Cara Bayar Pajak Kendaraan dan Perpanjangan di Samsat Online (teknolagi.net)

Virus Corona sukses mengubah gaya hidup manusia. Dulu masyarakat bebas berkerumun di luar rumah, sekarang dibatasi karena takut tertular COVID-19. Nah, karena pandemi virus Corona inilah sekarang bayar pajak kendaraan bisa online di Samsat Online Nasional atau disingkat Samolnas.

Dengan adanya Samsat Online, masyarakat diharapkan bisa membayar pajak kendaraan secara online tanpa harus datang ke kantor Samsat atau Satpas. Masyarakat bisa bayar pajaknya di rumah tanpa harus bertemu orang lain.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Online 


  1. Download aplikasi Samolnas.
  2. Tekan mulai dan daftar akun.
  3. Isi data kolom pendaftaran, seperti nomor polisi, NIK, dan lima digit nomor terakhir.
  4. Sistem akan memproses data selama 1 menit.
  5. Jika data sudah benar, identitas pendaftar akan muncul secara lengkap. 
  6. Identitas tersebut dilengkapi dengan info kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya dan besaran pajak kendaraan.
  7. Setelah itu muncul kode bayar yang berlaku selama 2 jam.
  8. Pembayaran bisa dilakukan melalui bank atau aplikasi pembayaran lainnya tapi dikenai biaya administrasi sebesar Rp 5.000.
  9. Pemohon akan mendapatkan e-TBPKB dan pengesahan STNK yang berlaku selama 30 hari.
  10. Selanjutnya pendaftar memperoleh TBPKB/SKPD dan stiker pengesahan STNK yang dikirimkan Samsat melalui jasa ekspedisi ke alamat pendaftar sesuai dengan alamat yang tertera di STNK.

Perlu diketahui bahwa aplikasi Samolnas ini hanya bisa digunakan pada perpanjangan STNK dengan keterlambatan tidak lebih dari 1 tahun. Artinya bila motor atau mobil Anda terlambat bayar pajak misal 2 tahun, berarti Anda harus mendatangi Samsat langsung.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat Aplikasi Samsat Online Nasional (play.google.com)
Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat Aplikasi Samsat Online Nasional (play.google.com)


Pembayaran Samolnas dapat melalui beberapa bank seperti BNI, BRI, Mandiri, BTN, BCA, CIMB Niaga, Permata Bank, dan ecommerce Tokopedia.

Apabila alamat wajib pajak tak sesuai dengan yang tertera di STNK, pendaftar bisa melakukan konfirmasi ke call center Samsat setempat. Proses pengiriman bisa memakan waktu selama 7 hari.

Baca juga:

Kesimpulan


Demikian cara membayar pajak kendaraan bermotor secara online. Pembayaran pajak dapat dilakukan melalui Samsat Online yang dinamakan Samolnas. 

Nah, untuk bayar pajak dan perpanjangan STNK secara online ini bisa dikatakan benar-benar online. Pasalnya, semua metode bisa dijalankan online tanpa harus mendatangani Samsat.

Post a Comment