Fast Charging Xiaomi 100 Watt, Vivo 120 Watt, OPPO 125 Watt (gadgetmatch.com)

Teknologi fast charging atau pengisian daya cepat mengalami perkembangan yang pesat. Di tahun 2019 fitur ini diumumkan oleh OPPO SuperVOOC 2.0 65 Watt. 

Teknologi ini bisa mengisi baterai 4.000 mAh secara penuh dalam waktu 30 menit. Perlu Anda ketahui, saat ini SuperVOOC 2.0 65 Watt merupakan teknologi fast charging tercepat di pasaran.

Fast Charging Xiaomi 100 Watt

Fast Charging Xiaomi 100 Watt (slashgear.com)
Fast Charging Xiaomi 100 Watt (slashgear.com)


Ternyata itu tidak ada apa-apanya. Sebelumnya, di bulan Maret 2019 Xiaomi juga memamerkan teknologi pengisian daya cepat 100 Watt tapi belum dijual. 

Teknologi tersebut bisa mengisi daya baterai 4.000 mAh sampai penuh hanya dalam waktu 17 menit. Namun, pada bulan Februari lalu, Xiaomi mengaku teknologinya belum siap digunakan secara massal.

Sebab, pertimbangannya bukan hanya pada kecepatan mengisi daya baterai tapi juga keamanan serta faktor kehilangan kapasitas baterai. 

Kini, Xiaomi tampil lagi karena ada postingan di Weibo yang menunjukkan teknologi fast charging Xiaomi 100 Watt sudah diproduksi di Foxconn bulan lalu.

Dari situ kabar peluncuran teknologi fast charging Xiaomi mencuat ke publik. Kabarnya mereka akan meluncurkan teknologi tersebut pada bulan Agustus mendatang.

Fast Charging Vivo 120 Watt

Fast Charging Vivo iQoo 120 Watt (androidauthority.com)
Fast Charging Vivo iQoo 120 Watt (androidauthority.com)


Vivo memiliki sub-brand bernama iQoo, mereka akan menghadirkan teknologi fast charging 120 Watt. Bahkan, Vivo sudah pamer video uji coba teknologi tersebut. Percobaan dilakukan pada smartphone iQoo dengan kapasitas baterai 4.000 mAh.

Baterai iQoo terisi 50 persen dalam waktu 5 menit. Kemudian pengisian dilanjutkan sampai 100 persen, ternyata cuma menghabiskan waktu selama 15 menit. Teknologi ini akan produksi massal pada bulan Agustus mendatang.

Fast Charging OPPO 125 Watt

Fast Charging OPPO 125 Watt (twitter.com)
Fast Charging OPPO 125 Watt (twitter.com)


Akun Twitter OPPO menggoda publik dengan membagikan video teknologi fast charging terbarunya hingga 125 Watt. Belum diketahui secara pasti detailnya seperti apa karena nanti akan diperkenalkan secara resmi pada tanggal 15 Juli 2020.

Jika dibandingkan dengan fast charging Vivo iQoo 120 Watt, tentu saja teknologi fast charging milik OPPO ini tidak akan berbeda jauh. Kemungkinan fast charging OPPO terbaru juga bisa mengisi daya baterai 4.000 mAh sekitar 15 menitan atau mungkin sedikit lebih cepat.

Efek Teknologi Fast Charging Bahaya atau Tidak?


OPPO telah menguji teknologi fast charging SuperVOOC 2.0 65 Watt di smartphone Reno Ace 2. Hasilnya, kapasitas baterai turun menjadi 91 persen setelah mengalami 800 kali siklus pengisian, seperti yang disadur dari AndroidAuthority.com (13/7/2020).

Walau terjadi penurunan kapasitas, tapi kecepatannya perlu diacungi jempol. Bayangkan baterai 4.000 mAh bisa penuh 100 persen dalam waktu 30 menit. 

Sementara pengisi baterai biasa yang bukan fast charging bisa mengalami penurunan hingga 10 persen dalam 1 tahun pemakaian. Bukankah lebih baik menggunakan teknologi fast charging dan mengalami sedikit penurunan kapasitas baterai?

Baca juga:

Namun, hal ini tergantung masing-masing orang dan kebutuhan penggunaan. Jika Anda dihasukan kerja cepat menggunakan smartphone, maka tidak ada salahnya memakai teknologi fast charging.

Jadi kesimpulannya kalau dikatakan berbahaya sebenarnya teknologi fast charging tidak berbahaya. Hanya saja, kapasitas baterai bisa menurun lebih cepat seiring dengan penggunaannya.

Post a Comment