Cara Membersihkan Keyboard Laptop Kotor dari Virus dan Bakteri (apartmenttherapy.com)

Tahukah Anda keyboard laptop 20.000 kali lebih kotor dari dudukan toilet. Hal ini diperkuat dengan penelitian Swinburne University of Technology di Australia tentang jumlah dan jenis bakteri di keyboard komputer. 

Hasil dari penelitian tersebut keyboard laptop bisa digunakan sebagai rumah bakteri dalam jumlah besar. Lantas, bagaimana cara membuat keyboard laptop selalu bersih?

Di sini bersih bukan hanya terlihat dari luar saja. Mata manusia tidak bisa melihat virus dan bakteri. Sehingga saat keyboard laptop terlihat bersih, sebenarnya virus dan bakteri masih sangat banyak. Solusinya Anda dapat membersihkan keyboard laptop atau komputer dengan cairan desinfektan.

1. Matikan Laptop dan Cabut Charger


Sebelum membersihkan keyboard, Anda harus memastikan laptop dalam keadaan mati. Agar aman, cabut saja steker dari stopkontak. Selain itu, laptop harus dalam keadaan shutdown. 

Kalau Anda cuma mematikan layar laptop dalam mode sleep, maka laptop sebenarnya masih menyala. Jadi matikan laptop dengan mode shutdown.

2. Balik Laptop dan Bersihkan Keyboard


Setelah mati, balik laptop atau hadapkan keyboard ke bawah. Goyangkan laptop secara perlahan dan sapu bersih setiap tombol dengan kuas halus. Bersihkan keyboard secara perlahan agar tidak terjadi goresan atau kerusakan.

3. Pakai Cairan Desinfektan


Agar keyboard laptop bersih dari virus dan bakteri, Anda bisa menggunakan cairan desinfektan yang mengandung 70 persen isopropil alkohol. Anda juga bisa membersihkan laptop dengan produk kebersihan khusus laptop berbentuk foam. Biasanya produk ini dijual di toko-toko penjual laptop atau elektronik.

4. Semua Bagian Laptop Dibersihkan


Anda dapat membersihkan seluruh bagian laptop, seperti keyboard, layar, sasis, hingga touchpad. Gunakan kain microfiber yang lembut agar laptop terbebas dari debu, kuman, noda minyak, dan sidik jari. Sela-sela tombol keyboard dapat dibersihkan dengan kuas atau vacuum cleaner kecil. 

5. Laptop Dikeringkan Sebelum Dinyalakan


Sebelum menyalakan laptop, Anda harus mengeringkan seluruh bagian yang masih basah. Pastikan seluruh bagian laptop dalam keadaan kering agar tidak terjadi konsleting listrik. Sambil menunggu kering, Anda bisa membersihkan meja kerja, mouse, mouse pad, smartphone, dan lain-lain.

Baca juga:

Kesimpulan


Demikian cara membersihkan keyboard laptop kotor dari virus dan bakteri. Ingat, saat ini sedang pandemi virus Corona. Artinya, kita harus lebih waspada dengan lingkungan sekitar. Anda disarankan lebih banyak cuci tangan pakai sabun, memakai masker, jaga jarak, dan tidak bersentuhan dengan orang lain atau fasilitas umum.

Setelah protokol kesehatan dalam mengatisipasi virus Corona dijalankan, Anda bisa membersihkan laptop sampai kotoran di keyboard. Kemudian dilanjutkan pembersihan pada gadget dan alat elektronik yang lain.

Post a Comment