Video TikTok Auto Captions Subtitles (tiktoknewsroom)


Teknolagi.net
- YouTube memiliki fitur teks tertutup atau Closed Caption (CC) yang memungkinkan Anda untuk menampilkan teks tertutup pada video Anda. Sekarang TikTok memiliki fungsi serupa juga. 


Namanya Auto Captions, fitur ini memungkinkan pembuat konten TiKTok menyertakan teks yang dibuat secara otomatis oleh aplikasi. 


Menurut TikTok dalam keterangannya, fitur ini bertujuan untuk memudahkan banyak orang mengakses berbagai konten di platform tersebut, terutama masyarakat yang mengalami gangguan pendengaran.


Nantinya, fitur ini tersedia melalui icon "Caption" yang akan muncul di halaman edit sebelum mengupload video TikTok. Saat diklik, kata-kata yang diucapkan oleh pembuat konten akan otomatis ditulis ulang oleh aplikasi. 

Baca juga: 15 Cara Mengatasi Shadowban TikTok dan Penyebabnya


Setelah itu pembuatnya dapat melihat dan mengedit subtitle yang telah dibuat agar teks tersebut tidak bingung. Setelah diunggah, video dengan subtitle yang ditampilkan di bagian bawah akan terlihat oleh pengguna TikTok lain secara default.


Setelah diunggah, video dengan subtitle yang ditampilkan di bagian bawah akan terlihat oleh pengguna TikTok lain secara default. Jika ini mengganggu, pengguna yang melihatnya dapat menghapus teks tersebut dengan mengklik tombol "Share" dan "Captions". 


Auto Subtitles saat ini hanya mendukung video audio berbahasa Inggris dan Jepang, seperti dirangkum KompasTekno dari TikTokNewsroom, Rabu (4/7/2021). TikTok berjanji bahwa dukungan bahasa lain akan datang "dalam beberapa bulan mendatang."

Baca juga: Cara Menghapus Watermark di Video Tik Tok Tanpa Aplikasi Tambahan


Sebelum fitur Auto Subtitles, TikTok mencoba menampilkan berbagai fitur aksesibilitas untuk memudahkan pengguna yang berbeda mengakses konten yang berbeda di platform media sosial berbasis video pendek. 


Antara lain seperti memposting peringatan dalam video TikTok jika konten tersebut dianggap tidak aman, dan fitur fotosensitifitas yang digunakan untuk melompati (melewatkan) video yang tidak aman bagi penderita epilepsi. 


Ada juga fitur text-to-speech yang bisa digunakan pengguna untuk mengubah suaranya menjadi teks, serta thumbnail animasi yang dihadirkan untuk memudahkan pengguna melihat video sebelum benar-benar membukanya.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment