Cara Mengatasi WiFi Tidak Ada Internet atau Tidak Tersambung

Ada sejumlah hal yang dapat Anda coba jika Wi-Fi Anda tidak ada internet, tanpa pengetahuan teknis sekalipun.
Cara Mengatasi WiFi Tidak Ada Internet atau Tidak Tersambung (clark.com)


Mengalami masalah pada sambungan WiFi smartphone? Kami pernah merasakan hal yang sama. Ada sejumlah hal yang dapat Anda coba jika Wi-Fi Anda tidak ada internet, tanpa pengetahuan teknis sekalipun. Setiap solusi hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk diselesaikan.


Jika Wi-Fi Anda no internet atau limited, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa pengaturan paling dasar. 


Pertama, mulailah dengan memastikan Anda mengaktifkan Wi-Fi di perangkat Anda. Periksa juga apakah Anda tidak mengaktifkan mode Pesawat, karena itu akan mencegah perangkat Anda terhubung ke internet. Ini mungkin fitur yang terlihat jelas di bagian atas notifikasi, tetapi seringkali itu adalah hal terakhir yang dipikirkan orang untuk diperiksa.


Jika kedua hal ini berhasil, langkah selanjutnya adalah memastikan Anda terhubung ke router yang benar. Selain itu coba sambungkan smartphone Anda ke jaringan WiFi tetangga Anda karena mungkin ini gangguan massal.


Saran lainnya pastikan untuk memeriksa ulang kata sandi pada router Anda. Jika Anda tidak mengubahnya setelah jaringan disiapkan, Anda akan menemukannya di stiker yang ditempatkan di suatu tempat di router Anda.


Bluetooth suka mengganggu jaringan Wi-Fi, terutama karena keduanya mengirim sinyal melalui frekuensi radio 2,4GHz. Kadang-kadang Bluetooth memutus akses ke internet sepenuhnya, sementara dalam kasus lain itu hanya memperlambat kecepatan secara signifikan.


Ini mudah untuk diuji. Matikan saja Bluetooth di perangkat Anda jika Anda mengaktifkannya dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah. Jika ya, rekomendasi kami adalah mengalihkan router Anda dari pita 2,4GHz ke pita 5GHz (kalau fitur router mendukung).


Dengan begitu, Anda bisa menggunakan Bluetooth di perangkat Anda tanpa menyebabkan masalah terkait Wi-Fi. Anda dapat mengubahnya di pengaturan router Anda.


Selanjutnya perbaikan sederhana yang dikenal untuk menyelesaikan banyak masalah terkait jaringan Wi-Fi. Mulailah dengan me-reboot router Anda: cabut semua kabel dari perangkat dan kemudian tunggu beberapa menit. Setelah Anda mencolokkannya kembali, tunggu satu atau dua menit hingga perangkat disiapkan. Sementara Anda menunggu, lanjutkan dan reboot ponsel, tablet , laptop, atau perangkat lain yang Anda gunakan juga.


Setelah perangkat dan router Anda kembali aktif dan berjalan, nyalakan Wi-Fi untuk melihat apakah ini menyelesaikan masalah Anda. Jika tidak, inilah saatnya untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.


Jika sejauh ini tidak ada perbaikan yang berhasil, ada beberapa perbaikan lain yang dapat Anda coba. 

Kami telah membuat daftar beberapa yang paling umum di bawah ini:

Lebih dekat: Alasan mengapa Wi-Fi Anda tidak berfungsi mungkin karena Anda terlalu jauh dari router. Ambil perangkat Anda dan bawa sedekat mungkin ke router, lalu coba sambungkan secara online.

Memecahkan masalah: Jika Anda mengalami masalah Wi-Fi pada PC Windows Anda, klik kanan pada ikon Wi-Fi di bilah tugas, pilih opsi "Pemecahan masalah", dan tunggu perangkat melakukan tugasnya. Seluruh proses membutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk diselesaikan dan sejauh ini telah memecahkan masalah koneksi kami berkali-kali.

Lupakan jaringan Wi-Fi dan sambungkan kembali: Ini adalah perbaikan cepat dan mudah lainnya. Prosesnya berbeda bergantung pada perangkat dan OS Anda, tetapi jika Anda menggunakan handset Android, temukan opsi Wi-Fi di pengaturan dan pilih jaringan Anda. Sebuah halaman kemudian akan muncul di layar Anda dengan beberapa info yang juga berisi tombol "Lupakan". Ketuk tombol dan sambungkan kembali ke jaringan yang sama dengan kata sandi Anda.

Update Patch dan Reboot PC Anda:  Dalam kasus yang jarang terjadi, patch Wi-Fi Anda mungkin menerima pembaruan buruk pada PC Windows, sehingga membuatnya tidak dapat bekerja. Jika demikian, periksa apakah router Anda memiliki update-tan baru yang memperbaiki masalah ini. Jika tidak, solusinya adalah mengembalikan PC Anda ke versi sebelumnya saat router masih berfungsi dengan benar.

Lakukan reset pabrik: Ini jauh dari opsi terbaik di luar sana, tetapi jika tidak ada yang berhasil, reset pabrik mungkin bisa berhasil. Sayangnya metode ini akan menghapus semua data dari perangkat Anda - termasuk bug perangkat lunak yang mungkin menyebabkan masalah koneksi - dan mengembalikan semuanya ke pengaturan aslinya. Namun sebelum Anda melakukan ini, pastikan untuk mencadangkan data di perangkat Anda.


Apakah Anda mencoba semua perbaikan yang tercantum dalam posting ini tetapi Wi-Fi Anda masih tidak tersambung ke internet? Jika demikian, ada kemungkinan Anda harus menelepon pihak penyedia jaringan WiFi. 


Tetapi sebelum Anda melakukannya, coba cari tahu apakah masalahnya ada pada perangkat atau router Anda. Coba hubungkan perangkat sebanyak mungkin ke jaringan Wi-Fi Anda. Jika tidak ada yang bisa online, masalahnya ada pada router atau jaringan. Tetapi jika hanya satu dari mereka yang tidak dapat terhubung, kemungkinan ada yang salah dengan perangkat tertentu itu.


Dalam kasus pertama, hubungi ISP Anda. Itu dapat memeriksa apakah ada pekerjaan yang sedang dilakukan di area Anda yang menyebabkan gangguan pada jaringan, atau jika ada masalah dengan router Anda. Jika router yang harus disalahkan, ISP Anda akan mengirim orang untuk menggantikannya.


Jika perangkat Anda yang harus disalahkan atas masalah terkait Wi-Fi yang Anda alami, Anda harus memperbaikinya. Dalam kasus ini, hubungi produsen jika perangkat masih dalam garansi atau pengecer jika Anda memilih salah satu paket asuransi tambahan yang ingin mereka tawarkan. Jika keduanya sudah kedaluwarsa, Anda harus memperbaikinya dengan biaya Anda sendiri.

Baca juga:

Cara Mendapatkan WiFi Gratis di Tempat Umum
5 Cara Ganti Password WiFi Indihome di Modem TP Link, ZTE, Huawei
Harga Paket Telkomsel Orbit Star dan Orbit Max Untuk WiFi Rumah


Apabila lampu router los menyala merah, berarti kemungkinan ada jaringan kabel fiber yang bermasalah. Coba tunggu sebentar, jika menu los masi menyala merah, segera hubungi teknisi jaringan Wi-Fi Anda.

Posting Komentar