Donasi Ponsel Pintar untuk Pelajar agar Bisa Belajar di Masa Pandemi Virus Corona (kitabisa.com)

Selama masa Pandemi virus Corona, segala aktivitas belajar mengajar dilakukan secara online. Guru, dosen, siswa, hingga mahasiswa melakukan pembelajaran melalui video conference. 

Kalau punya smartphone dan akses internet, tentu tidak masalah. Namun, bagi anak-anak kurang mampu yang tidak memiliki smartphone dan akses internet, pastinya hal tersebut sangat menyulitkan.

Untungnya, Wartawan Lintas Media melakukan penggalangan dana di Kitabisa.com dengan judul Ponsel Pintar Untuk Pelajar. Mereka berniat mengumpulkan uang Rp 150 juta untuk membelikan paket data internet serta ponsel bekas. Saat artikel ini ditulis, dana yang terkumpul sudah sekitar Rp 139 juta.

Keterangan Campaign Ponsel Pintar untuk Pelajar


Halo #OrangBaik

Saat ini Kami sedang Mengumpulkan ponsel bekas dan uang untuk membeli paket internet untuk diberikan kepada anak dari keluarga yang kurang mampu agar bisa belajar dari rumah di tengah pandemi. 

Tujuan penggalangan dana adalah untuk membelikan paket data dan aksesoris ponsel untuk anak yang menerima ponsel bekas yang kami kumpulkan. Halaman ini dibuat untuk memfasilitasi donatur yang ingin membantu tetapi tidak memiliki ponsel bekas. 

Penerima ponsel ini awalnya hanya difokuskan kepada anak-anak dari keluarga yang kurang mampu yang tinggal di Jabodetabek di bawah asuhan komunitas-komunitas yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan kami saat memberikan donasi dalam bentuk sembako dan uang tunai pada April lalu. 

Jumlahnya ada 50 di tahap pertama. Namun, karena banyaknya permintaan dari beberapa daerah lainnya di Indonesia, kami ingin mengkumpulkan lebih banyak donatur ponsel maupun uang tunai. Bila dana yang dikumpulkan mencukupi, uang akan kami gunakan untuk membeli ponsel dan memberikannya kepada anak-anak dari keluarga yang kurang mampu.

Sebelum membuka program donasi ponsel bekas ini, sejak Maret 2020 kami dari @wartawanlintasmedia yang terdiri dari wartawan beat politik dan ekonomi di Jakarta, mengelola donasi untuk menyediakan sembako dan uang tunai untuk membayar sewa tempat tinggal bagi masyarakat yang ekonominya terdampak pandemi. 

Program tersebut sekarang sudah selesai dan uang yang terkumpul sebesar sekitar Rp 241 juta sudah hampir seluruhnya dibelanjakan dan didistribusikan kepada pekerja informal dan pedagang kecil di Jabodetabek. 

Profesi mereka beragam, mulai dari buruh pabrik yang di-PHK, pemijat tuna netra yang sepi pasien, pelayan restoran yang dirumahkan, tukang makanan/minuman keliling, penjaja jasa keliling, supir, dan lain-lain. 

Untuk melihat kegiatan yang sudah kami lakukan sila kunjungi kami di :

Instagram @wartawanlintasmedia dan Twitter @ghinaghaliya.

Donasi Smartphone Bekas untuk Pelajar Kurang Mampu di Masa Pandemi (kitabisa.com)
Donasi Smartphone Bekas untuk Pelajar Kurang Mampu di Masa Pandemi (kitabisa.com)


Perkembangan Donasi Ponsel Bekas untuk Pelajar


Sampai hari ini sejak pertama kali dibuka pada 4 Juli, kami sudah terima 65 ponsel bekas dan donasi masih dibuka! Sekarang kami sedang seleksi dan verifikasi para calon penerima di Jabodetabek dulu, dan selanjutnya ke daerah lain.

Proses pembagian ponsel bakal jalan paralel dengan pengumpulan donasi, seleksi, dan verifikasi. Kami sudah berkomunikasi dengan guru-guru dan komunitas di beberapa daerah yang mengajukan siswanya sebagai calon penerima donasi.

Kami juga sedang verifikasi individual yang diajukan/mengajukan diri sebagai penerima donasi.

Salah satu syarat yang kami minta adalah salinan nilai rapor terakhir siswa. Kami juga minta siswa calon penerima untuk membuat karya essay agar kami bisa mengerti kondisi dan harapan mereka.

Setelah ponsel diberikan, para guru, kakak pembimbing dari komunitas-komunitas, dan relawan akan memantau pemakaian ponsel tersebut.

Terima kasih teman-teman yang sudah berdonasi! Terima kasih atas dukungannya terhadap kampanye membantu anak-anak dari keluarga tidak mampu untuk bersekolah dari rumah!

Baca juga:

Donasi dari GadgetIn Rp 100 Juta

Tak sengaja kami melihat beberapa donatur yang ikut menyumbang dalam penggalangan dana tersebut. Ternyata ada nama GadgetIn, dia menyumbang Rp 100 juta. Sungguh mulia pemilik channel YouTube GadgetIn, semoga subscriber-nya tambah banyak.

Donasi Rp 100 Juta dari Gadgetin (kitabisa.com)
Donasi Rp 100 Juta dari Gadgetin (kitabisa.com)
 

1 Komentar

Posting Komentar