Website menjadi salah satu hal yang penting untuk Anda yang sedang membangun bisnis ataupun personal branding. Dengan adanya website yang dibuat akan membantu promosi menjadi lebih menarik. Nah, jika Anda tertarik ingin membuat website, panduan mengenai cara buat situs web berikut akan membantu Anda.

Baca juga : Tips password sulit diretas

Cara Membuat Website

  1. Menentukan jenis konten

  2. Menentukan platform website

  3. Memilih hosting dan nama domain

  4. Pasang WordPress

  5. Melakukan optimasi pengaturan website

Cara membuat situs web bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu mengikuti cara berikut dan website yang diinginkan bisa segera diisi konten.

  1. Menentukan jenis website

Jenis website sangat penting untuk ditentukan, karena akan berhubungan dengan tujuan pembuatan website. Selain itu, jenis website juga akan mempermudah Anda dalam membuat konten, karena untuk website pribadi biasanya juga tergantung pada niche yang dipilih.

Berdasarkan jenisnya, ada beberapa jenis website populer yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

  • Blog atau website pribadi, biasanya lebih mengutamakan informasi dan digunakan untuk membangun engagement dengan pengunjung.

  • Website toko online, sebagai media promosi sekaligus transaksi produk yang dijual.

  • Situs berita, biasanya berisi artikel terbaru atau tentang topik khusus.

  • Website portofolio, untuk membangun branding secara online.

  • Website forum, untuk berbagi informasi dengan anggota lain.

  1. Menentukan platform website

Dalam membuat situs web pastinya Anda membutuhkan kode html, CSS, dan PHP. Hal ini tentunya bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika Anda adalah seorang pemula yang belum mengerti cara mengatur html.

Cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan platform WordPress. Dengan menggunakan WordPress, Anda bisa dengan mudah membuat website tanpa harus memahami bahasa pemrograman terlebih dahulu.

Baca juga : Tips cari berita di Google

  1. Memilih hosting dan nama domain

Cara buat situs web selanjutnya tentunya Anda perlu menentukan hosting dan nama domain. Meskipun WordPress bisa diakses secara gratis, tapi untuk hosting Anda perlu mengeluarkan biaya untuk menyimpan data website. Selain itu, agar terlihat lebih profesional, Anda juga perlu membeli domain yang disesuaikan dengan jenis website yang dibuat.

Pemilihan hosting perlu hati-hati, karena semua data pada website akan tersimpan di hosting tersebut. Ada beberapa layanan hosting yang bisa dipilih, seperti shared hosting, cloud hosting, dan VPS. Biasanya kebanyakan orang lebih memilih shared hosting, karena mudah digunakan dan harganya terjangkau.

Sedangkan untuk nama domain, Anda perlu menentukan yang sesuai dengan jenis website dan ciri khas situs yang dibuat. Selain itu, nama domain juga harus mudah diingat untuk memudahkan orang lain mengunjungi situs web Anda.

  1. Memasang WordPress

Jika Anda tidak membeli hosting dan nama domain, Anda tetap bisa memiliki situs web dengan menggunakan platform WordPress. Anda bisa membuat langsung di situs WordPress ataupun dengan memasang aplikasi WordPress terlebih dahulu. Ikuti langkah yang ada dan situs web Anda siap untuk diisi dengan konten.

  1. Melakukan optimasi pengaturan website

Karena WordPress yang Anda buat adalah versi default, Anda perlu melakukan optimasi agar performanya menjadi lebih optimal. Caranya adalah dengan masuk ke akun WordPress dan Anda akan diarahkan ke Dashboard. Pada Dashboard inilah Anda bisa mengakses semua fitur, termasuk menambahkan konten hingga mengubah tema website.

Kesimpulan

Cara buat situs web akan membantu Anda memperoleh website sesuai dengan kebutuhan. Agar website Anda terus berkembang, ada baiknya untuk segera mengisi konten setelah website selesai dibuat.

Post a Comment