Investasi Emas Online (bareksa.com)

Dari dulu sampai sekarang salah satu investasi yang digemari masyarakat adalah emas. Bahkan sekarang sudah ada investasi emas online. Alasannya, tentu saja karena investasi emas risikonya kecil, mudah diuangkan, stabil, dan hasilnya cukup besar. Dibandingkan investasi yang lain, banyak orangtua menyarankan investasi emas saja.

Memang benar adanya, saat ini harga emas meningkat terus. Di masa pandemi virus Corona, harga emas melambung tinggi meninggalkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Berbanding terbalik dengan kurs mata uang rupiah yang justru melemah.

Lantas bagaimana dengan investasi emas online yang sempat dibahas di awal? Tentu saja, investasi yang sifatnya online mempunyai keuntungan dan kerugian.

Keuntungan Indeks Emas Online


1. Transaksi Mudah karena Online


Namanya juga investasi emas online, tentu saja transaksinya juga online. Sehingga Anda bisa jual beli emas online di manapun dan kapanpun. Yang penting ada jaringan internet atau WiFi.

2. Emas Online dapat Ditransfer


Seperti uang, emas online juga bisa ditransfer atau dikirimkan ke pemilik akun lain. Syaratnya pemilik akun harus menggunakan aplikasi atau platform yang sama.

3. Modal Investasi Murah


Tidak perlu modal besar untuk berinvestasi emas online. Sebab, ada e-commerce yang menawarkan investasi emas cukup dengan Rp 100 saja. Jadi, berapapun uang yang Anda punya, sebenarnya bisa dipakai untuk investasi emas online.

4. Harga Emas Mudah Dipantau


Aplikasi mobile semakin canggih, sehingga naik turunya harga emas bisa dipantau dengan mudah melalui smartphone. Sehingga Anda dapat memantau transaksi jual beli emas secara real time.

5. Dalam Bentuk Emas Sungguhan


Walau namanya emas online, tetapi investasi ini tidak sepenuhnya menggunakan emas virtual. Sebab, Anda juga bisa menarik emas tadi secara fisik dan dikirim ke alamat rumah Anda. Nantinya, emas tersebut dilengkapi sertifikat atau asuransi pengiriman.

6. Gratis Biaya Administrasi


Umumnya investasi dikenakan biaya tambahan, seperti administrasi. Namun, kalau sudah investasi emas online tidak dikenakan biaya tersebut alias gratis. Selain itu selisih transaksi jual beli emas online tidak terlalu jauh.

7. Tidak Repot Menyimpan Emas


Kalau Anda membeli emas batangan atau perhiasan pasti membutuhkan banyak tempat. Namun, kalau emas online tidak perlu tempat. Sehingga saat rumah ditinggal pergi pun tidak akan was-was.

Kerugian Investasi Emas Online


1. Rawan Kena Serangan Peretasan


Saat ini kehidupan online tidak sepenuhnya aman. Sebab, platform yang terhubung ke internet bisa saja kena serangan hacker, peretasan, hacking, phising, pembobolan, pencurian, dan lain-lain. 

2. Investasi Emas Online Bodong


Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini banyak sekali investasi online bodong yang merugikan masyarakat. Sehingga bisa jadi ada juga investasi emas online bodong yang sedang mencari korban. 

Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa perusahaan yang Anda ikuti untuk investasi sudah aman, resmi, sah, dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.

3. Khusus Kalangan Tertentu


Tidak semua orang memiliki smartphone dan bisa terhubung ke internet. Sehingga orang-orang dari kalangan seperti ini tidak bisa melakukan investasi emas online. Mereka bisanya masih investasi offline dengan cara menyimpan emas di lemari.

Baca juga:
12 Aplikasi Saham Terbaik dan Aman untuk Pemula
7 Aplikasi Tabungan Online di Smartphone Aman dan Terpercaya
Jenis Trading Online dan Tips Sukses Trading Forex 
Cara Jual beli Saham Online Paling Mudah dan Tips Aman 

Kesimpulan


Demikian beberapa keuntungan dan kerugian investasi emas online. Kalau Anda merasa harus mengumpulkan uang untuk masa depan atau untuk pendidikan anak, maka investasi emas online seperti ini pastinya menguntungkan.

Jadi, tujuannya memang investasi jangka panjang untuk masa depan, masa tua, dan kehidupan anak-anak kelak. Tentu investasi seperti ini akan lebih bagus karena minim risiko, stabil, dan selalu naik terus nilai harganya.

Post a Comment