Kamera Terbaik Samsung Galaxy S20 (cnet.com)

Saat ini keluarga Samsung Galaxy S20 adalah yang pertama diluncurkan dengan fitur perekaman video 8K. Itu artinya merekam video pada resolusi 7.680 x 4.320 piksel sama dengan 33MB per frame. 

Resolusi bukanlah segalanya, dan videografer serta YouTuber membutuhkan lebih dari jumlah piksel yang tinggi untuk membuat video terbaik. Apakah Samsung Galaxy S20 menawarkan sesuatu melebihi 8K?

Tahukah Anda, 8K adalah hal besar yang akan datang di perangkat televisi. Consumer Electronics Show baru-baru ini menyaksikan pengumuman serentetan perangkat 8K.

Baca juga: Perbandingan Samsung Galaxy S20 Ultra, Xiaomi Mi 10 Pro, iPhone 11 Pro Max

Kecanggihan smartphone ini berkat chipset Qualcomm Snapdragon 865. Ini adalah gelombang flagships baru dengan dukungan yang mampu merekam video 8K. Samsung Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra adalah yang pertama menikmati fitur mewah video 8K.

Video 8K Selama 5 Menit Besarnya 3GB


Samsung mengatakan rekaman video 8K selama 5 menit akan menghabiskan sekitar 3GB ruang penyimpanan pada Samsung Galaxy S20. Itu berarti Anda akan mendapatkan kurang dari 40 menit rekaman pada Galaxy S20 dengan penyimpanan 128GB yang masih kosong. 

Dengan begitu, Anda pasti membutuhkan kartu microSD berkapasitas besar sampai 512GB dan kecepatan tulis yang sangat cepat. Penyimpanan adalah satu-satunya hal yang membatasi sebanyak apa video yang Anda rekam.

Batasan Merekam Video 8K


Misalnya, Samsung Galaxy S20 memotong video 8K menjadi file 4GB. Ponsel akan merekam secara terus-menerus, tetapi begitu file mencapai ukuran 4GB, file itu akan berakhir dan kemudian secara otomatis memulai yang baru. 

Anda mungkin bisa melihat lebih dari 6 menit rekaman dalam satu file 4GB. Namun,Anda harus merakit semua file sendiri.

Samsung Galaxy S20 membatasi perekaman video 8K menjadi 24 frame per detik. Ini adalah frame rate yang sama digunakan untuk film, tetapi banyak videografer dan YouTuber lebih suka 30fps atau bahkan 60fps untuk gerakan yang lebih halus.

Video 8K di Smartphone Masih Belum Sempurna


Pada akhirnya, kemampuan Samsung Galaxy S20 untuk merekam video 8K masih belum dikatakan sempurna. Fitur video mewah ini tidak berlaku untuk 8K. Sebut saja, stabilisasi video pada smartphone yang masih kurang, memori yang terbatas, dan lain-lain.

Jadi, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengedit video di perangkat, atau mentransfer file ke PC. Di perangkat, Anda dapat memotong dan memotong rekaman video 8K, serta menempelkan klip. Itu semua bisa berjalan baik.

Berbagi Video 8K di TV Samsung


Di samping itu, Samsung juga memungkinkan Anda untuk berbagi video 8K. Pemilik TV Samsung QLED 8K dapat melakukan streaming rekaman 8K langsung dari Samsung Galaxy S20 ke perangkat televisi. Kalau Anda ingin berbagi video ke perangkat lain, Anda harus downsample. 

Untungnya, itu mudah dilakukan. Anda dapat memotong dan memotong rekaman video 8K langsung di Samsung Galaxy S20. Anda harus mengubah resolusi dari 8K ke 4K, 2K, 1080p, atau 720p semudah menggunakan alat drop-down di menu bagikan.

File Asli untuk Berbagi File


Bagian terbaik dari fitur ini adalah Samsung Galaxy S20 mempertahankan resolusi asli bahkan ketika berbagi file dengan resolusi lebih rendah. Anda juga dapat mengonversinya menjadi HEVC untuk menghemat penyimpanan.

Snap Video 8K di Samsung Galaxy S20


Terakhir, adanya fitur Snap Video 8K di Samsung Galaxy S20 yang memungkinkan Anda untuk mengambil gambar diam saat merekam video. 

