Aplikasi Video Call dan Video Conference Gratis (medium.com)

Semakin banyak korban virus Corona yang berjatuhan. Presiden Jokowi menghimbau masyarakat untuk kerja di rumah, siswa belajar di rumah, dan warga ibadah di rumah. Hampir seluruh tempat-tempat umum yang berpotensi bisa menularkan virus COVID-19 ditutup sementara waktu. 

Kalau bisa hubungan komunikasi dilakukan dari jarak jauh. Berkat adanya internet, Anda bisa melakukan telepon online, chatting, video call, hingga video conference. Semua fitur komunikasi tersebut bisa diakses secara online dan gratis. 

Baca juga: 3 Cara Download Video TikTok di Smartphone Android atau iPhone

Bahkan, ada beberapa aplikasi gratis yang bisa melakukan berbagai fitur sekaligus. Sehingga, Anda dapat mengirim foto, gambar, audio, video, gif, video call, video conference, telepon, hingga chatting.

Aplikasi Video Call dan Video Conference Gratis


1. Facebook Messenger


Facebook Meesenger bisa untuk Chat grup, di mana Anda dapat mengirimkan teks, foto, video dan gif. Selain itu, aplikasi video call ini dapat dipakai untuk panggilan suara maupun video yang tersedia secara gratis. Menariknya lagi, di sana terdapat fitur filter serta effect yang lucu dan seru.

Download Facebook Messenger: Android dan iOS

2. WhatsApp


Aplikasi WhatsApp bisa dibilang selamanya gratis. Sehingga Anda bisa melakukan panggilan video, panggilan suara maupun kirim pesan teks, pesan suara, gambar, dan video secara gratis. Bahkan, ada fitur video call grup yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan video maksimal 4 orang.

Download WhatsApp: Android dan iOS

3. Skype


Dari dulu sampai sekarang, aplikasi video call dan video conference sangat populer. Aplikasi ini tidak membatasi durasi video call. Anda bebas mau ngobrol live streaming dengan teman dan keluarga sampai kapanpun. Dibandingkan dengan yang lain, aplikasi Skype terkenal lebih ringan, cepat, dan kualitas video bagus.

Download Skype: Android dan iOS

4. Camfrog


Camfrog menawarkan fitur video call yang hampir sama dengan Skype. Keunikannya, Camfrog ini menyediakan chat room yang bisa menampung lebih dari 1000 pengguna Camfrog. Sehingga bila Anda memiliki fans berat, Anda bisa membuat chat room sendiri untuk para fans.

Download Camfrog: Android dan iOS

5. Line


Salah satu aplikasi paling populer di Indonesia adalah Line. Masyarakat banyak yang memilih membuat grup di Line, seperti grup kerja, diskusi, kuliah, arisan, dan lainnya. Sebab aplikasi ini sudah memiliki fitur chatting yang cukup lengkap seperti berkirim pesan singkat, file, video chatting, gambar, gif hingga suatu aplikasi. 

Menariknya lagi ada fitur video call group, yang memungkinkan Anda melakukan video call bersama hingga 200 anggota dalam sebuah grup. Aplikasi ini juga bisa sinkronisasi melalui smartphone atau PC maupun Mac. Di samping itu, aplikasi Line juga dapat melakukan panggilan internasional dengan LINE Out.

Download Line: Android dan iOS

6. WeChat


Seperti yang lain, aplikasi WeChat dapat digunakan untuk chatting, voice call, emoticon, moments, grup chat, web chat, hingga video call. Bahkan, aplikasi ini bisa juga dipakai panggilan dan obrolan grup lebih dari 500 orang. Namun, untuk video call grup cuma sampai 9 orang.

Download Wechat: Android dan iOS

7. Google Hangouts


Aplikasi Google Hangouts dikembangkan oleh Google. Jadi, semua pengguna Google bisa mengakses Hangouts dengan gratis. Aplikasi ini bisa dipakai untuk mengirim pesan teks, audio, gambar, video call, dan lain-lain. Dalam satu grup terdapat 150 orang dan bisa melakukan panggilan video maksimal 10 orang secara bersamaan.

Download Google Hangouts: Android dan iOS

8. Google Duo


Sama seperti Hangouts, aplikasi Google Duo juga merupakan hasil karya perusahaan Google. Uniknya, aplikasi video call ini mempunyai fitur yang dinamakan Knock-Knock. Fitur tersebut memungkinkan penerima melihat dulu preview video call penelepon sebelum menerimanya.

Download Google Duo: Android dan iOS

9. Zoom Cloud Meeting


Nama aplikasi ini Zoom Cloud Meeting, berarti gunanya untuk melakukan video conference saat rapat di kantor atau tempat lain. Jadi aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk melakukan video call jarak jauh bersama para karyawan, pimpinan, dan jajarannnya.

Download Zoom Cloud Meeting: Android

10. Viber


Aplikasi Viber memungkinkan pengguna bisa membuat video dalam sesi chat. Selain itu, Anda juga dapat mengirim pesan, foto, stiker, lokasi maps, dan pesan suara. Viber juga dapat mengintegrasikan aplikasi dengan nomor ponsel. Sehingga memudahkan pengguna untuk memilih metode komunikasi.

Download Viber: Android dan iOS

11. IMO


Tidak perlu takut kualitas video call akan pecah atau tersendat karena aplikasi IMO bisa menyesuaikan jenis koneksi jaringan. Ya, jika koneksi jaringan Anda tidak stabil, seperti bisa menjadi 2G atau 3G, maka IMO bisa memilih koneksi terbaik. Tampilan aplikasi ini minimalis dan sederhana sehingga sangat ringan dan mudah digunakan.

Download IMO: Android dan iOS

12. JusTalk


Beda dengan yang lain, kemungkinan JusTalk ditujukan untuk kalangan milenial. Sebab aplikasi video call ini memiliki beragam fitur yang pastinya disukai anak-anak muda dan remaja. Contohnya fitur doodling di video call, partisipan anggota yang tak terbatas, main game, hingga berbagai ringtone lucu.

Download JusTalk: Android dan iOS

13. Tango


Mungkin saat membaca nama aplikasi Tango, Anda teringat dengan wafer khas Indonesia. Namun, ini tidak ada hubungannya dengan makanan sama sekali. Tango merupakan aplikasi video call yang mempunyai kualitas tinggi untuk video call live streaming. Dengan aplikasi Tango, Anda bisa main game, ganti wajah dengan stiker, dan lain-lain. 

Download Tango: Android 

Kesimpulan


Semua aplikasi di atas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, hampir semuanya pasti sangat bermanfaat untuk video call dan video conference jarak jauh. Mengingat sekarang sedang pandemi virus Corona, diharapkan Anda bisa tetap berhubungan dengan teman, saudara, dan teman bisnis melalui video call.

Baca juga: Cara Menggunakan Video Call Grup di Instagram hingga 6 Orang

Saran kami pilih aplikasi video call yang digunakan banyak orang. Percuma Anda memiliki aplikasi terlengkap tapi tidak dipakai semua orang. Jadi, kalau bisa pilih aplikasi video call yang populer di Indonesia, seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Line, Skype, dan Google Duo.

Post a Comment