Cara Beli Saham Online untuk Pemula (tunaiku.com)

Bermain saham sudah menjadi investasi yang menguntungkan. Bagi yang mengerti saham, tentu proses jual beli saham akan terasa mudah. Namun, bagi pemula tentu akan kesulitan membeli saham secara online.

Bahkan, ada juga orang tidak mengetahui apa itu saham. Jangankan mau jual beli saham, pengertian saham saja tidak tahu. Nah, kalau Anda termasuk golongan yang demikian. Sebaiknya, cari referensi dulu tentang saham. Setelah itu, baru mempelajari tips jual beli saham online untuk pemula.

1. Buat Akun Saham Online


Anda harus membuat akun saham dulu di salah satu perusahaan sekuritas atau broker saham. Nah, di Indonesia dan internasional ada broker saham terbaik, seperti capital, olymptrade, dan binomo.

2. Setor Dana ke Akun Saham


Jika Anda sudah daftar akun di perusahaan sekuritas, berarti Anda sudah terdaftar di sistem JATS atau Jakarta Automated Trading System. Kemudian Anda tinggal menyetor atau transfer dana sebagai modal awal untuk beli saham.

Penyetoran uang kepada Rekening Dana Nasabah atau RDN. Nomor Rekening Dana Nasabah dapat ditanyakan ke representatif broker atau pialang saham.

Untuk di Indonesia, biasanya calon investor diharuskan menyetor Rp 5 juta. Namun, ada juga perusahaan yang memintar setor uang Rp 100 ribu saja. Hal seperti ini memang tergantung dari kebijakan perusahaan masing-masing. Setelah transfer dana, Anda bisa melakukan jual beli saham melalui perusahaan sekuritas.

3. Pilih Saham yang Menguntungkan


Nah, tahap ini yang cukup sulit, Anda harus memilih saham mana yang berpotensi mendatangkan keuntungan. Oleh karena itu, Anda wajib menganalisa perusahaan tersebut. Apakah perusahaan berkembang dengan baik, memiliki putaran uang yang sehat, dan lain-lain.

Setelah itu, Anda juga harus pandai-pandai menentukan kapan waktu yang tepat beli saham. Cara ini dapat dilihat dari grafik nilai saham. Kemudian tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah saham tersebut layak dibeli sekarang atau nanti saja.

4. Penelitian Membeli Saham


Lakukan sejumlah penelitian tentang perusahaan saham. Lalu, putuskan membeli saham online jika memang Anda merasa saham tersebut akan menguntungkan di kemudian hari.

Metode membeli saham dibedakan menjadi dua, yaitu lewat broker saham atau lewat online. Jika Anda memilih lewat broker, berarti Anda harus menghubunginya saat akan membeli saham. Namun, jika Anda memilih beli saham online sendiri berarti Anda cukup melakukan input pemesanan pembelian saham.

5. Beli Saham Minimal 1 Lot


Sejak tahun 2014, Otoritas Jasa Keuangan atau OJK telah menetapkan bahwa jumlah lembar saham setiap lot sebanyak 100 lembar. Anda boleh beli saham online minimal 1 lot atau 100 lembar.

6. Jual Saham Online


Setelah membeli saham, Anda bisa menjual saham secara online. Penjualan saham bisa menguntungkan apabila Anda menjualnya dengan harga lebih tinggi dari harga beli. 

Sebelum menjual saham Anda harus memesan saham-saham yang akan dijual. Nantinya, hasil keuntungan jual saham akan langsung dikirim ke akun saham yang terdaftar di perusahaan sekuritas atau broker.

Baca juga:

Tanya Jawab Seputar Jual Beli Saham Online


Apa semua orang bisa jadi trader saham?

Bisa, semua orang bisa jadi trader asalkan mengetahui tentang seluk beluk saham online.

Apa kelebihan broker saham online dan offline?

Broker saham online lebih praktis tinggal install aplikasi dan lakukan jual beli saham. Namun, broker saham offline harus didatangi jauh-jauh karena letak kantor yang berbeda-beda di setiap wilayah.

Berapa Dana Awal Buka Akun Broker Online?

Semuanya tergantung dari kebijakan masing-masing broker saham. Kalau di Indonesia rata-rata trader harus deposit minimal Rp 5 juta. Namun, ada juga perusahaan yang memperbolehkan deposit Rp 100 ribu.

Apa Kesulitan Jual Beli Saham?

Tahukah Anda jual beli saham tidak sulit sama sekali. Yang penting Anda harus terus belajar dan langsung praktek. Kalau hanya teori saja, maka Anda akan sulit berkembang.

Apakah Broker juga Menawarkan Instrumen Lain?

Ya, para broker juga menawarkan valuta asing, CFD, hingga mata uang kripto.

Apakah Hari Libur Broker Saham Online Masih Buka?

Iya, broker seperti Capital, AvaTrade, dan eToro beroperasi 24 jam non-stop setiap hari. Mereka tidak mengenal libur sehingga para trader bebas mau melakukan jual beli saham kapan saja.

Post a Comment