Cara Tambah Subtitle Video YouTube


Teknolagi.net - Begini cara tambah subtitle ke YouTube. Tujuannya agar video kalian juga bisa ditonton semua pengguna YouTube di seluruh dunia. 


Pembuat, editor, dan produser video tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menambahkan subtitle ke video YouTube, terutama jika videonya panjang.   


Subtitel membuat video Anda menjangkau  lebih banyak pemirsa yang berbicara dalam berbagai bahasa  dan juga dapat diakses oleh pendengar yang menikmati menonton konten video sambil membaca subtitel.   

Baca juga: 15 Tips Menambah Subscriber YouTube dengan Cepat


Secara umum subtitle dapat membantu menyampaikan pesan dalam konten agar lebih efektif dan mudah dipahami.   


Kali ini kita akan membahas cara termudah untuk menambahkan subtitle ke video YouTube Anda dengan mudah.


1. Cara Tambah Subtitel Video YouTube


Perhatikan bahwa Anda tidak dapat menambahkan subtitel ke video dengan aplikasi YouTube Studio di ponsel, jadi Anda harus melakukannya di laptop atau komputer.   


Buka YouTube Studio dan buka saluran Anda > Klik ikon Unggah Video. Selama proses pengunggahan, Anda akan  melalui  bagian yang berbeda seperti Detail, Manajemen Hak, dll. >  Elemen Video > Tambahkan Subtitel > Klik Tambah > Anda akan mendapatkan tiga opsi: Unggah File, Sinkronisasi Otomatis, dan Jenis Manual.   


Unggah File - Jika Anda memiliki file yang berisi skrip yang benar yang digunakan dalam video, pilih opsi Jangka waktu. Jika Anda memiliki subtitle yang perlu disinkronkan agar sesuai dengan  mulut dalam video, Anda dapat memilih opsi "No Time", YouTube akan secara otomatis menyinkronkan subtitle sesuai dengan video Anda.Sinkronisasi Otomatis: Anda dapat menyalin dan menempelkan teks  dan YouTube akan  secara otomatis menyinkronkannya sesuai dengan video Anda.   


Masuk secara manual > Anda dapat memasukkan subtitle secara manual saat menonton video.   


Setelah selesai, tinjau subtitle dan hubungkan ke video Anda. Anda juga dapat mengubah waktu dengan mengedit stempel waktu > pratinjau video terbaru dengan subtitle dan edit subtitle lagi jika Anda melihat kesalahan.   


Video Anda sekarang  memiliki subtitle dan ketika dipublikasikan ke YouTube, Anda akan  melihat subtitle tertulis tepat di bawah dan pemirsa dapat  mengaktifkan subtitle berdasarkan preferensi mereka.


2. Cara Tambah Subtitle Video YouTube yang Sudah Diunggah


Saat Anda masuk ke saluran YouTube, klik ikon gambar profil di kanan atas > Saluran Anda. Klik Kelola Video dan buka video yang ingin Anda tambahkan subtitle.   


Sekarang gulir ke bawah  dan klik Subtitle di sisi kanan.   


Klik pada tiga titik  di sebelah Edit  Waktu dan pilih opsi Hapus subtitle. Anda memiliki dua opsi: masukkan subtitle untuk video secara manual atau unggah file dengan mengklik tiga titik dan pilih opsi Unggah file. Anda dapat memilih opsi apa pun.Namun, jika Anda tidak melihat subtitle otomatis saat mengklik opsi Subtitle, Anda akan diberikan tiga opsi: Upload File, Auto Sync, dan Write Manually. Anda dapat mengikuti langkah 2 di panduan sebelumnya tentang cara menggunakan opsi ini.   


Setelah selesai, periksa subtitle dan sesuaikan video > ubah waktu dengan mengedit stempel waktu > tonton video terbaru dengan subtitle dan edit kembali subtitle jika Anda melihat kesalahan.   


Video Anda sekarang  memiliki subtitle dan ketika dipublikasikan ke YouTube, Anda akan  melihat subtitle tertulis tepat di bawah dan pemirsa dapat  mengaktifkan atau menonaktifkan subtitle berdasarkan preferensi mereka.


3. Cara Transkripsi Video YouTube


Jika Anda ingin menambahkan subtitle Anda sendiri ke video YouTube Anda dan tidak memiliki skrip yang tepat, Anda perlu mengonversi video menjadi subtitle. Cara tercepat untuk melakukannya adalah dengan menggunakan aplikasi  atau situs web transkripsi.   


Saat ini ada banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menyalin video, tetapi kami lebih memilih alat transkripsi online bernama Otter karena menurut kami  cukup mudah digunakan dan yang terpenting akurat dalam terjemahan.   


Masuk ke menu dan buat akun jika ini adalah pertama kalinya Anda > klik opsi Rekam di  kanan atas dan tanpa menutup jendela > kembali ke YouTube Studio dan putar video yang ingin Anda tambahkan subtitle > sekarang Anda akan melakukannya lihat Berang-berang menyalin video Anda secara real time.   


Setelah seluruh video dikonversi ke subtitle, hentikan perekaman dan biarkan proses file subtitle Anda di  Percakapan Saya.Cukup klik pada file teks dan itu akan terbuka > Ekspor atau Salin Teks. Untuk mengekspor, klik tiga titik di bagian atas dan pilih Ekspor. Di sini penting untuk dicatat  bahwa meskipun Anda menggunakan aplikasi terbaik untuk menyalin video > mengoreksi dan mengedit subtitle, mungkin ada kata-kata yang ditranskripsikan secara tidak benar.


Kesimpulan


Demikian cara menambahkan subtitle video YouTube agar bisa ditonton seluruh pengguna di berbagai negara. Anda bisa berbicara agak perlahan supaya YouTube bisa mengenali suara Anda translate otomatis untuk dijadikan subtitle.


Fitur subtitle di YouTube sangat penting karena bisa menjangkau semua orang, terutama orang berkebutuhan khusus.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment