Cara Mencari Ponsel Samsung Galaxy Hilang secara Offline (checkersaga.com)


Kasus ponsel hilang semakin banyak terjadi di seluruh dunia. Biasanya pengguna mencari ponsel hilang dengan bantuan polisi. Kalau Samsung bisa mengandalkan fitur Find My Mobile. Fitur ini diklaim bisa menemukan area ponsel yang hilang, sehingga pengguna dapat mencari area tersebut.


Menariknya, fitur Find My Mobile sekarang sudah diperbarui dan bisa mencari smartphone Samsung Galaxy yang hilang tanpa terhubung internet seluler atau WiFi (offline). Hal ini disampaikan oleh Max Weinbach dari XDA Developers. Dia melihat fitur offline finding pada hari Sabtu kemarin.

Fitur Offline Finding untuk Menemukan Ponsel Hilang Tanpa Internet (twitter.com)
Fitur Offline Finding untuk Menemukan Ponsel Hilang Tanpa Internet (twitter.com)



Cara Kerja Fitur Offline Finding Phone


Kalau ponsel yang hilang offline, bagaimana cara mencarinya? Dalam benak kalian mungkin hal tersebut sangat janggal dan sulit, tetapi bagi perusahaan raksasa teknologi seperti Samsung, menemukan ponsel hilang secara offline terbilang mudah dan mungkin untuk dilakukan.


Jadi, fitur Offline Finding memanfaatkan jaringan perangkat Samsung Galaxy di sekitar atau yang paling dekat. Ini mungkin akan terlihat seperti fitur Tile Trackers saat mereka berada di luar jangkauan Bluetooth. 


Kalau ponsel Anda tidak dapat ditemukan oleh jaringan Wi-Fi dan koneksi data internet seluler, maka smartphone Samsung Galaxy terdekat kemungkinan bisa menemukannya.


Hebatnya lagi, apabila Anda mengaktifkan fitur pencarian offline, ponsel Anda juga bisa memindai perangkat lain. Artinya secara tidak langsung Anda dapat membantu orang lain menemukan ponsel mereka yang hilang jika Anda berada dalam jangkauan. Ini seperti fitur saat Anda menemukan jam tangan dan earbud.

Baca juga:

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Note 20 di Indonesia
5 Smartphone RAM 8 GB Terbaik dan Spesifikasinya
Penampakan Galaxy Buds Live dan Bocoran Harganya


Fitur Offline Finding Harus Diaktifkan Dulu


Oh iya fitur Offline Finding tidak diaktifkan secara default. Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkannya di pengaturan. Apabila Anda takut atau mengkhawatirkan privasi Anda, sebaiknya dinonaktifkan saja fitur tersebut. 


Samsung sepertinya mengirimkan push notification kepada pemilik Galaxy atas pembaruan Find My Mobile terbaru. Anda dapat membuka pemberitahuan itu untuk membuka halaman "offline finding" di pengaturan, di mana Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan fitur.


Menurut XDA-Developers.com, fitur ini muncul dan hanya tersedia di U.S. dan Korea Selatan. Untuk ketersediaan fitur di negara lain, mungkin akan menyusul.

Post a Comment