Update MIUI 12 (somagnews.com)

Bagi pengguna smartphone Xiaomi, tentu sudah tak asing dengan fitur MIUI. Ya, MIUI merupakan skin Android pada Xiaomi. Tahun lalu, Xiaomi telah meluncurkan MIUI 11. Namun, sekarang Xiaomi akan menghadirkan MIUI 12 terbaru.

Hal ini diketahui karena pada akhir bulan lalu muncul postingan di MIUI Komunitas China yang mengungkapkan bahwa perusahaan telah secara resmi menghentikan pengembangan beta untuk MIUI 11. 

Beberapa blogger teknologi asal China curiga Xiaomi sedang fokus pada pengembangan pembaruan besar pada MIUI 12. Namun, perusahaan belum secara resmi mengonfirmasi rumor tersebut.

Baca juga:
Spesifikasi Xiaomi Redmi 8A Baterai 5000 mAh Harga Rp 1 Jutaan
Beli Xiaomi Redmi 8A Pro Gratis Kuota 41 GB Per Bulan dan VIU Premium 
Perbandingan Samsung Galaxy S20 Ultra, Xiaomi Mi 10 Pro, iPhone 11 Pro Max 

MIUI Versi Beta Terbaru


Xiaomi mempunyai kebiasaan mengunggah MIUI versi beta ke forum Komunitas MIUI China. Nah, dari kebiasaan tersebut, biasanya memang bisa diketahui pembaruan apa yang akan dihadirkan pada MIUI.

Nah, baru-baru ini perusahaan tersebut membagikan MIUI versi terbaru dari MiSettings APK. Anggota XDA Junior kacskrz menemukan aplikasi MiSettings terbaru mempunyai banyak halaman Pengaturan baru yang terlihat berbeda dari versi sebelumnya.

Semua meyakini bahwa MIUI baru dalam versi beta di MiSettings APK tersebut kemungkinan besar memang MIUI 12. Setelah viral, Xiaomi kelihatannya menyadari bahwa pembaruan MIUI 12 sepertinya telah bocor. Kemudian mereka menghapus halaman Pengaturan baru dari rilis beta terbaru di MiSettings APK.

Pembaruan di MIUI 12

Screenshot Update MIUI 12 (xda-developers.com)
Screenshot Update MIUI 12 (xda-developers.com)

Dari screenshot yang beredar, MIUI 12 akan menghadirkan fitur-fitur baru, seperti pengaturan Refresh rate, mode Fokus tab baru, sampai pengaturan waktu layar.

Update MIUI 12 Focus Mode (xda-developers.com)
Update MIUI 12 Focus Mode (xda-developers.com)


Nah, untuk pengaturan waktu layar ini pengguna bisa melihat grafik harian hingga mingguan. Meski begitu, ini hanya sejumlah bocoran yang belum pasti diluncurkan. 

Update MIUI 12 Screen Time (xda-developers.com)
Update MIUI 12 Screen Time (xda-developers.com)


Selama belum ada konfirmasi dari pihak Xiaomi, berarti pembaruan MIUI 12 ini masih bisa berubah sewaktu-waktu.

Update MIUI 12 Warna Layar (xda-developers.com)
Update MIUI 12 Warna Layar (xda-developers.com)


Daftar Smartphone yang dapat Update MIUI 12


Oh iya, dari bocoran tersebut juga diketahui tipe smartphone apa saja yang bakal mendapatkan update MIUI 12. Walau daftar ini belum fix, tapi nantinya jumlah smartphone yang bisa mencoba MIUI 12 pasti akan bertambah.


  1. Mi 10
  2. Mi 10 Pro
  3. Mi 9
  4. Mi 9SE
  5. Mi 9 Pro
  6. Mi 8
  7. Mi CC9 Pro
  8. Mi CC9
  9. Mi CC9e
  10. Mix 3
  11. Mix 2s
  12. Mix 2
  13. Redmi K30
  14. Redmi K20 Pro
  15. Redmi K20
  16. Redmi 8 Pro
  17. Redmi Note 8
  18. Redmi 7 Pro
  19. Redmi Note 7
  20. Redmi 8
  21. Redmi 8A
  22. Redmi 7
  23. Redmi 7A


Kesimpulan


Demikian bocoran tampilan MIUI 12 dan daftar smartphone yang bisa menikmatinya. Kemungkinan besar, pembaruan ini memang untuk MIUI 12, mengingat pembaruan MIUI 11 beta sudah dihentikan.

Anda tunggu saja, sepertinya update MIUI 12 akan diluncurkan pada kuartal ketiga tahun 2020. Jadi, masih banyak waktu menunggu pembaruan MIUI 12 sambil menanti konfirmasi dari Xiaomi secara resmi.

Post a Comment