Spesifikasi Kamera Oppo Reno3 (oppo.com)

Tahun 2019 lalu, Oppo Reno3 dirilis di China. Nah, hari ini Oppo Reno3 resmi meluncur di Indonesia. Acara yang bertajuk Reno3 Launch Show ini disiarkan di channel YouTube Oppo Indonesia.

Oppo Reno3 tinggalkan teknologi kamera pop-up yang sebelumnya disematkan di Oppo Reno2. Sebab, sekarang mereka menggunakan kamera depan yang mirip tetesan air atau biasa disebut waterdrop camera.

Baca juga: Oppo Find X Lamborghini Isi Baterai 0-100 Persen Cuma 35 Menit

Kecanggihan Kamera Oppo Reno3


Tentu yang menarik pada Oppo Reno3 adalah bagian kameranya. Smartphone ini mengusung kamera depan beresolusi 44 MP (f/2.45) dan kamera belakang 48 MP Zoom Quadcam.

4 Jenis Kamera Utama


Jadi, Oppo Reno3 pada dasarnya dibekali empat kamera yang luar biasa dengan fungsi yang berbeda-beda. Oh iya, empat kamera tersebut di antaranya sebagai berikut:


  1. Kamera utama 48 MP (f/1/79).
  2. Kamera telefoto 13 MP (5x hybrid zoom, 20x digital zoom f/2.4).
  3. Kamera ultrawide 8 MP (f/2.2).
  4. Kamera monokrom 2 MP (f/2.4).


Fitur Kamera Baru Ultra Dark Mode


Tidak hanya empat kamera saja, Oppo Reno3 juga mengusung fitur kamera baru bernama Ultra Dark Mode. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa mengambil foto di area gelap dengan sangat bagus dan jelas.

Ultra Dark Mode bisa aktif secara otomatis saat mendeteksi cahaya dengan tingkat pencahayaan di bawah 1 lux atau sama dengan pencahayaan sebuah lilin.

Hebatnya lagi, fitur ultra dark mode masih digabutkan dengan algoritma buatan, HDR, serta pengurangan noise. Tujuannya untuk mengoptimalkan hasil jepretan di kondisi yang sangat minim cahaya.

Hasil Gambar Beresolusi 108 MP


Oh iya, meski kamera utama Oppo Reno3 hanya 48 MP, tetapi smartphone kamera ini menghasilkan gambar dengan resolusi sampai 108 MP. Mengapa bisa begitu? Alasannya karena kamera Oppo Reno3 menggunakan teknik stitching yang menggabungkan beberapa foto menjadi satu.

Anda bisa memotret dengan kamera 108 MP di mode pemotretan Pro pada pengaturan manual. Setelah itu, pilih mode XHD untuk mendapatkan pengambilan gambar beresolusi 108 MP.

Fitur Kamera Super Macro


Oppo Reno3 sendiri tidak dibekali kamera macro, tetapi sebagai gantinya ada fitur Super Macro yang didapat dari kamera ultrawide 8 MP. Dengan adanya fitur Super Macro pengguna bisa mengambil foto obyek kecil dengan jarak 3 cm.

Baca juga: OPPO Pamer Teknologi Walkie Talkie Bebas Bicara Jarak 3 Km

Fitur Ultra Night Selfie


Kemudian di bagian kamera depan ada fitur kamera Ultra Night Selfie. Kelebihan fitur tersebut untuk mengambil foto selfie di area yang minim cahaya.

Video Ultra Steady 2.0


Kalau sektor video, Oppo Reno3 mempunyai Ultra Steady 2.0. Mode ini sudah hadir duluan di Oppo Find X2. Fungsinya untuk meminimalisir goncangan. Jadi, goncangan atau gerakan akan tereduksi berkat adanya (EIS) Electronic Image Stabilization.

Selain itu, ada juga teknologi baru (OSIE) Oppo Screen Image Engine. Gunanya untuk membuat video pendek lebih mulus saat di-upload ke aplikasi media sosial, seperti TikTok, Facebook, dan Instagram.

Spesifikasi Lain Oppo Reno3


Ponsel pintar ini mengusung layar 6,4 inci dengan aspek rasio 20:9. Layarnya AMOLED dengan refresh rate 60 Hz. Untuk performa ditopang dengan chipset MediaTek Helio P90, RAM 8 GB, memori internal 128 GB, serta baterai 4.025 mAh.

Aksesoris pendukung berupa pengisi daya cepat VOOC Flash Charge 3.0 sebesar 20 watt. Oppo Reno3 sudah menjalankan Android 10 dan antarmuka ColorOS 7. Lalu ada juga sensor sidik jari di dalam layar depan.

Teknologi Kamera Oppo Reno3 (twitter.com)
Teknologi Kamera Oppo Reno3 (twitter.com)


Harga Oppo Reno3 di Indonesia


Harga resmi Oppo Reno3 di Indonesia dibanderol Rp 5.199.000. Anda bisa melakukan Pre-order Oppo Reno3 pada tanggal 17-26 Maret 2020. Ponsel ini dibundling dengan beberapa operator, seperti Telkomsel, Smartfren, XL, dan Indosat Ooredoo. Ada lagi bundling dengan TWS Oppo Enco Free mulai tanggal 27 Maret dengan potongan harga sampai Rp 300.000.

Bagi yang belum menyaksikan Reno3 Launch Show bisa melihatnya ulang di YouTube.

Post a Comment