Instagram Reels (techcrunch.com)

Anda pasti sudah tak asing dengan media sosial TikTok. Dulu TikTok dianggap media sosial untuk anak-anak alay, tapi sekarang hampir semua orang menggunakannya. Tak heran, TikTok menjadi salah satu media sosial terpopuler di Indonesia. Mengetahui hal tersebut, Instagram mencoba bersaing dengan meluncurkan fitur terbaru, yaitu Reels.

Apa Itu Instagram Reels?


Bagi yang belum tahu, Instagram Reels adalah fitur perekaman video pendek yang mirip TikTok. Pengguna bisa merekam sekaligus mengedit video pendek berdurasi 15 detik. Reels bukan aplikasi yang berdiri sendiri, tetapi fitur baru di Instagram Camera.

Jadi, pengguna dapat membuat video pendek Reels kemudian ditambahi musik, efek, pengaturan kecepatan video, langsung dari fitur Instagram.

Nah, menariknya Instagram Reels dapat dibagikan ke teman-teman yang lain melalui fitur Instagram Stories, Feeds, dan Direct Message. 

Kalau Reels dibagikan di Stories, maka video tersebut akan hilang dalam waktu 24 jam. Bila video diposting di Feeds, maka video Reels akan muncul di halaman profil pengguna.

Video Instagram Reels juga bisa diatur privasinya, mulai dari publik hingga private. Anda yang tidak suka video Reels dilihat orang lain, berarti tinggal diatur saja ke fitur private.

Aneka konten Reels bisa dilihat dengan cara menggulirkan layar ke atas atau scroll up. Fitur ini mirip For Your Page di TikTok. 

Instagram Reels Berbeda dengan TikTok


Walau kesannya seperti meniru TikTok, tapi Instagram Reels diklaim berbeda dari aplikasi TikTok karya ByteDance.

"Menurut saya, TikTok layak dihargai karena telah memopulerkan format video pendek. Tetapi, pada akhirnya, tidak ada dua produk yang sama persis, begitu juga produk kami (berbeda)," kata Product Director Instagram Robby Stein, seperti yang dikutip dari dari TheVerge.com (6/8/2020).

Baca juga:

Fitur Instagram Reels Belum Hadir di Indonesia


Saat ini Instagram Reels sudah diluncurkan bertahap di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Australia, India, dan negara lainnya.

Namun, Indonesia masih belum dapat mencoba fitur Reels. Sepertinya dalam waktu dekat Reels segera diluncurkan di Indonesia. 

Post a Comment