Fitur ini cukup umum di smartphone terbaru. Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa snapshot dari Samsung Galaxy S20 akan menjadi 33MP. Itu empat kali ukuran gambar 8MP yang Anda dapatkan dari kamera video berkemampuan 4K.

Samsung Galaxy S20 Cocok untuk YouTuber (phonearena.com)
Samsung Galaxy S20 Cocok untuk YouTuber (phonearena.com)


Saat Resolusi 8K Diturunkan ke 4K


Samsung Galaxy S20 lebih menarik ketika Anda menurunkan resolusi dari 8K ke 4K. Setelah Anda turun ke 4K Anda akan dapat menerapkan semua alat perekaman dan pemotretan canggih di ponsel. 

Fitur Kamera Terbaik Samsung Galaxy S20



  1. Pertama, ada Super Steady. Mode ini menggunakan analisis gerakan berbantuan AI dan stabilisasi anti-linting untuk membuat video bebas guncangan. Ya, Galaxy S20 adalah action cam baru Anda. 
  2. Berikutnya adalah Mode Malam, yang mengandalkan sensor lebih besar dan pemrosesan multi-gambar serta multi-ISO untuk menghasilkan video malam hari yang tajam. 
  3. Night Hyperlapse adalah cabang dari Night Mode. Ini memungkinkan orang untuk membuat video hyperlapse yang bersih dalam gelap. 
  4. Ada video Live Focus juga. Ini pada dasarnya bokeh untuk video. Samsung Galaxy S20 mengaburkan latar belakang sambil menjaga subjek Anda tetap tajam. Mode pengambilan video lanjutan Galaxy S20 tidak tersedia saat merekam video 8K.
  5. Terakhir, ada Single Take. Ini adalah mode pemotretan tunggal yang melakukan semuanya sekaligus. Tekan dan tahan tombol rana selama tiga hingga sepuluh detik untuk merekam klip video. S20 kemudian menghasilkan hingga sembilan file berbeda. 
  6. Kalau foto, ia menghadirkan momen terbaik AI, pemotretan ultra-lebar, Fokus Langsung, filter AI, dan Pangkas Pintar. 
  7. Untuk video itu memberikan file asli, maju atau mundur video, maju cepat, dan mundur cepat. Anda kemudian dapat memilih dan memilih mana yang akan disimpan.


Samsung Galaxy S20 memungkinkan orang untuk merekam video 4K pada 60fps, yang merupakan standar video terkini. Ini memberikan perpaduan video tajam dan halus yang luar biasa untuk TV HDR 4K. Dengan kata lain, ini adalah sweet spot bagi sebagian besar videografer dan YouTuber.

Audio Samsung Galaxy S20


Ini adalah misteri besar. Samsung belum membuat pengumuman atau klaim khusus sehubungan dengan kemampuan Galaxy S20 untuk menangkap audio. Setidaknya ada dua mic pada sasis perangkat, tetapi kami tidak yakin apa yang bisa mereka lakukan.

Sayangnya tidak ada jack headphone di Samsung Galaxy S20. Ini sangat tidak boleh untuk audiophile, dan mencegah ponsel bekerja dengan jenis mikrofon eksternal tertentu. 

Posisi Samsung pada audio sangat kontras dengan beberapa pesaingnya . LG dan Sony, misalnya, membuat titik untuk memasukkan fitur audio terbaru pada perangkat mereka. 

Anda dapat meyakini bahwa flagships yang akan datang (LG V60) dari kedua perusahaan ini (Xperia 2) kemungkinan akan disetujui audiophile.

Kesimpulan


Apakah Samsung Galaxy S20 smartphone yang bagus untuk fotografer dan YouTuber? Ya, tentu saja. Meskipun kemampuan untuk menangkap 8K tidak harus menjadi keputusan pembelian utama Anda. Sebab, sudah ada 4K dengan segudang fitur yang bermanfaat.

Ini tentu saja merupakan add-on yang menarik untuk mesin pembuat video terbaik. Satu-satunya kelemahan potensial adalah audio, yang kami harap dapat dipelajari lebih lanjut di minggu-minggu mendatang.

Post a Comment