google Maps, ketuk ikon profil Anda di kanan atas.
  2. Ketuk Berbagi Lokasi.
  3. Jika ini pertama kalinya Anda berbagi, Maps akan memberikan pengantar dan memungkinkan Anda memilih kontak (Anda mungkin diminta untuk memberikan akses ke kontak Anda). Jika tidak, ketuk Bagikan Baru.
  4. Setelah Anda memilih kontak, ketuk durasi untuk memilih berapa lama Anda membagikan info lokasi. Anda dapat menambah waktu dalam kelipatan satu jam atau memilih Hingga Anda Matikan untuk berbagi tanpa batas.
  5. Maps akan menunjukkan status kontak itu mulai sekarang.
  6. Jika Anda ingin berbagi dengan orang tambahan, ketuk Bagikan Baru dan ulangi prosesnya.
  7. Untuk berhenti, ketuk status berbagi lalu ketuk Berhenti.


Cara Membagikan Lokasi di Android dan iOS menggunakan Aplikasi atau Link


Ada kalanya Anda ingin membagikan lokasi di Android atau iOS melalui aplikasi tertentu, atau bahkan sebagai tautan umum. Anda mungkin ingin membagikannya melalui pesan teks, atau menyiarkan posisi Anda di jejaring sosial. Untungnya, berbagi lokasi Google Maps membuatnya mudah, dengan beberapa langkah serupa. Berikut cara membagikan info lokasi menggunakan metode ini.


  1. Di Google Maps, ketuk ikon profil Anda di kanan atas.
  2. Ketuk Berbagi Lokasi.
  3. Jika ini adalah pertama kalinya Anda berbagi, Maps akan menampilkan menu kontak yang sama yang disebutkan dalam petunjuk sebelumnya, tetapi juga akan memberi Anda opsi untuk membagikan tautan melalui aplikasi atau tautan baik secara langsung (di Android) atau dengan mengetuk Opsi Lainnya (di iOS).
  4. Ketuk aplikasi yang ingin Anda bagikan, atau gulir hingga Anda dapat mengetuk Salin Ke (di Android) atau Salin (di iOS) untuk mendapatkan tautan yang dapat dibagikan.
  5. Dalam kedua kasus tersebut, Anda dapat mengetuk Berbagi melalui Tautan untuk menyesuaikan durasi tautan atau menekan Berhenti untuk mengakhiri berbagi.


Sekarang setelah Anda mempelajari cara membagikan lokasi Anda di Android dan iOS, apa yang dapat Anda harapkan dilihat orang lain?


Berbagi lokasi Google Maps memang tepat, tetapi tidak akan benar-benar membagikan semuanya. Orang lain akan mendapatkan pemberitahuan bahwa Anda sedang berbagi. Mereka akan melihat pin peta yang mendekati lokasi Anda, dan dapat memeriksa daya baterai perangkat jika mereka tiba-tiba kehilangan posisi Anda. Saat mereka mengetuk status berbagi, mereka akan melihat beberapa informasi alamat seperti kota dan kode pos Anda.

Baca juga:

4 Cara Melacak Lokasi Orang Lewat WhatsApp, Google Maps, dan SMS
Cara Daftar Lokasi Usaha di Google Maps Sampai Berhasil
Update Jalur Sepeda di Google Maps Bisa Cek Jalan Curam dan Datar


Namun, mereka biasanya tidak akan melihat alamat persis Anda, dan mereka juga tidak akan melihat riwayat lokasi atau jalur Anda saat ini. Dan ketika Anda berhenti membagikan lokasi Anda, informasi itu hilang. Dengan kata lain, Anda tidak perlu khawatir seseorang akan mengikuti Anda di Google Maps tanpa sepengetahuan dan izin Anda.

Posting Komentar