Beda smarttv dan android tv


Teknolagi.net - Banyak yang penasaran, apa beda smartTV dan Android TV. Sekilas keduanya tampak sama. Namun, bila Anda pergi ke toko TV, Anda bisa mint penjelasan ke mbaknya.


Daripada menunggu lama, silakan menyimak penjelasan dari kami tentang perbedaan smart tv dan android tv. Kami akan menjelaskan secara sederhana dan singkat sehingga kalian bisa memahaminya dengan mudah.


1. Smart TV


Tahukah Anda, Smart TV merupakan televisi yang bisa dipakai untuk mengakses internet. Smart TV bisa terhubung ke internet.


Smart TV sudah memiliki aplikasi bawaan yang penting untuk pengguna. Namun, aplikasi ini sangat terbatas dan tidak bisa diperbarui.


Contoh aplikasi di smart TV adalah YouTube dan Netflix. Walau ada Google Play Store, tapi aplikasi yang disediakan memang terbatas.

Baca juga: 15 Tips Menambah Subscriber YouTube dengan Cepat


Remote smart TV sendiri sebagian masih manual, artinya belum ada mikrofonnya. Jadi, Anda harus mengetik manual bila ingin menulis judul video di YouTube.


Kalau remote TV sudah ada perintah suara seperti Google Assistant, Anda tinggal bicara, maka judulnya bisa muncul. Hal seperti ini bisa Anda dapatkan di sebagian besar Android TV.


2. Android TV


Cuma beda sedikit, kalau Android TV aplikasinya mirip sekali dengan Google Play Store. Anda bisa menginstal aplikasi apapun layaknya di smartphone. 


Bahkan, Anda juga bisa menginstal game dan bermain game di Android TV. Menariknya lagi, sebagian besar Android TV sudah tersedia mikrofon di remote agar bisa melakukan perintah suara di Google Assistant.


Tentu ini sangat memudahkan karena kalau ngetik dari remote tv memang lama sekali dan ribet.


Jadi Pilih Smart TV atau Android TV?


Saran kami, Anda bisa pilih Android TV untuk kemudahan dan fitur yang lebih banyak. Namun, penggunaan televisi Anda cuma buat menikmati hiburan di YouTube, maka smarttv saja sudah cukup.


Memang harga smart tv lebih murah dari Android TV. Jadi, tergantung dari bugdet kalian juga. 


Sesuaikan kebutuhan dan budget yang tersedia, serta ukuran layar TV. Kalau ruangannya kecil, tidak perlu pakai tv digital layar besar.


Anda bisa menghemat banyak uang bila pintar memilih televisi. Namun, bila Anda tergoda dengan merek atau fitur lain yang mungkin tidak Anda gunakan, bisa jadi pengeluaran Anda lebih besar.


Kesimpulan


Akhir kata, pilihan kami jatuh pada Android TV karena fiturnya lebih memanjakan konsumen. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan banyak juga yang memilih smart tv.


Alasannya karena sebagian orang memang beli televisi untuk melihat acara tv atau YouTube saja. Selain itu, mungkin ada juga yang lihat film drama korea saja di Netflix.

Baca juga: Cara Nonton Film Netflix dan Drama Korea Gratis di Telegram


Tentu saja, kalau Netflix di smart TV juga ada. Bahkan, di remote sudah ada tombol khusus untuk Netflix dan YouTube. Jadi pada intinya, semua tergantung dari kebutuhan kalian.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment