Cara Melacak Virus Corona dengan Aplikasi PeduliLindungi dan Bluetooth (pedulilindungi.id)

Ada yang baru dalam melacak penyebaran virus Corona di Indonesia. Caranya menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Apa itu Aplikasi PeduliLindungi?


PeduliLindungi merupakan aplikasi yang sengaja dikembangkan untuk menghentikan penularan COVID-19. Aplikasi ini diklaim bisa melindungi diri, keluarga, dan orang terdekat yang lain. Caranya dengan mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasi saat bepergian agar riwayat kontak dengan penderita virus Corona dapat diketahui.

Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi


Tahukah Anda, aplikasi PeduliLindungi bisa bekerja optimal menggunakan jaringan bluetooth aktif. Jadi, Anda harus mengaktifkan bluetooth di smartphone untuk merekam informasi di sekitar (jarak 10 meter). 

Baca juga: Cincin Canggih Ini Bisa Deteksi Gejala Virus Corona

Saat ada smartphone lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di aplikasi PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran ID anonim yang kemudian direkam oleh smartphone masing-masing pengguna.

Selanjutnya, aplikasi PeduliLindungi akan mengidentifikasi semua orang (termasuk orang positif COVID-19, PDP, dan ODP) yang pernah berada di sekitar Anda. Dengan begitu, Anda akan mengetahui apakah Anda pernah berhubungan dengan orang yang positif virus Corona atau tidak.

Aplikasi PeduliLindungi Aman dan Bisa Jaga Rahasia


Seperti yang kita tahu bersama, aplikasi PeduliLindungi menggunakan bluetooth dan berbagi lokasi. Tentu, privasi pengguna akan dipertaruhkan. Namun, aplikasi PeduliLindungi mengklaim akan menjaga kerahasiaan pribadi Anda. 

Data Anda akan disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan ke siapapun. Data pribadi Anda hanya akan diakses petugas saat Anda dalam risiko tertular virus Corona dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Baca juga: 3 Cara Mudah Mendeteksi Virus Corona dari Smartphone

Apabila Anda pernah berada di zona merah atau tempat yang terpapar virus Corona positif. Sebaiknya Anda segera menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Sebab, aplikasi ini nanti akan mempermudah petugas kesehatan untuk melindungi dan memberikan perawatan ke Anda. 

Dengan begitu, rantai penularan COVID-19 akan terhenti karena para petugas sudah mengetahui siapa saja yang berpotensi tertular virus Corona. Anda pun juga bisa melindungi keluarga dan masyarakat yang lain jika Anda sudah masuk kategori PDP atau ODP.

Aplikasi PeduliLindungi di Google Play Store (play.google.com)
Aplikasi PeduliLindungi di Google Play Store (play.google.com)


Aplikasi PeduliLindungi Tersedia di Google Play Store


Saat ini aplikasi PeduliLindungi bisa diunduh di Google Play Store. Sebelumnya aplikasi tersebut cuma tersedia di website resmi PeduliLindungi.id. Namun, pengguna perangkat iOS tidak perlu khawatir karena Kemkominfo akan menghadirkan aplikasi PeduliLindungi di App Store.

Post a Comment