Cara Duplikat Aplikasi Android di Samsung


Teknolagi.net - Samsung memiliki fitur keamanan keren yang dibangun ke dalam One UI, yang memungkinkan Anda memiliki dua salinan terpisah dari aplikasi Android apa pun di ponsel Galaxy Anda. Sehingga cara duplikat aplikasi Android akan menjadi lebih mudah.


Beberapa aplikasi seluler memiliki peralihan akun bawaan sehingga Anda dapat menggunakan dua atau lebih akun terpisah di satu tempat. 


Contohnya Amazon, Gmail , Google Play, Instagram, Messenger, Reddit , Snapchat, TikTok, Twitter, dan YouTube. Tapi bagaimana dengan aplikasi Android yang tidak menyediakan peralihan akun?

Baca juga: Cara Menggunakan 1 Akun WhatsApp di 2 Smartphone Sekaligus


Jika Anda memiliki dua atau tiga akun Facebook, Anda dapat beralih di antara akun tersebut dengan mudah di komputer, tetapi tidak di aplikasi seluler. 


Untuk mengganti akun Facebook di ponsel Anda, Anda harus menduplikat aplikasi Facebook. Hal yang sama berlaku untuk Skype, Tinder, WhatsApp, Zoom, dan aplikasi lain di mana Anda ingin dua akun berjalan secara bersamaan.


Samsung memiliki dua cara mudah untuk mengkloning aplikasi di perangkat Galaxy Anda, tetapi metode mana yang harus Anda gunakan bergantung pada aplikasi mana yang ingin Anda duplikat.


Cara Duplikasi Aplikasi Android di Samsung


1. Dual Messenger


Dual Messenger adalah fitur eksklusif untuk model Galaxy dual-SIM yang memungkinkan Anda mengkloning aplikasi sosial tertentu untuk menggunakan dua akun berbeda secara bersamaan. Ini adalah pilihan yang bagus jika Anda memiliki akun terpisah untuk kantor, sekolah, keluarga, dan persona publik Anda. 


Dan ini sempurna untuk aplikasi yang memerlukan nomor telepon di perangkat untuk dijalankan, seperti WhatsApp, karena perangkat dual-SIM dapat memiliki dua nomor.

Baca juga: 10 Jenis Konten Media Sosial Terbaik untuk Pemilik Usaha dan Bisnis


Aplikasi yang mendukung Dual Messenger


  • Facebook
  • KakaoTalk
  • LINE
  • Messenger
  • Skype
  • Snapchat
  • Telegram
  • Viber
  • WeChat
  • WhatsApp


Untuk mengkloning salah satu aplikasi yang tercantum di atas, pastikan itu diinstal pada perangkat Anda terlebih dahulu. Kemudian, buka aplikasi Pengaturan dan buka Fitur lanjutan -> Dual Messenger. 

Cara Duplikasi Aplikasi Android



Daftar semua aplikasi yang dapat dikloning akan muncul; Ketuk aplikasi yang ingin Anda salin.


Selanjutnya, tekan "Instal" pada prompt konfirmasi. Jika Anda belum pernah menggunakan Dual Messenger sebelumnya, Anda harus membaca dan menyetujui penafian; ketuk "Konfirmasi." 


Jika ini adalah aplikasi pertama yang Anda salin, aplikasi tersebut akan menanyakan apakah Anda ingin menggunakan daftar kontak terpisah untuk aplikasi yang disalin.


Jika Anda tidak keberatan berbagi daftar kontak antar aplikasi, Anda dapat membiarkan tombol mati. Namun, jika salinan aplikasi Anda hanya untuk kantor atau sekolah, Anda mungkin ingin mengaktifkan sakelar dan memilih hanya kontak kantor atau sekolah.


Ingatlah bahwa pengaturan kontak Anda berlaku untuk semua aplikasi Dual Messenger, jadi setiap kontak yang Anda pisahkan untuk aplikasi yang disalin akan berlaku untuk semua aplikasi yang disalin. 


Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur di bagian bawah layar pengaturan Dual Messenger, serta mengubah kontak untuk klon Dual Messenger.


Untuk mengkloning lebih banyak aplikasi, ketuk namanya dari pengaturan Dual Messenger, dan pilih "Instal" pada prompt. Anda seharusnya tidak melihat opsi penafian atau kontak lagi.


Anda dapat menemukan klon aplikasi baru di layar Aplikasi, dan Anda dapat memindahkannya ke layar Utama sama seperti aplikasi lainnya. Aplikasi yang dikloning akan memiliki ikon Messenger Ganda dua lingkaran untuk membedakannya dari aslinya.

Fitur Dual Messenger Untuk Duplikasi Aplikasi



Jika Anda ingin menghapus klon, Anda dapat menghapusnya seperti aplikasi lainnya. Misalnya, Anda dapat menekan lama ikon pada Aplikasi atau layar Utama dan menekan "Copot pemasangan". Anda juga dapat mengetuk nama aplikasi di pengaturan Dual Messenger dan tekan "Copot pemasangan."


2. Secure Folder


Jika Anda tidak ingin mengkloning salah satu aplikasi sosial/obrolan yang terlihat di atas, Anda dapat menggunakan fitur Galaxy bawaan lain yang disebut Secure Folder . 


Ini adalah lingkungan kotak pasir yang terletak di dalam folder di layar Aplikasi Anda, dan Anda dapat menginstal salinan aplikasi apa pun di ponsel Anda di dalamnya. Ini juga berguna untuk menyembunyikan aplikasi di balik gembok dan kunci.


Secure Folder menggunakan platform keamanan Knox tingkat pertahanan Samsung untuk melindungi folder yang terisolasi, jadi Anda harus mengatur pola, PIN, atau kode sandi untuk membukanya. 


Anda juga dapat memilih untuk membuka kunci Secure Folder dengan biometrik seperti sidik jari dan kunci iris.


Dengan Secure Folder diaktifkan di perangkat Galaxy Anda, Anda dapat menginstal salinan aplikasi di dalam brankas. Ketuk tombol plus (+) di folder, pilih aplikasi yang ingin Anda tiru, dan tekan "Tambah."


Meskipun lebih cepat untuk memilih aplikasi dari daftar dan "Tambah" mereka, Anda juga dapat menginstal klon dari Play Store atau Galaxy Store. Ketuk salah satu opsi dari layar "Tambahkan aplikasi", lalu instal aplikasi yang Anda inginkan.


Cara ini lebih berguna jika Anda akan menginstal aplikasi di Secure Folder Anda saja tanpa salinan lain di luar folder. Jika Anda membutuhkan klon, Anda dapat menginstal aplikasi yang sama dari Play Store atau Galaxy Store di luar lingkungan kotak pasir.


Aplikasi kloning dalam Secure Folder akan ditandai dengan ikon Secure Folder di pengalih aplikasi untuk membedakannya dari salinan lainnya.


Secure Folder tersedia di ponsel berikut, dan berfungsi dengan sebagian besar ponsel Samsung yang menjalankan Android N (7.0) atau yang lebih baru. Jika Anda tidak melihat Secure Folder di perangkat, Anda dapat menginstalnya dari Play Store atau Galaxy Store .


Kesimpulan


Demikian cara duplikat aplikasi Android di smartphone Samsung. Tujuan duplikasi aplikasi ini tentunya untuk mempermudah Anda yang ingin menggunakan media sosial dalam beberapa akun.


Anda juga bisa membedakan mana aplikasi untuk pekerjaan di kantor dan aplikasi pribadi. Sehingga keduanya tidak akan bercampur.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih. 

Post a Comment