Aplikasi Video Conference Zoom Populer untuk Rapat dan Kuliah Online (zdnet.com)

Pemerintah Indonesia memberikan kebijakan untuk kerja dari rumah atau work from home (WFH). Bahkan, para pelajar dan mahasiswa juga diminta belajar di rumah serta kuliah online. Cara mereka melakukan hubungan jarak jauh ternyata banyak yang menggunakan aplikasi video call atau video conference Zoom.

Aplikasi ini sangat populer di seluruh dunia selama penyebaran virus Corona atau COVID-19. Zoom sering dipakai untuk sarana tatap muka dari rumah untuk berbagai keperluan, seperti rapat atau meeting, belajar online, kuliah online, kelas yoga, hingga nostalgia dengan teman lama.

Baca juga: 13 Aplikasi Video Call atau Video Conference Gratis dan Ringan

Sebenarnya aplikasi video call dan video conference sangat banyak. Namun, selama pandemi virus Corona, aplikasi Zoom banyak digunakan di seluruh belajan dunia. Bahkan Zoom sempat menjadi aplikasi terpopuler di App Store sejumlah negara, menurut App Annie.

Alasan Aplikasi Zoom Populer untuk Rapat dan Kuliah Online



  • Zoom jarang down.
  • Latency rendah sehingga tak terganggu jeda pembicaraan.
  • Bisa mempertahankan kualitas video dan audio.
  • Koneksi tidak stabil, tapi kualitas video dan audio stabil.
  • Dapat digunakan bersama walau jenis perangkat berbeda.
  • Aplikasi Zoom gratis.
  • Jumlah maksimal pengguna video call 100 orang.
  • Bisa upload gambar atau video untuk latar belakang video conference.
  • Sayang, video conference dibatasi cuma 40 menit, tapi bisa ditambah durasinya dengan cara berlangganan.


Aplikasi Zoom Dijatuhkan dengan Rating Bintang Satu


Walau populer sepertinya ada pesaing yang tidak suka dengan aplikasi Zoom. Sebab, terlihat ada gerakan di Google Play Store yang berusaha ingin menjatuhkan aplikasi Zoom dengan rating buruk.

Diketahui rating aplikasi Zoom di Google Play Store bulan November 2019 sampai 4.4. Namun, rating tersebut menurun ke angka 2.0 pada tanggal 17 Maret lalu.

Ternyata sejumlah oknum yang selalu memberikan rating bintang satu di kolom review. Sepertinya mereka berusaha menjatuhkan aplikasi Zoom agar pengguna memilih aplikasi video conference yang lain.

Baca juga: Cara Video Call di WhatsApp 4 Orang Sekaligus

Padahal, aplikasi Zoom selalu bertengger di urutan pertama kategori aplikasi Business. Namun, mengapa ada sejumlah oknum yang berusaha menurunkan rating aplikasi Zoom. Mungkinkah ini ulah para pesaing?

Entahlah, yang jelas rating aplikasi Zoom sudah mulai membaik. Sekarang ratingnya sudah meningkat ke 4.0. Google sepertinya menyadari gerakan tersebut dan menghilangkan ulasan bintang satu yang tidak relevan dengan kenyataan.

Post a Comment