Cara Merekam Video Call Zoom secara Otomatis (saxontrainingfacilities.com)

Memasuki era new normal, hampir semua kegiatan dilakukan secara online. Mungkin kemarin order makanan bisa online, sekarang kerja dan sekolah juga online. Orang-orang menyebut kerja online dengan sebutan Work From Home. Sebutan ini muncul setelah pandemi virus Corona menyebabkan orang harus tinggal di rumah dan kerja dari rumah.

Kalau kerja di rumah, karyawan harus tetap bertatap muka dengan cara video call atau video conference. Nah, aplikasi yang biasa digunakan biasanya Zoom. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa melakukan panggilan video dengan ratusan orang sekaligus. 

Setelah melakukan video call, tidak ada jejaknya sama sekali. Jika Anda termasuk orang pelupa, Anda akan kesulitan mengingat percakapan video tersebut. Oleh karena itu, Zoom menyediakan fitur untuk merekam video call meeting secara otomatis.

Rekam Video Otomatis di Zoom


  1. Aplikasi Zoom bisa merekam meeting dan disimpan di memori perangkat (lokal) atau di cloud. 
  2. Pengguna gratis dapat menyimpan rekaman secara lokal, sedangkan pengguna berbayar simpan rekaman video di cloud.
  3. Fitur rekaman video Zoom tidak tersedia di aplikasi Android dan iOS.

Cara Merekam Video Call Zoom secara Otomatis


  1. Pilih menu Schedule di aplikasi Zoom.
  2. Sesuaikan pengaturan Zoom sesuai dengan keperluan.
  3. Geser ke bawah sampai bertemu menu Adcanced Options.
  4. Pilih Automatically record meeting on the local computer.
  5. Setelah selesai menjadwalkan meeting Zoom dan melakukan video conference, video akan tersimpan di penyimpan komputer.

Lokasi Letak Penyimpanan Video Zoom


Tempat Penyimpanan Rekaman Video Zoom di Komputer


Kalau ingin mengetahui di mana letak penyimpan Zoom di komputer, Anda bisa menuju ke menu Meetings, kemudian pilih Recorded. Dalam menu tersebut Anda bisa langsung membuka file, play, hingga play audio saja.

Jika tak mau ribet, cari saja di dokumen komputer dengan memasukkan kata kunci Zoom Meeting di kolom pencarian. Rekaman video Zoom akan disimpan dalam bentuk MP4. 

Baca juga:

Tempat Penyimpanan Rekaman Video Zoom di Cloud


Masuk dulu ke akun Zoom. Kemudian pilih Recordings di sidebar kiri. Setelah itu buka Cloud Recordings. Jika rekaman video tersimpan secara lokal, buka Local Recordings.

Kami ingatkan lagi, fitur Cloud Recordings hanya untuk pelanggan berbayar. Sementara pengguna Zoom gratisan cuma bisa menikmati hasil rekaman video di komputer.

Post a Comment