Daftar Mudik Gratis 2022 Kemenhub


Teknolagi.net -  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan segera membuka pendaftaran mudik gratis 2022 Lebaran di 14 kota tujuan.


Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan telah menyiapkan 350 unit bus untuk mengangkut penumpang. 


Pulang pergi gratis, pulang pergi Jumlah total wisatawan hingga 10.500 penumpang. 


"Pendaftaran mulai minggu depan dan targetnya hanya  Jawa Barat dan Jawa Tengah," jelas Budi saat konferensi pers, Jumat (8/4/2022).


Ia mengatakan, perekrutan pemudik gratis bertujuan untuk meminimalisir penggunaan sepeda motor untuk mengangkut pemudik. 


Dari 350  bus yang akan dikirim, 270 bus akan digunakan untuk mengangkut 8.100 penumpang pulang. 


Sementara itu, akan digunakan hingga 80 bus  untuk 2.400 penumpang dalam perjalanan pulang pergi, dan pemerintah juga akan menyediakan hingga 34 unit truk untuk mudik gratis 1.020 sepeda motor  penumpang pulang, menurut tujuan Kementerian Perhubungan.

Baca juga: 12 Aplikasi Islami di Android Terlengkap dan Bermanfaat


Daftar Mudik Gratis 2022 dengan Kota Tujuan Pilihan Kemenhub


  1. Purwokerto
  2. Kebumen
  3. Wonosobo
  4. Magelang
  5. Yogyakarta
  6. Wonosari
  7. Wonogiri
  8. Klaten
  9. Solo
  10. Boyolali
  11. Kudus
  12. Demak
  13. Semarang
  14. Tegal


Sementara itu, untuk keberangkatan arus balik disiapkan bus dari lima kota yakni Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri. 


Untuk menampung motor yang akan dibawa pemudik, Kemenhub juga telah menyiapkan sebanyak 34 unit truk yang akan diberangkatkan menuju Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri.


Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2022


  1. Akses website www.mudikhubdat2022.com
  2. Daftar langsung secara online
  3. Login dan isi data lengkap
  4. Tunggu verifikasi dan validasi dari sistem
  5. Download dan print QR e-tiket peserta mudik
  6. Calon mudik bawa QR e-tiket dan data pendukung lain seperti KTP, KK, Bukti Vaksin ke lokasi registrasi untuk dapat nomor bus
  7. Calon pemudik gratis dapat berangkat mudik sesuai dengan lokasi pemberangkatan dan tujuan nomor bus


Syarat Mudik Gratis Kemenhub 2022


1. Sudah Punya KTP dan Vaksin Booster


Pemudik wajib memiliki dokumen sah kependudukan seperti KTP dan KK, serta sudah vaksin lengkap/booster atau sama dengan syarat dan aturan perjalanan yang diatur dalam Surat Edaran (SE) Kemenhub No. 38/2022.


2. Tes Antigen atau PCR


Pemudik yang baru mendapatakan vaksin dosis kedua diwajibkan membawa hasil tes antigen maksimal 1x24 jam atau PCR maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan. 


Sementara itu, bagi yang baru mendapatkan dosis pertama, wajib membawa bukti tes PCR maksimal 3x24 jam sebelum pemberangkatan. 


Pemudik yang memiliki kondisi kesehatan khusus dapat membawa bukti hasil tes PCR 3x24 jam dan surat keterangan rumah sakit pemerintah bahwa yang bersangkutan belum /tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19 pada saat pemberangkatan. 


Untuk penumpang anak-anak, maka syaratnya wajib untuk menyerahkan dokumen Kartu Keluarga (KK).


3. Download Aplikasi PeduliLindungi 


Selama pendaftaran dan proses keberangkatan, peserta mudik gratis wajib mengunduh dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. 


Bagi calon pemudik yang tidak mempunyai smartphone, maka dapat membawa bukti kartu vaksin dosis lengkap dan booster.


Kesimpulan


Demikian cara daftar mudik gratis 2022 Kemenhub. Tujuan kota mudik gratis cuma melingkupi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sementara Jawa Timur masih belum dijangkau.


Kemungkinan untuk pemudik ke Jawa Timur harus mengeluarkan biaya sendiri. Meski begitu, mudik gratis ini bertujuan bagus agar para pemudik tidak terlalu banyak menggunakan kendaraan pribadi.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.


Referensi

  • Bisnis.com
  • Detik.com

Post a Comment