Cara Agar Orang Tak Bisa WA Tanpa Blokir


Teknolagi.net - Tak ingin menerima pesan di Whatsapp dari seseorang? Blokir saja kontak orang tersebut. Namun, nanti kalau ketemu jadi tidak enak. Lebih baik ikuti cara agar orang tak bisa kirim WA ke kita tanpa blokir. 


Ya, jika Anda tidak mau menerima chat dari pengguna lagi, cukup menggunakan fitur arsip. Dalam fitur arsip, pengguna bisa membuat chat kontak dalam keadaan diarsipkan dan mute. Fitur ini bersifat opsional jadi dapat diatur sesuai dengan keinginan.


Fitur ini sendiri telah melakukan uji coba pada April 2019 lalu. Dengan cara ini, pengguna bisa membuat chat kontak untuk tetap dalam keadaan diarsipkan dan mute.


"Arsip di WhatsApp memungkinkan mengatur pesan pribadi dan memprioritaskan chat penting. Arsip Chat akan tetap diarsipkan dan mute namun Anda tetap bisa mengubahnya kembali," tulis WhatsApp dalam akun Twitternya.

Baca juga: Agar Chat WhatsApp Tak Hilang Saat Ganti HP Baru


Fitur tersebut membuat chat kontak pengguna lain bisa dibisukan saat ada pesan baru yang masuk. Semua obrolan akan diarsipkan dan tetap tersimpan secara permanen.


Secara default, fitur akan memisahkan chat meskipun ada pesan baru yang masuk. Saat chat masuk maka tidak akan ada notifikasi apapun, kecuali jika nama kamu di-mention dan pesan dibalas.


Kemampuan baru ini berbeda dengan sebelumnya. Utas chat individu dan grup diarsipkan akan batal saat ada pesan baru masuk ke akun kita.


Dalam blog resminya, WhatsApp menjelaskan fitur itu bertujuan untuk pengguna punya lebih banyak kontrol atas kotak masuk. Selain itu pesan tetap ada di atas chat terpenting pengguna.


Untuk menonaktifkan fitur ini, pengguna bisa menuju ke opsi Keep Chat Archieved dalam menu Chats.

Baca juga: 3 Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus


Cara Agar Orang Tak Bisa Kirim WA Tanpa Blokir


  1. Pilih dan tahan chat kontak WA yang ingin diarsipkan.
  2. Satu kontak atau lebih juga bisa dipilih sekaligus.
  3. Kemudian tekan ikon kotak keranjang dengan tanda panah ke bawah.
  4. Pesan chat tersebut otomatis akan diarsipkan.
  5. Posisi chat tadi akan diletakkan di bagian paling atas daftar chat terbaru.
  6. Nanti bila ada chat masuk dari kontak yang bersangkutan, Anda tidak akan menerima notifikasi apapun, kecuali Anda dimention pakai @.
  7. Jadi, seolah chat dari orang tersebut memang belum kita buka.
  8. Padahal kita memang ingin mengabaikan chat dari dia.


Cara Mengembalikan Kontak Chat yang Sudah Diarsipkan


  1. Anda tinggal menekan ikon tiga titik di pojok kanan atas.
  2. Pilih Settings > Chats.
  3. Di menu Archieved chats, tekan tombolnya agar mati.
  4. Dengan begitu, chat yang berada diarsip akan keluar lagi ke daftar chat masuk.


Kesimpulan


Demikian beberapa cara agar orang tidak bisa WA kita tanpa blokir. Fitur ini menarik karena Anda tidak perlu memblokirnya tapi Anda bisa mengabaikannya.


Jadi, hampir sama seperti blokir. Bedanya fitur arsip ini membuat Anda seolah-olah belum membuka pesan dari orang tersebut. Namun, pada kenyataannya Anda memang tidak ingin membuka pesan tersebut.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment