Update Jalur Sepeda di Google Maps (polygonbikes.com)

Sejak bulan Februari lalu, banyak pengguna yang meminta petunjuk arah bersepeda di Google Maps. Permintaan tersebut melonjak sampai 69 persen. Fitur ini sepertinya sudah ada sejak lama dan sekarang mendapatkan pembaruan menarik.

Apa yang menarik dari pembaruan jalur sepeda di Google Maps? Google memakai panduan machine learning, algoritma kompleks, serta kondisi nyata berdasarkan citra dan data yang diperoleh dari otoritas pemerintah hingga kontribusi masyarakat.

Pengguna sekarang bisa mengetahui rute jalur sepeda terbaik, aman, dan nyaman. Maksudnya pengguna tidak akan salah jalur masuk ke terowongan gelap, lewat jalur tangga, dan jalan dengan kondisi permukaan yang buruk.

"Kami juga mempertimbangkan berbagai bentuk jalur sepeda dan jalan-jalan terdekat yang mungkin kurang bersahabat untuk sepeda Anda (seperti terowongan, tangga, dan kondisi permukaan yang buruk) sehingga Anda dapat memiliki rute bersepeda terbaik dan paling lancar," kata Vishal Dutta, Product Manager di Google Maps, seperti yang dikutip dari liputan6.com (21/7/2020).

Google Maps Jalur Sepeda Bisa Mengetahui Jalan Curam dan Datar


Bahkan, ada yang menarik dan penting dari pembaruan di Google Maps, yaitu pemberitahuan jalan yang curam dan datar. Google menyadari bahwa jalanan di perkotaan tidak semuanya datar. Ada juga jalan yang naik turun hingga curam.

"Jadi Anda akan tahu apakah Anda berada dalam perjalanan sepeda yang mudah atau benar-benar akan memacu detak jantung Anda," kata Vishal.

Baca juga:

Saat peningkatan hobi bersepeda tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Di seluruh dunia semua masyarakat juga lagi suka bersepeda untuk olahraga atau sekadar melepas penat. Tak heran, beberapa pemerintah yang peduli dengan hal tersebut langsung membuat jalur sepeda baru untuk warganya.

Vishal Dutta sendiri mengaku perusahaan sudah mengintegrasikan ratusan ribu jalur sepeda baru dalam beberapa bulan mendatang. Bagi instansi pemerintah yang ingin memasukkan data jalur sepeda baru ke Google Maps, mereka bisa melakukannya melalui Geo Data Upload Tool.

Post a Comment