Ganti TV Digital Tidak Perlu Beli Antena Baru


Teknolagi.net - Beberapa kalangan masyarakat masih berpikir bahwa pergantian tv digital mengharuskan beli antena baru. Padahal kenyataannya tidak demikian.


Masyarakat tidak perlu beli antena baru. Siaran tv digital masih bisa menerima siaran tv digital dari antena UHF Anda yang lama.


Tidak Perlu Antena Baru


Jadi masyarakat tidak harus keluar uang untuk beli antena baru. Hal ini disampaikan oleh Marvels Situmorang selaku Direktur Pengembangan Pitalebar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).


"Tak perlu mengganti antena baru, pakai saja antena yang ada," kata Marvels, seperti yang disadur dari Detik.com (28/4/2022).

Baca juga: 7 Alasan Pemerintah Ganti TV Analog Jadi TV Digital


Beli Set Top Box (STB) TV Digital


Masyarakat tidak perlu beli antena baru, tapi beli set top box tv digital. Ya, untuk menonton siaran tv digital masyarakat perlu perangkat bernama Set Top Box (STB) TV Digital.


Alat tersebut bisa membantu tv analog terima sinyal digital. Ingat ya, yang dibeli cuma set top box tv digital, bukan set top box Android TV.


Keduanya berbeda karena yang STB TV digital bisa menonton siaran gratis tanpa bayar bulanan dan tanpa internet. Sementara STB Android TV ada yang harus bayar bulanan dan perlu koneksi internet.

Baca juga: Beda SmartTV dan Android TV Agar Tidak Salah Pilih


Perbedaan Set Top Box TV Digital dan Set Top Box TV Android


Perbedaan Set Top Box TV Digital dan Set Top Box TV Android
Perbedaan Set Top Box TV Digital dan Set Top Box TV Android



Menurut Kominfo, siaran TV Digital tidak perlu internet atau berlangganan seperti TV kabel. TV Digital gratis seperti menonton TV analog.


Walau demikian, untuk menangkap sinyal TV digital diperlukan Set Top Box TV digital.

Baca juga: Cara Mengetahui Televisi Sudah Mendukung Siaran TV Digital atau Belum


Harga Set Top Box TV Digital


Harga Set Top Box TV Digital di Tokopedia
Harga Set Top Box TV Digital di Tokopedia



Anda bisa beli Set Top Box TV Digital di marketplace seharga Rp 150.000 - Rp 300.000.


Lihat di marketplace Tokopedia.


Nanti untuk warga miskin akan dibantu Kominfo dan penyelenggara multipleksing dengan cara membagikan 6,7 juta Set Top Box TV Digital gratis ke beberapa wilayah Indonesia.


Kesimpulan


Demikian penjelasan ganti TV digital tidak perlu ganti antena baru. Yang diperlukan adalah Set Top Box TV digital.


Siaran TV digital ini meluncur tanggal 30 April 2022. Sehingga otomatis TV Analog tidak bisa tayang lagi.


Pergantian TV analog ke Digital dilakukan dalam tiga tahap di beberapa wilayah di Indonesia. Sehingga butuh waktu pergantian sampai akhir tahun 2022.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment