Tari Reog Ponorogo Mau Diklaim Jadi Reog Malaysia


Teknolagi.net - Wah bahaya, karena lagi-lagi Malaysia akan mencuri salah satu budaya kesenian Indonesia, yaitu Reog Ponorogo. Warga Twitter langsung menyerukan tagar #savereogponorogo.


Sejumlah warga di Ponorogo juga menggelar Orasi Reog Ponorogo milik Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 09 April 2022 di Paseban Alun-alun Ponorogo.


Reog Ponorogo Kesenian di Jawa Timur


Salah satu kesenian yang identik dengan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, adalah Reog Ponorogo. Sendratari tersebut bahkan masuk dalam nominasi tunggal untuk diusulkan sebagai warisan budaya tak benda atau Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO 2023. 


Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, penyebutan nominasi tunggal untuk reog lantaran kesenian ini hanya ada di satu wilayah saja, yakni Kabupaten Ponorogo. 


“Karena hanya ada di Ponorogo. Kalau ada reog tampil di Palu (Sulawesi Tengah) tetap disebut Reog Ponorogo, bukan Reog Palu,” katanya, seperti yang disadur dari Kompas.com (10/4/2022). 


Namun, upaya “mematenkan” Reog Ponorogo sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO ternyata tak hanya datang dari Indonesia. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, langkah yang sama juga tengah dilakukan oleh pemerintah Malaysia.

Baca juga: Cara Daftar Mudik Gratis 2022 Kemenhub


Nanti kemungkinan namanya menjadi Reog Malaysia


“Untuk reog, Negara Malaysia rencananya mau ajukan juga, maka dari itu kita harus lebih dulu. Karena ini kan sudah menjadi budaya dan warisan kita,” ujar Muhadjir dalam keterangan tertulis, Senin (4/4/2022). Sebagai informasi, sendratari reog di Malaysia, tepatnya di Johor dan Selangor dikenal dengan nama Tari Barongan. 


Dilansir dari laman Universitas Krisnadwipayana, barongan dibawa ke Malaysia sekitar tahun 1722 oleh warga Pulau Jawa terutama yang berasal dari Ponorogo ketika sedang merantau di sana sebelum wujudnya negara Indonesia. 


Mengenal Lebih Dekat Tari Reog Ponorogo

Tari Reog Ponorogo (Indonesiabatik.id)
Tari Reog Ponorogo (Indonesiabatik.id)



Penampilan Reog Ponorogo diawali dengan tiga tarian pembukaan berturut-turut oleh pemeran Warok, Jathil, dan Bujang Ganong dengan penampilan Sewandono sebagai adegan inti.


Barongan tampil sebagai sajian penutup Tari Reog Ponorogo. Penarinya mengenakan Caplokan (Kepala Singa) dihiasi Dadak Merak.


Tari Reog Ponorogo dikenal luas dan sering tampil di berbagai negara seperti Rusia, Azerbajian, Libanon, Korea Selatan, Amerika, Jerman, Australia, Filipina, dan Singapura.


Tari Reog Ponorogo menceritakan tentang perang antara Kerajaan Kediri dengan Ponorogo akibat Singabarong (Raja Kediri) tidak merestui putrinya Dewi Ragil Kuning untuk dilamar Klono Sewandono (Raja Ponorogo).



Kesimpulan


Demikian berita viral #savereogponorogo yang menjadi trending di Twitter. Masyarakat Ponorogo dan warga Indonesia berjuang agar Reog Ponorogo tidak diklaim oleh Malaysia.


Perlu Anda ketahui bahwa negara tersebut memang "nakal" dan sering mengklaim budaya Indonesia. Semoga untuk Reog Ponorogo ini nanti tidak sampai jatuh ke tangan Malaysia.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment