Smartphone Pertama dengan Chipset Snapdragon 8 Gen 1


Teknolagi.net - Pembuat chip Qualcomm secara resmi mengumumkan chipset andalan terbarunya, Snapdragon 8 Gen 1 pada Snapdragon Tech Summit 2021 yang diadakan pada Selasa (30 November 2021). Sekarang telah dipastikan chipset tersebut  dipasang di seri ponsel flagship terbaru dari Xiaomi,  penerus seri Mi 11 yaitu seri Xiaomi 12. 


Smartphone Android Pertama dengan Chipset Snapdragon 8 Gen 1


Ponsel ini juga diklaim oleh Xiaomi sebagai ponsel Android pertama yang dirilis dengan chip terbaru Qualcomm. Hal ini disampaikan CEO Xiaomi Lei Jun di sela acara peluncuran chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Video pernyataan Lei Jun  juga diposting di kanal YouTube resmi Xiaomi. 



“Setelah bekerja  dengan Qualcomm selama berbulan-bulan, kami mengumumkan bahwa seri Xiaomi 12 akan menjadi ponsel pertama yang dilengkapi dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1,” kata Lei Jun dalam video tersebut. 

Baca juga:


Namun, Xiaomi tidak menunjukkan seperti apa tampilan Xiaomi 12, fitur-fiturnya, dan kapan ponsel pertama Snapdragon 8 Gen 1 akan diluncurkan. 


Namun, Jun mengatakan bahwa Xiaomi akan meluncurkan seri Mi 12  dalam waktu dekat, untuk memberikan pengalaman baru saat menggunakan smartphone  Xiaomi. 


Kelebihan Snapdragon 8 Gen 1


Sementara fitur dari seri Xiaomi 12  masih menjadi misteri, tapi kemampuan dari Snapdragon 8 Gen 1 sendiri telah dirinci oleh Qualcomm. 


Komponen system on chip (SoC) diproduksi menggunakan teknologi manufaktur 4nm. Di dalamnya ada arsitektur Kryo octa-core 64-bit dengan clock speed hingga 3,0 GHz. 


Untuk konektivitas 5G, SoC tersebut juga dilengkapi dengan chip modem Snapdragon X65 5G yang diklaim mampu menghasilkan kecepatan unduh  hingga 10Gbps. 


Dari perspektif foto dan video, SoC ini juga dilengkapi dengan Spectra Image Processing Chip (ISP) 18-bit baru, yang diklaim 4000x lebih baik dalam pengambilan warna, ketajaman, dan jangkauan dinamis dibandingkan sistem generasi sebelumnya. 


Ada juga fitur Snapdragon Sight yang memungkinkan ponsel untuk mengambil foto atau merekam video hingga 3,2 gigapiksel per detik, serta dukungan untuk perekaman video HDR 8K dan  perekaman video HDR10+. 


Kembali  ke ponsel yang menggunakan chip Snapdragon 8 generasi ke-1 sebelumnya, selain Xiaomi, chipset ini akan mentenagai berbagai ponsel kelas atas dari sejumlah vendor ponsel populer. Beberapa di antaranya seperti Samsung, Oppo, Realme, OnePlus dan lainnya.


Kesimpulan


Demikian smartphone pertama dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1. Smartphone tersebut tentunya datang dari keluarga Xiaomi.


Apakah smartphone yang lain tidak memakainya? Tentu saja nanti mereka menyusul, tapi pertama mendapat kehormatan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 adalah Xiaomi 12 series.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment