Qualcomm Quick Charge 5 Fast Charging (qualcomm.com)

Kapasitas baterai smartphone semakin lama bertambah besar. Dibutuhkan charger fast charging agar baterai sebesar itu bisa terisi penuh dengan cepat. Nah, kebetulan Qualcomm baru saja memperkenalkan Quick Charge 5. Charger super cepat ini diklaim bisa mengisi daya baterai 50 persen selama 5 menit.

Lebih mencengangkan lagi, katanya Qualcomm Quick Charge 5 bisa mengisi baterai 4.500 mAh sampai penuh selama 15 menit. Namun, perlu diketahui bahwa 4.500 mAh, maksudnya dua baterai dengan kapasitas masing-masing 2.250 mAh.

Sehingga bila baterai di smartphone cuma satu, tentu saja kecepatan pengisian dayanya akan berbeda. Meski begitu, tetap saja Qualcomm Quick Charge sangat cepat.

Qualcomm Quick Charge 5 (venturebeat.com)
Qualcomm Quick Charge 5 (venturebeat.com)


Spesifikasi Qualcomm Quick Charger 5


Charger dari Qualcomm ini dibangun dengan teknologi USB Power Delivery PPS dan pengisian daya 100 Watt +. Qualcomm juga sudah memastikan bahwa perangkat ini lebih aman dari standar Power Delivery biasa. 

Qualcomm Quick 5 menggunakan 8 tingkatan proteksi tegangan, 3 tingkatan arus listrik, 3 tingkat proteksi suhu, serta tegangan berlebih.

Tenang saja, smartphone yang diisi daya dengan Quick Charge 5 tidak akan panas. Justru sebaliknya, suhu smartphone bisa lebih dingin sampai 10 derajat Celcius.


Kapan Qualcomm Quick Charge 5 Diluncurkan?


Saat ini memang masih dalam tahap perkenalan saja. Diperkirakan Qualcomm Quick Charge 5 dirilis resmi pada kuartal ketiga tahun 2020. Nantinya, smartphone yang mendukung pengisian daya ini pastinya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 865 dan 865 plus.

Post a Comment