Sensus Penduduk Online 2020 Berakhir Besok (sensus.bps.go.id)

Tahun ini Badan Pusat Statistik (BPS) mengadakan sensus penduduk online. Penghitungan jumlah penduduk ini dilakukan setiap 10 tahun sekali secara periodik. Namun, untuk sensus penduduk online 2020 ini akan berakhir besok.

Pasalnya, Sensus Penduduk 2020 atau SP2020 sudah dilakukan sejak 15 Februari dan berakhir tanggal 31 Maret 2020. Ini artinya, masyarakat yang tidak melakukan sensus penduduk online akan didatangi petugas sensus pada bulan Juli mendatang secara door to door.

Baca juga: 15 Situs Nonton Film Gratis dan Streaming Film Pengganti IndoXXI

Kalau Anda mengisi biodata diri secara online di situs sensus.bps.go.id, maka petugas sensus tidak perlu mendatangi rumah di bulan Juli 2020. Tentu hal tersebut lebih praktis dan mempermudah petugas sensus untuk mendatangi rumah warga yang belum mengisi data secara online.

Sensus Penduduk Online 2020 (twitter.com)
Sensus Penduduk Online 2020 (twitter.com)


Pengisian Data Cukup Cepat


Enaknya sensus penduduk online secara mandiri adalah prosesnya cepat. Anda hanya menghabiskan waktu sekitar 5 menit untuk setiap anggota keluarga. Selain itu, situsnya bisa diakses secara lancar, cepat, dan tidak membingungkan.

Dokumen yang perlu disiapkan cuma Kartu Keluarga, KTP, Dokumen Pernikahan, Dokumen Perceraian, Surat Keterangan Kematian, dan Dokumen Anggota Baru (jika ada).

Cara Daftar Sensus Penduduk Online 2020



  1. Buka situs sensus.bps.go.id.
  2. Isi (NIK) Nomor Induk Kependudukan dan Nomor (KK) Kartu Keluarga.
  3. Masukkan kode captcha.
  4. Tekan tombol biru Cek Keberadaan.
  5. Buat kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan, lalu pilih Buat Password.
  6. Baca panduan awal mengisi sensus penduduk online, lalu pilih Mulai Mengisi.
  7. Ikuti petunjuk dan masukkan data sesuai dengan kolom pertanyaan secara jujur.
  8. Jika semua pertanyaan sudah terisi, pilih tombol Kirim.
  9. Unduh atau kirim bukti pengisian sensus penduduk pada email pribadi.


Waspada Aplikasi Sensus Penduduk Online 2020


Apabila Anda menemukan aplikasi sensus online 2020, maka Anda harus berhati-hati. Sebab, menurut BPS tidak ada aplikasi terkait sensus penduduk online. Masyarakat bisa mengakses sensus penduduk online di situs sensus.bps.go.id.

Masyarakat perlu waspada dengan keberadaan aplikasi sensus penduduk di App Store maupun Google Play Store yang mengatasnamakan BPS.

Baca juga: 27 Situs Nonton Drakor Subtitle Indonesia Lengkap dan Gratis

BPS menghimbau agar masyarakat melaporkan website atau aplikasi sensus penduduk online ilegal. Lebih baik laporkan aplikasi terkait SP2020 dan tandai sebagai aplikasi yang tidak pantas.

"Kami imbau laporkan aplikasi terkait SP2020, tandai sebagai aplikasi yang tidak pantas ya," tulis BPS.

Apabila Anda menemui kesulitan sewaktu mengisi Sensus Penduduk Online. Misalnya NIK dan Nomor KK tak cocok, tidak bisa unduh bukti pengisian, atau masalah lainnya? Jangan khawatir silakan hubungi Call center #SP2020 di WhatsApp Call 0811 8519 801 atau 0811 8519 820.

Sampai saat ini diketahui warga yang sudah mengikuti sensus penduduk online 2020 mencapai 27,6 juta. Oleh karena itu, segera isi data pribadi dan keluarga di situs sensus penduduk online karena besok hari terakhir.

Post a Comment