Penghasilan Game PUBG Mobile (dexerto.com)

Tahukah Anda, selama ini PUBG Mobile berhasil menggaet 20 juta pemain, tepatnya pada bulan September lalu. Tak heran bila Tencent dapat meraup uang dalam jumlah besar. 

Ternyata benar, developer asal China itu mengantongi keuntungan dalam jumlah besar mulai bulan Agustus sampai November 2018 kemarin.

Baca juga: 45 Game Android Terbaik Offline dan Gratis 2018

Penghasilan PUBG Mobile


Untuk mengetahui jumlahnya, Anda bisa mengintip data dari Sensor Tower. Menurut Sensor Tower, PUBG Mobile sukses meraup revenue global sebesar US$ 32,5 juta atau jika dirupiahkan sekitar Rp 471 miliar pada bulan November 2018. 

Tentu jumlah tersebut lebih tinggi 44 persen dari bulan Oktober 2018 dan 26 persen dari bulan Agustus 2019, yang merupakan bulan terbaik PUBG Mobile sebelumnya.

Bulan Agustus lalu, game bergenre third-person shooter (TPS) ini meraih pendapatan tertinggi yaitu US$ 25,7 juta atau sekitar Rp 372 miliar.

Sensor Tower juga menyebutkan dalam blog resminya (17/12/2018), pemain PUBG Mobile dari Amerika Serikat paling loyal membelanjakan uangnya. Sumbangan pemain dari Amerika Serikat terhadap penghasilan total PUBG Mobile mencapai 22 persen. 

Selain Amerika Serikat, pemain PUBG Mobile dari Jepang menempati posisi kedua dengan jumlah hampir 20 persen porsi revenue. 

Sementara ini pemain PUBG Mobile di seluruh dunia telah menggelontorkan uangnya sebesar US$ 158 juta atau setara dengan Rp 2,3 triliun. 

Semua tahu, game PUBG Mobile sebenarnya gratis untuk dimainkan, tapi di dalamnya pemain bisa membeli aneka item seperti, baju, sepatu, topi, dan berbagai aksesoris penampilan lainnya untuk membedakan diri dari pemain lain.

Penghasilan Knives Out


Salah satu pesaing PUBG Mobile adalah Knives Out. Knives Out sepertinya berhasil mengalahkan PUBG dan Fornite versi mobile dalam hal pendapatan.

Menurut laporan Sensor Tower (penyedia data game mobile), Knives Out menghasilkan US$ 465 juta atau sekitar Rp 6,5 triliun di seluruh dunia pada tahun 2018 lalu. Pendapatan Knives Out berjarak US$ 10 juta dengan Fortnite yang menghasilkan US$ 455 Juta atau sekitar Rp 6,4 triliun.

Perbandingan Penghasilan Fornite dan PUBG Mobile 2018 (sensortower.com)
Perbandingan Penghasilan Fornite dan PUBG Mobile 2018 (sensortower.com)


Knives Out harus berterima kasih kepada pemain Jepang karena angka ini hampir seluruhnya dihasilkan dari pemain di Jepang. Ya, ternyata Knives Out sangat populer di negeri matahari terbit. Tak heran, sumber penghasilan mereka lebih banyak dihasilkan dari Jepang.

Sensor Tower menambahkan hampir 80 persen pendapatan Knives Out berasal dari Jepang, sementara pemain Amerika Serikat hanya menyumbang 1 persen. Hal ini berbanding terbalik dengan PUBG Mobile.

Baca juga: Daftar Smartphone Android yang Bisa Memainkan Game Fortnite dan Spesifikasinya

Sensor Tower juga mengatakan bahwa rata-rata pemain Jepang menghabiskan US$370 untuk Knives Out pada tahun 2018, di seluruh iOS App Store dan Google Play.

Melihat penghasilan beberapa game battle royale yang sangat tinggi, Anda saat ini lebih sering memainkan game apa?

1 Komentar

Posting Komentar