12 Tips Rahasia Cari Berita di Kolom Pencarian Google

Ternyata kolom pencarian Google atau search engine memiliki sejumlah rahasia yang tidak diketahui banyak orang.
Cara Mencari Sesuatu di Google dengan Hasil Akurat (searchenginejournal.com)


Ternyata kolom pencarian Google atau search engine memiliki sejumlah rahasia yang tidak diketahui banyak orang. Anda mungkin mengira bahwa kolom pencarian tersebut cuma dapat digunakan untuk mencari sesuatu sesuai dengan kata yang dimasukkan, tapi sebenarnya bisa lebih dari itu.


Anda dapat melakukan pencarian lebih praktis dan akurat dengan tambahan tanda baca lain. Ini yang jarang diketahui orang karena mereka cuma memasukkan kata yang dicari saja.


Tips Akurat Mencari Sesuatu di Google


1. Mencari Kata atau Frase yang Lupa


Misalnya, Anda ingin mencari tagline dengan beberapa kata, tapi ada kata yang lupa, maka Anda bisa menambahkan tanda * di belakang kata tersebut.


2. Cari Berita di Web Tertentu


Anda suka konten berita dari web tertentu, misal Anda suka berita TikTok di Teknolagi.net, Anda bisa menuliskan site:teknolagi.net Tiktok.


3. Menemukan Situs Web Serupa


Saat Anda ingin mencari situs yang membahas topik yang sama, tuliskan Related:Teknolagi.net.


4. Cari Kata atau Frasa yang Spesifik


Anda mungkin ingin mencari sesuatu dengan kata atau frasa yang spesifik, tulis saja Berita Teknologi dengan tanda kutip jadi begini "Berita Teknologi".


5. Mencari Berita Kecuali Kata Tertentu


Jika Anda ingin mencari berita tertentu tetapi tidak ingin ada kata dari media sosial, maka Anda cukup menuliskan Teknolagi.net -Facebook. Intinya, kata yang di depannya diberi awalan tanda baca - maka dia tidak akan muncul di hasil pencarian.


6. Cara Menemukan Tautan dari Situs Web Tertentu


Misal, Anda ingin menemukan situs web yang ditautkan dengan YouTube Deddy Corbuzier, Anda cukup menuliskan Link:youtube.com/c/corbuzier.


7. Cara Mencari Gambar dari Foto Sendiri


Kalau Anda sedang ingin mencari gambar dari foto sendiri, Anda bisa mengunggah foto Anda di situs image.google.com. 


8. Cari Nama yang Benar


Anda bingung dengan nama belakang seorang artis, misalnya Andre Taulani atau Andre Maulana, Anda cukup menuliskan Andre Taulani OR Maulana.


9. Mencari Jangka Waktu


Misalnya Anda ingin mencari artikel sejarah Indonesia dari tahun 1945 sampai 1950, Anda cukup menuliskan Sejarah Indonesia 1945 ... 1950.


10. Cari Kata Tertentu di Dalam Artikel atau di Judul


Untuk mencari kata di dalam artikel cukup ketik inurl: Bunga Desa. Kalau Anda ingin mencari kata di judul artikel cukup ketik intitle: Bunga Desa.


11. Mengetahui Arti Suatu Kata Kekinian


Misal Anda tidak tahu arti kata baper, tulis saja define:baper. 


12. Filter Hasil Pencarian di Google


Anda mau lebih spesifik mencari sesuatu di Google, gunakan filter Search Tools atau Alat di bawah kolom pencarian. Di sana Anda bisa memfilter bahasa, waktu, gambar, dan lain-lain.


Demikian beberapa tips rahasia dalam mencari sesuatu di Google. Anda mungkin selama ini hanya memasukkan kata saja sehingga hasil yang keluar tidak terlalu spesifik.

Baca juga:

Cara Melihat Jawaban Soal dan Token Password di Google Form
Cara Daftar Lokasi Usaha di Google Maps Sampai Berhasil
Cara Menghapus Aktivitas yang Tersimpan di Google


Mulai sekarang manfaatkan fitur pencarian di Google agar hasil yang keluar lebih maksimal. Anda tidak akan buang-buang waktu lagi karena membuka sampai beberapa halaman karena di halaman pertama Google sudah ketemu jawabannya. 

Posting Komentar